Comscore Tracker

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat Witir

Ladang pahala diwaktu malam tiba!

Selain mengerjakan salat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan salat sunnah. Ada banyak salat Sunnah yang bisa dikerjakan namun ada beberapa yang sangat diutamakan salah satunya adalah salat sunnah witir, salat sunnah witir waktu pelaksanaannya antara salat isya hingga hingga salat subuh.

Salat sunnah witir memiliki banyak keutaman bila dilakukan yang disebutkan dalam sejumlah hadits shahih. Ini lho 7 kebaikan yang akan kamu dapatkan jika melaksanakan salah sunnah witir, yuk simak!

1. Allah SWT menyukai orang yang melakukan nya

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat Witirbersamadakwah.net
“Sesungguhnya Allah itu Witr dan menyukai yang witr (ganjil).” (HR. Bukhari no. 6410dan Muslim no. 2677)

Nah, witir artinya ganjil dan Allah menyukai yang ganjil, hal ini berarti bahwa orang-orang melaksanakan salat witir juga akan disukai Allah SWT. Salat witir adalah salat yang hukumnya sunnah muakkad berarti salat sunnah yang sangat dianjurkan. Salat sunnah witir adalah salah satu cara agar lebih dekat dengan Allah SWT.

2. Tambahan salat serta tambang pahala

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat Witirngopibareng.id

Salat witir adalah salah satu salat sunnah yang disebutkan yaitu sebagai tambahan salat, hal ini dijelaskan dalam hadist berikut.

‘Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan shalat, yaitu shalat Witir, maka shalat Witirlah kalian antara waktu shalat ‘Isya’ hingga shalat Shubuh.’” (HR. Ahmad No.6880)

Kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memelihara salah satu salat malam ini dan menjadikannya sebagai sebagai salat terakhir pada malam itu, hal itu dikukuhkan dalam dua hadist berikut:

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan salat, maka peliharalah dia, yaitu salat Witir.” (HR. Ahmad No. 6654)
Jadikanlah akhir salat kalian di malam hari dengan salat Witir.” (HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Witr, bab Liyaj’al Aakhira Shalaatihi Witra, No. 998)

3. Wasiat Rasulullah SAW

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat WitirPexels.com/rawpixel.com
Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, “Kekasihku Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang tidak akan aku tinggalkan hingga aku wafat; berpuasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur setelah shalat Witir.” (HR. Al-Bukhari dalam kitab at-Tahajjud, bab Shalaatudh Dhuha fil Hadhar, No. 1178

Nabi Muhammad SAW pernah mewasiatkan bahwa ada tiga perkara yang selalu Rasulullah lakukan sepanjang hidupnya, dan salah satunya adalah salat sunnah witir yang dilakukan sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Kebaikan yang Akan Kamu Raih Jika Rajin Salat Berjamaah di Masjid

4. Salat sunnah yang lebih baik dari unta merah

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat Witiryangheboh.com
Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah shalat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu shalat witir, dan telah menjadikannya berada diantara shalat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

Rasullah pernah bersabda bahwa salat sunnah witir itu lebih baik di sisi Allah dari pada unta merah, tunda apa lagi? yuk witir!

5. Waktu paling mustajab berdoa dan memohon ampunan

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat Witirtasidola.com
Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu’awiyah] dari [Al A’masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

Shalat witir yang dilaksanakan di akhir malam disaksikan oleh para malaikat dan jika kita berdoa dan meminta ampunan maka malaikat juga akan turut mengaminkannya, Subhanallah!

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwaberada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah) (Qs. Adz Dzaariyat, 15-18)

6. Mencegah diri dari perbuatan dosa dan masuk dalam golongan orang shaleh

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat WitirPexels.com/Mustafa ezz
"Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

Qiyaamullail adalah salat malam yang dapat menjauhkan diri kita dari perbuatan yang buruk, salat malam menenangkan hati dan mendekatkan kita pada sang pencipta serta orang orang yang melaksanakan salat malam yang ridho karena Allah SWT akan digolongkan bersama orang-orang beriman.

7. Menangkal penyakit di tubuh

7 Kebaikan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Salat Witirmerdeka.com

Bukan rahasia lagi jika gerakan salat memiliki banyak manfaat nyata bagi tubuh hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa salat malam juga akan menangkal penyakit dari tubuh

Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

Itu tadi beberapa kebaikan jika mau melakukan salat witir, sebenarnya ada lebih banyak kebaikan yang kita dapatkan dari salat sunnah witir ini. Setelah kita mengetahui berbagai kebaikan dari salat sunnah witir ini apa kita akan tetap melewatkannya? Jangan lupa witir ya malam ini!

Baca Juga: Muslim Uighur di Xinjiang Sulit Salat 5 Waktu

Annisa Fadillah Photo Verified Writer Annisa Fadillah

ig: @annisa_fadillah02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya