Comscore Tracker

5 Aktivitas Sederhana yang Bantu Kurangi Stres, Mudah dan Efektif  

Salah satunya dengan mandi, lho

Stres bisa mendera siapa saja. Sumber stres juga berbeda satu dengan lainnya. Kadang saat tubuh sedang kurang fit, hal sepele saja bisa jadi pemicu stres yang kita rasa. Kalau sudah seperti ini, kita jadi kelimpungan sendiri bagaimana cara untuk mengurangi stres tersebut.

Sebab, membiarkan diri kita stres terus menerus hanya akan mengurangi tingkat produktivitas dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gak jarang orang lain juga kena dampak atas stres yang kita alami.

Ternyata dengan melakukan sejumlah aktivitas sederhana berikut bisa bantu kurangi stres, lho. Mudah untuk dilakukan dan dijamin efektif, ini dia beberapa aktivitas sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

1. Rehat sejenak dari padatnya aktivitas bisa bantu kurangi stres, lho! 

5 Aktivitas Sederhana yang Bantu Kurangi Stres, Mudah dan Efektif  ilustrasi istirahat saat bekerja (pexels.com/Andrea piacquadio)

Begitu kamu merasa kepala sudah mulai penuh dengan hal-hal yang membuatmu stres, cobalah untuk rehat sejenak. Istirahatkan badan dan juga pikiranmu dari segala macam hal yang memberatkan isi kepala.

Kamu bisa rebahan, jalan-jalan kecil di sekeliling ruangan, melihat pemandangan, pergi ke rooftop, bahkan menyesap minuman favorit.  Menyingkirlah dahulu atau jauhi dulu sumber stresmu. Ambil napas dalam-dalam, lalu keluarkan. Lakukan kegiatan tersebut selama berulang-ulang sampai kamu merasa tenang.

Kamu juga bisa melakukan butterfly hug dengan menyilangkan kedua tangan di atas dada sambil menepuk-nepuk pundak sembari rehat dan beristirahat. Mudah dan efektif.

2. Berhenti memikirkan hal-hal yang kurang penting 

5 Aktivitas Sederhana yang Bantu Kurangi Stres, Mudah dan Efektif  ilustrasi berpikir (pexels.com/Thirdman)

Saat pikiran sedang stres, gak perlu memikirkan hal-hal yang kurang penting. Tak perlu dipusingkan lebih tua mana antara merah muda dan merah tua. Tak perlu juga dipikirkan siapa penemu mi instan pertama kali dan hal-hal lainnya. Cukup fokus pada dirimu saja.

Kalau otakmu serasa tak bisa berhenti untuk berpikir, coba alihkan dengan hal-hal yang kamu anggap menyenangkan. Semakin kamu memikirkan hal-hal yang kurang penting, otakmu akan terforsir untuk berpikir dan terbebani. Kalau sudah seperti ini bukannya stres makin berkurang justru malah menambah beban pikiran.

Baca Juga: 5 Cara Tunjukkan Rasa Syukur di Tempat Kerja, buat Dirimu Minim Stres

3. Perbanyak tertawa dengan menonton film komedi atau video lucu di internet  

5 Aktivitas Sederhana yang Bantu Kurangi Stres, Mudah dan Efektif  ilustrasi tertawa (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Aktivitas sederhana yang bisa bantu kurangi stres selanjutnya adalah perbanyak tertawa dengan menonton film komedi atau video lucu di internet. Menghilangkan stres dengan tertawa memang nyata adanya dan bukan lelucon sama sekali.

Melansir Mayo Clinic, ada dua efek tertawa yang erat kaitannya dengan stres. yakni efek jangka panjang dan jangka pendek. Efek jangka pendek yang dirasakan setelah tertawa adalah beban mental termasuk stres akan terangkat karena tertawa dapat merangsang sirkulasi dan membantu relaksasi otot.

Sementara efek jangka panjangnya bisa mencegah penyakit berbahaya yang disebabkan karena stres itu sendiri. Dengan tertawa, maka kita akan berpikiran positif sehingga secara tidak sadar tubuh melepaskan neuropeptida yang membantu seseorang dalam melawan stres serta penyakit berbahaya.

4. Berdoa menurut agama yang kamu yakini

5 Aktivitas Sederhana yang Bantu Kurangi Stres, Mudah dan Efektif  ilustrasi berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kadang banyak orang berpikir bagaimana cara yang tepat untuk mengurangi stres atau bahkan menghilangkannya jika sumber stres adalah diri sendiri. Selain mendatangi profesional aktivitas mudah dan pastinya murah bahkan tak perlu merogoh uang sedikitpun adalah dengan berdoa.

Ketika merasa stres, berdoalah menurut agama yang kamu yakini. Dengan catatan stres level kamu masih tergolong bisa ditangani, ya. Kalau sudah parah tentu kamu harus meminta bantuan profesional untuk dilakukan asesmen dan penanganan. Berdoa memberikan ketenangan batin bagi diri kita.

Apa pun agama yang seseorang imani pasti ada perasaan tenang dan lega setelah berdoa. Meski dua hal yang berbeda dan tak bisa dipaparkan secara sains, tapi aktivitas sederhana semacam ini memang wajib kamu coba. Dijamin, stres yang kamu alami akan reda secara perlahan.

5. Menurut sains, mandi ternyata bisa bantu kurangi stres, lho

5 Aktivitas Sederhana yang Bantu Kurangi Stres, Mudah dan Efektif  ilustrasi mandi (freepik.com/user18526052)

Setiap harinya kita pasti melakukan aktivitas rutin yang satu ini. Namun, tahukah kamu kalau ternyata mandi bisa membantu kita dalam mengurangi stres. Mengutip Medical News Today, mandi dengan menggunakan air dingin dapat membantu untuk menurunkan hormon kortisol.

Hormon kortisol dikenal sebagai hormon stres. Sebab, saat kita stres hormon kortisol akan naik dan melonjak. Namun dengan mandi, kita bisa menurunkan kadar hormon tersebut.

Lantas bagaimana jika mandi dengan air hangat? Masih mengutip dari sumber yang sama, banyak orang percaya mandi dengan air hangat bisa menurunkan stres. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh rileks secara tidak langsung. Saat tubuh rileks pikiran juga lebih tenang dan stres sedikit berkurang.

Aktivitas sederhana di atas mudah dan efektif untuk dicoba di rumah bukan? Meski tak bisa membuat stres kamu hilang 100% tetapi setidaknya bisa membantu kamu mengurangi apa yang membebani pikiranmu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Stres Akibat Kepikiran Hal yang Sama Secara Berulang

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya