Comscore Tracker

5 Cara Efektif Maksimalkan Kebahagiaan yang Wajib Kamu Coba

Supaya kamu gak menyesal nantinya #IDNTimesLife

Kebahagiaan merupakan salah satu hal yang banyak didambakan setiap orang. Wujudnya pun berbeda-beda tergantung pada bagaimana seorang individu memaknainya. Namun, banyak yang kurang paham bagaimana memaksimalkan kebahagiaan itu sendiri.

Sehingga saat orang tersebut merasa bahagia ada sebagian dari dirinya yang merasa kosong. Kira-kira bagaimana, ya caranya untuk memaksimalkan kebahagiaan? Penasaran, kan? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Berhenti untuk mencari kebahagiaan itu sendiri

5 Cara Efektif Maksimalkan Kebahagiaan yang Wajib Kamu CobaIlustrasi tiga orang tengah tertawa (Pexels.com/Anna Shvets)

Salah satu cara agar kamu dapat memaksimalkan kebahagiaan adalah dengan cara berhenti untuk mencari kebahagiaan itu sendiri. Semakin kamu mencari semakin bias pula apa itu kebahagiaan yang kamu inginkan.

Memang kebahagiaan itu kita sendiri yang merasakan namun nyatanya kebahagiaan itu hadir karena kita sendiri yang menciptakan. Jadi, untuk apa mencari kebahagiaan ke sana kemari kalau nyatanya kita sendiri yang bisa menciptakannya. Untuk itu sekecil apa pun buatlah kebahagiaan untuk dirimu sendiri.

2. Bersyukur apa pun yang kamu miliki

5 Cara Efektif Maksimalkan Kebahagiaan yang Wajib Kamu CobaIlustrasi seorang pria tengah menarik nafas (Pexels.com/Kelvin Valerio)

Memang betul, sih manusia itu adalah makhluk yang sulit merasa puas. Sudah mendapatkan sesuatu masih ingin meraih yang lebih. Namun, manusia punya sekat pembatasnya sendiri yaitu dengan cara bersyukur.

Daripada terus menerus mengeluh kurang ini kurang itu lebih baik bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini. Ungkapan yang menyatakan bahwa di luar sana mungkin saja ada orang yang berharap ada di posisi kamu saat ini bukanlah isapan jempol belaka, lho. Makanya, apa pun yang kamu miliki saat ini disyukuri, yuk.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup yang Bisa Buatmu Mudah Bersyukur dan Gak Mengeluh

3. Jangan lupa untuk tertawa

5 Cara Efektif Maksimalkan Kebahagiaan yang Wajib Kamu CobaIlustrasi seorang wanita tengah tertawa (Pexels.com/Rodolfo Quirós)

Tertawa merupakan salah satu cara efektif untuk memaksimalkan kebahagiaanmu, lho. Gak melulu harus menertawakan hal konyol yang berasal dari orang lain atau apa yang kamu lihat, kok.

Terkadang menertawakan kebodohan yang pernah kamu lakukan di masa lalu juga bisa kamu lakukan. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk tertawa hari ini, ya supaya kebahagiaanmu dapat berlangsung secara maksimal.

4. Belajar mengambil hikmah dari setiap peristiwa

5 Cara Efektif Maksimalkan Kebahagiaan yang Wajib Kamu CobaIlustrasi seorang wanita tengah melakukan refleksi diri (Pexels.com/Masha Raymers)

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan ‘everything happen for a reason’ kan? Nah, dari ungkapan itu juga kita jadi tahu bahwa segala sesuatu di dunia ini gak ada yang terjadi secara tiba-tiba pasti di balik sebuah peristiwa akan ada hikmahnya.

Nah, bila selama ini kamu sering kali menduga-duga bahkan berburuk sangka atas apa yang menimpamu ada baiknya ambil sisi terangnya, yuk. Gak semua hal di dunia ini bisa kita sikapi dengan perasaan negatif terus, kan?

5. Last but not least yaitu, move on!

5 Cara Efektif Maksimalkan Kebahagiaan yang Wajib Kamu CobaIlustrasi seorang pria tampak tersenyum gembira (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Move on gak semata mengikhlaskan seseorang, move on juga bisa mengikhlaskan sebuah peristiwa. Bila selama ini kamu masih menaruh dendam akan sesuatu coba, deh untuk memaafkannya lalu move on. Move on merupakan salah satu kunci dan juga cara paling efektif untuk memaksimalkan kebahagiaan, lho. Jadi gimana, nih kamu sudah siap untuk move on belum?

Meski hanya sedikit tapi kamu wajib banget untuk selalu memaksimalkan kebahagiaan yang kamu rasakan, ya. Selagi ada, kebahagiaan harus dinikmati.

Baca Juga: 5 Manfaat Membantu Orang Lain, Salah Satunya Bisa Bikin Hidup Bahagia!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya