Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran untuk Self Reward, biar Gak Boros

#IDNTimesLife Coba, yuk biar gak boros lagi

Setelah berusaha keras melakukan sesuatu pasti kita butuh yang namanya self reward. Namun, gak jarang alih-alih berkedok self reward pengeluaran yang kita lakukan jadi sangat membengkak. Oleh karenanya, bukannya malah bahagia karena mendapatkan apa yang kita inginkan yang ada malah kita makin stress karena telah menghambur-hamburkan uang.

Untuk itu, perlu kiranya untuk mulai mengkalkulasi pengeluaran dan menghematnya agar keuanganmu yang dialkokasikan untuk tetap terkendali. Kira-kira bagaimana, ya caranya? Simak tips lengkapnya berikut ini.

1. Self reward gak harus mengeluarkan uang

5 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran untuk Self Reward, biar Gak BorosPexels.com/Andrea Piacquadio

Bila kamu berpikir self reward hanya dapat dipenuhi dengan mengeluarkan uang, kamu salah besar. Seperti kita tahu, self reward sendiri merupakan salah satu wujud rasa terima kasih terhadap diri sendiri dengan memberikan penghargaan supaya kita bisa lebih bersemangat lagi dalam menjalani aktivitas serta rutinitas sehari-hari. Jadi, meski hanya tidur siang atau gak napa-ngapain seharian setelah hari-hari lainnya kita sibuk dengan pekerjaan bisa juga dikategorikan sebagai self reward, lho.

2. Buat alokasi dana khusus untuk self reward

5 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran untuk Self Reward, biar Gak BorosPexels.com/Alexander Mils

Jika kamu memang menghendaki self reward yang bisa diukur dengan uang maka alokasikan dana khusus untuk self reward tersebut. Jangan campur dana ini dengan dana lainnya.

Dengan mengalokasikan dana khusus maka, pengeluaranmu untuk self reward lebih teratur dan tertata. Jadi, jangan ragu, ya untuk mulai mengalokasikan dana khusus untuk self reward-mu.

3. Jangan mengikuti tren

5 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran untuk Self Reward, biar Gak BorosUnsplash.com/Arnel Hasanovic

Bila kamu beranggapan self reward yang diberikan harus mengikuti tren tampaknya kamu harus mengubah pola pikir ini. Jika kamu mendapati beberapa orang memberikan self reward berupa handphone keluaran terbaru sementara budgetmu belum mencukupi, ya gak perlu untuk diikuti juga. Self reward kan gak melulu soal ikut-ikutan tren yang ada jika kamu terlalu memaksakan diri malah membuatmu stress sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Hemat Memberikan Self Reward Tanpa Harus Menguras Kantong

4. Ukur kemampuan isi dompetmu

5 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran untuk Self Reward, biar Gak BorosPexels.com/Karolina Grabowska

Mengukur kemampuan isi dompet kita juga perlu dilakukan, lho. Supaya kita lebih mawas diri dan bijak dalam mengeluarkan uang. Lakukan self reward yang sekiranya masih bisa dijangkau oleh isi dompetmu. Jangan paksakan diri memberikan self reward dalam bentuk barang yang mahal.

Sederhana saja cukup asal mampu melepaskan penat dalam dirimu. Memangnya kamu mau, sudah memberi self reward mahal-mahal ujung-ujungnya malah makin penat karena harganya yang gak sesuai dengan isi dompetmu?

5. Usahakan untuk menabung

5 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran untuk Self Reward, biar Gak BorosUnsplash.com/Annie Spratt

Supaya lebih hemat dan self reward-mu dapat terealisasi ada baiknya untuk mulai menabung. Sehingga jika kamu memang menginginkan self reward dalam bentuk barang atau sesuatu yang memerlukan banyak uang, usahakan untuk menabung terlebih dahulu.

Apalagi jika kebutuhanmu banyak yang harus kamu penuhi otomatis bila mengingkan self reward dalam bentuk yang mahal kamu perlu untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu. Meski hanya uang recehan jika tekun kamu kumpulkan lama-lama hasilnya lumayan juga, kok.

Nah, itulah tadi beberapa tips cerdas untuk menghemat pengeluaran untuk self reward. Meski untuk diri kita sendiri semua juga tetap harus terukur dan terencana, ya. Jangan malah jadi boros karenanya. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Reward Sederhana Sebagai Bentuk "Self Love" pada Diri Sendiri

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya