Comscore Tracker

5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib Dicoba

Cocok buat kamu yang sering WFH

Rasa penat akibat aktivitas yang kita lakukan setiap hari gak jarang membuat kita jadi mudah sekali dihinggapi rasa bosan. Namun, apalah daya situasi dan kondisi seperti ini yang mengharuskan kita untuk lebih banyak beraktivitas di rumah saja.

Tapi, tenang saja ada banyak cara, kok untuk mengusir kebosanan bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang sedikit pun, lho. Seperti apa kira-kira caranya. Cari tahu bersama, yuk.

1. Meditasi

5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib DicobaIlustrasi seorang wanita tengah melakukan meditasi (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Meditasi gak hanya membuat pikiran dan tubuh kita jauh lebih rileks dan tenang. Melakukan meditasi juga mampu membuang segala macam energi negatif dalam diri kita. Saat rasa bosan menghinggapimu kenapa gak, nih untuk mencoba melakukan meditasi.

Pilih tempat yang baik yang terhindar dari aneka macam suara yang mengganggu lalu lakukan meditasi selama kurang lebih 15 menit. Kosongkan sejenak pikiranmu dari berbagai macam problematika yang mengganggu. Dijamin, deh gak hanya bosan yang hilang hal-hal buruk yang ada di pikiranmu juga ikut musnah.

2. Jalan-jalan di sekitar rumah

5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib DicobaIlustrasi seseorang sedang berjalan (Pexels.com/Daniel Reche)

Ingin olahraga? Tapi, malas bersepeda atau terlalu capek kalau harus jogging? Tenang, mudah, murah, gak perlu pakai uang. Yup, jalan kaki. Berjalanlah di sekitar rumahmu misal mengelilingi komplek atau sekadar jalan bolak balik menuju depan gang.

Santai dan nikmati setiap langkah yang kamu ambil. Gak perlu terburu-buru, jalan saja dengan tenang. Sambil sesekali mengamati sekitar, menyapa tetangga, menghirup udara yang segar dan sebagainya.

Baca Juga: Lagi Social Distancing? Usir Bosan dengan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini

3. Memasak

5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib DicobaIlustrasi seorang wanita sedang memasak (Pexels.com/Kamaji Ogino)

Manfaatkan apa yang ada di rumahmu, gak perlu memasak dengan bahan-bahan yang gak ada di rumah. Bahkan memasak mi instan sekalipun juga gak ada salahnya dilakukan. Selagi menyenangkan untuk dilakukan, kebosanan pasti akan hilang. '

Proses memasak mulai dari mempersiapkan bahan, mengolahnya, bahkan sampai jadi suatu hidangan yang lezat itulah yang dapat menghempaskan rasa bosan yang kamu rasa.

4. Mewarnai atau menggambar

5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib DicobaIlustrasi seseorang sedang menggambar (Pexels.com/Lum3n)

Buat saja gambar yang abstrak lalu warnai sesukamu. Bisa juga kamu mencoba untuk menggambar objek tertentu di rumah. Memanfaatkan aplikasi dalam HP-mu untuk menggambar digital juga bisa, lho.

Lebih menyenangkan lagi jika ada aplikasi mewarnai secara digital kamu tinggal memilih warna sesuai dengan keinginanmu. Kebosanan yang kamu rasakan dijamin akan langsung pergi, deh.

5. Membuat jurnal

5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib DicobaIlustrasi seorang wanita sedang membuat jurnal (Pexels.com/Anete Lusina)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kebosanan tanpa mengeluarkan uang adalah dengan membuat jurnal. Ada aneka macam jurnal yang bisa kamu buat, kamu juga bisa mengambil inspirasi dari internet.

Bahkan ada juga, lho yang membuat jurnal seberapa banyak konsumsi  air putih yang ia minum hari itu. Pasti akan sangat menyenangkan melakukan hal yang satu ini, karena kamu gak hanya dituntut untuk memvisualisasikan apa yang akan, sedang atau telah kamu lakukan tapi juga menghiasnya sekreatif mungkin.

Gak harus mengeluarkan banyak uang untuk usir rasa bosan karena kelamaan di rumah, ternyata sekadar masak makanan kesukaan bisa jadi menyenangkan. Kamu gak bisa masak? Manfaatkan momen di rumah untuk belajar masak. Mudah sekali, bukan untuk dilakukan? Yuk, mulai dicoba.

Baca Juga: Weekend di Rumah Aja Asik Juga Kok, Asal Ada 4 Hal Ini

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya