Comscore Tracker

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!

#GoodLife Lebih dari hanya sekedar 'diam'

"Kenapa sih kamu pendiam banget? Ngomong, dong."

Jika kalian seorang introvert, maka pertanyaan satu ini sudah tidak asing lagi di telingamu. Meski kamu tahu jadi pendiam itu bukanlah hal yang buruk, tetapi tetap saja kamu merasa dihakimi. Selain itu, lontaran kata-kata itu pun juga membuat kamu jadi meragukan dirimu sendiri serta berpikir ada yang salah dengan dirimu.

Padahal orang introvert bakal berbicara kalau dirinya merasa sudah siap. Hal itu karena introvert lebih memilih memikirkan dahulu apa yang mau disampaikan. Lebih dari sekedar 'diam', sifat alami introvert ini sebenarnya memiliki sisi positif bagi dirinya. 

Apa saja? Cek ulasannya berikut ini.

1. Lebih berhati-hati dalam berbicara

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!Pexels/mentatdgt

Introvert memang bisa dikatakan gak terlalu sering menyuarakan pemikirannya. Oleh karena itu, alih-alih melontarkan hal pertama yang muncul dipikiran, dia memilih mempertimbangkannya terlebih dahulu. Bukan berarti selalu overthinking, hal itu karena introvert cenderung ingin lebih berhati-hati dalam berucap

2. Memiliki pengamatan yang tajam

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!Pexels/Christina Morillo

Jangan salah, orang pendiam biasanya memiliki pengamatan yang sangat tajam. Karena dia more listening than talking, dia mampu mengetahui hal-hal kecil dari obrolan yang terkadang luput dari orang lain. Terutama saat terlibat dalam percakapan bersama kelompok besar.

3. Benar-benar tahu siapa dirinya

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!Pexels/Rawpixel

Sisi pendiam introvert menjadikannya lebih bisa mengendalikan diri dan mendengarkan inner voice-nya. Hal ini bermanfaat kala dia dikelilingi oleh orang banyak. Gak ada deh insiden memalukan gara-gara lepas kendali alias bertingkah aneh saat acara kumpul bareng.

Baca Juga: 15 Ilustrasi Kocak Sifat Tersembunyi Cewek yang Jarang Diketahui Cowok

4. Mudah bergaul dan bersikap tenang

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!Pexels/Sharefaith

Orang introvert yang pendiam pun juga seringkali dianggap sebagai sosok yang mudah membawakan diri dan bersikap tenang. Dia jarang mempermasalahkan hal-hal sepele dan cenderung jadi pendengar curhat yang baik bagi temannya.

5. Benar-benar paham cara mendengarkan

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!Pexels/Rawpixel

Gak heran kalau dia seringkali jadi pendengar yang baik. Melalui diamnya, dia memperhatikan dengan seksama permbicaraan orang lain. Bahkan bisa jadi dia menelaah setiap kata yang diucapkan.

6. Diam bukan berarti gak punya keahlian jadi pemimpin

Jangan Minder, Ada 6 Sisi Positif Dibalik Sifat Pendiam Introvert Lho!Pexels/Rawpixel

Eits, jangan salah. Diam-diam tapi menghanyutkan, lho. Banyak dari orang pendiam yang mampu menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin dengan baik kala diperlukan.

Dia memiliki kemampuan untuk melihat dan menyelami lebih dari sekedar lapisan permukaan. Yakni dengan mendengarkan, bersikap bijaksana dan rendah hati, serta memanfaatkan sifat diamnya untuk memahami keadaan.

Jadi, jangan minder lagi ya, para introvert. Selama kamu bisa memaknai kalau diammu itu bukan hal yang kosong belaka, pasti sifat alami itu akan membawa manfaat yang lebih bagi kamu. Tunjukkan kalau jadi pendiam itu gak sekedar melamun dan thinking nothing. Semangat!

Baca Juga: 5 Sifat Negatif Ini Bisa Menghalangimu Untuk Lebih Maju, Yuk Berubah!

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya