Comscore Tracker

5 Kegiataan Bermanfaat untuk Rayakan Ulang Tahun yang Antimainstream

Perlu banget kamu coba, nih!

Ulang tahun merupakan sebuah momen yang dirayakan satu tahun sekali untuk memperingati hari lahir kita. Namun, di hari ini pula lah gak ada salahnya untuk mencoba mengisi hari dengan kegiatan yang seru di umur yang baru.

Penasaran kan apa saja kegiatan seru yang dimaksud? Gak usah lama-lama lagi simak ulasannya di bawah ini.

1. Melakukan kegiatan sosial

5 Kegiataan Bermanfaat untuk Rayakan Ulang Tahun yang AntimainstreamIlustrasi sekelompok orang tengah melakukan kegiatan sosial (Pexels.com/RODNAE Productions)

Gak ada salahnya, lho merayakan ulang tahun dengan melakukan kegiatan sosial. Menjadi relawan, menyantuni anak yatim, mengajar anak-anak di sekolah terbuka bisa jadi sederet alternatif kegiatan seru yang bisa kamu lakukan. Memaknai  bertambahnya usia berarti juga membuat kita jadi dewasa.

Terlebih lagi akan sangat membahagiakan bila kita bisa jadi sosok manusia yang berguna untuk manusia lainnya. Bukankah akan sangat menyenangkan jika kita bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan uluran tangan kita?

2. Traveling ke suatu tempat

5 Kegiataan Bermanfaat untuk Rayakan Ulang Tahun yang AntimainstreamIlustrasi seorang wanita tengah menatap laut (Pexels.com/Rachel Claire)

Cara lain untuk merayakan ulang tahun kita adalah dengan melakukan traveling ke suatu tempat. Kegiatan seru yang satu ini bisa kita coba sekaligus sebagai sebuah reward pada diri sendiri karena mampu bertahan sejauh ini. Gak melulu harus ke tempat yang jauh, kok.

Dalam setiap perjalanan pasti akan terselip sebuah makna begitupun kegiatan travelingmu kali ini. Pasti saat kamu kembali ke rumah akan ada sebuah pembelajaran yang bisa kamu petik di dalamnya. Jadi kenapa gak, nih untuk mencoba traveling guna merayakan ulang tahunmu kali ini?

3. Melakukan donasi

5 Kegiataan Bermanfaat untuk Rayakan Ulang Tahun yang AntimainstreamIlustrasi sekelompok orang tengah berdonasi (Pexels.com/Julia M Cameron)

Bila kamu sering melihat beberapa fanbase KPop sering melakukan donasi atas nama idol kesayangnya saat mereka berulang tahun. Mengapa kamu juga gak mencobanya sendiri? Sedikit banyak bantuanmu akan berguna bagi yayasan atau tempat kamu berdonasi.

Seperti misal donasi untuk para perempuan yang mengalami kekerasan, donasi untuk penyelamatan satwa, donasi untuk panti asuhan dan sebagainya. Pilihlah yang sekiranya sejalan dengan visi misimu. Yakin, deh kebahagiaan gak akan luput dari dirimu selepas melakukan donasi yang satu ini.

Baca Juga: 5 Produk Donasi yang Dibutuhkan Para Tenaga Medis Saat Pandemik

4. Staycation

5 Kegiataan Bermanfaat untuk Rayakan Ulang Tahun yang AntimainstreamIlustrasi seorang wanita tengah melakukan staycation (Pexels.com/Cottonbro)

Ingin liburan saat ulang tahun tapi gak ada waktu panjang? Tenang, coba aja untuk melakukan staycation. Pilih hotel atau penginapan yang letaknya gak jauh dari area tempat tinggalmu.

Habiskan waktu untuk menikmati ulang tahun di tempat itu. Gak ada salahnya, kok memanjakan diri dengan melakukan staycation. Jarang-jarang juga, kan kamu ada waktu untuk memanjakan diri. Jadi, apa salahnya mengisi hari jadi dengan melakukan staycation sebagai satu aktivitas seru. Bagaimana apakah kamu tertarik ingin coba?

5. Menanam pohon

5 Kegiataan Bermanfaat untuk Rayakan Ulang Tahun yang AntimainstreamIlustrasi ajakan untuk menanam pohon (Pexels.com/Thirdman)

Memperingati ulang tahun bisa kamu lakukan dengan melakukan aktivitas atau kegiatan seru berupa menanam pohon.  Cari tahu bagimana kamu bisa melakukan kegiatan ini secara individual atau kelompok.

Satu batang pohon yang kita tanam memberi banyak kontribusi bagi alam. Kamu juga bisa, kok mencoba menanam pohon mangrove agar gak terjadi abrasi di sekitar pantai. Akan sangat menyenangkan sekali, bukan jika kita gak hanya berbagi pada sesama manusia namun berbagi kepada alam juga.

Itulah tadi, sederet kegiatan seru yang bisa kamu lakukan untuk merayakan ulang tahun yang wajib kamu coba. Semoga kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ya di ulang tahun kali ini. Selamat bertambah usia.

Baca Juga: Tren Selama Pandemik, Inilah 5 Cara Menanam di Lahan Kecil

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya