Comscore Tracker

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lain

Bahaya, guys!

Ternyata ada 11 barang pribadi yang gak boleh kamu share dengan orang lain sekalipun mereka adalah orang-orang terdekatmu lho. Bukan berniat agar kamu dianggap pelit oleh orang sekitar ya, melainkan demi menjaga kesehatanmu kok. Apa saja sih? Read on!

1. Gunting kuku

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainthewirecutter.com

Kita memang gak bisa melihatnya tapi ada sejumlah besar bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Karena itu, gunting kuku biasa bisa berpotensi menimbulkan infeksi. Dengan demikian, penggunaan gunting kuku orang lain bakal meningkatkan risiko penularan penyakit jamur dan HPV (human papillomavirus).

2. Anting

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainmytwenty16.com

Ada banyak pembuluh darah di area telinga. Inilah mengapa kita jadi sangat mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan mengenakan anting milik teman. Lain kali jika kamu ingin meminjam anting-anting orang lain, bersihkan dulu dengan alkohol.

3. Lip balm

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainperfect365.com

Di bawah permukaan bibir juga terdapat banyak pembuluh darah. Mereka siap untuk membawa semua yang kamu pakai di bagian wajah ke dalam aliran darah - bahkan termasuk mikroba.

Virus herpes juga dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika mereka berbagi lip balm atau lipstik, bahkan ketika gejala penyakitnya gak terlihat sekalipun.

4. Pinset alis

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainonecountry.com

Bukan masalah kalau kamu menggunakan pinset orang lain untuk menghilangkan sedikit rambut alis. Tapi jika kamu menggunakannya untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam sampai mengeluarkan darah, maka alat ini dapat menyebabkan penyakit serius di masa depan.

Dalam kasus seperti itu, pinset bisa menjadi pembawa bibit hepatitis C dan HIV. Jika gak ada pilihan lain selain berbagi pinset, maka gosoklah dulu dengan alkohol.

5. Deodoran roll

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainmarthastewart.com

Deodoran roll dapat membawa infeksi serius, terutama jika bakteri masuk melalui luka kecil setelah kamu bercukur. Deodoran wangi hanya berperan menutupi bau dan gak mampu mencegah perkembangbiakan bakteri. Karena itu, selalu pilih deodoran dengan bahan antibakteri dan jangan memakainya bersama orang lain, sekalipun dengan keluarga sendiri.

6. Sabun batangan

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainsoapqueen.com

Mikroorganisme menyelubungi sabun batangan sesaat setelah digunakan. Bukan hanya mikroba yang gak berbahaya tetapi juga virus-virus pengancam jiwa. Bakalan lebih parah lagi jika sabun batangan tersebut kamu letakkan di tempat sabun yang basah. Itu karena kelembaban akan menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Untuk mengurangi risiko infeksi, gunakan saja sabun cair botolan.

Baca Juga: Banyak Orang Salah, Ini 5 Barang Sebaiknya Tak Disimpan di Kamar Mandi

7. Sisir

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainslikhaarshop.com

Jangan pernah kamu pinjamkan sisirmu pada orang lain dan jangan pula sampai kamu memakai sisir milik orang lain. Pemakaian sisir secara bergantian akan meningkatkan risiko penangkapan parasit seperti kutu, kudis, dan bahkan infeksi staphylococcus epidermidis.

Jika kamu akan berbagi sisir rambut, maka segera bersihkan dulu dengan pembersih. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan tidak berbagi sisir rambut sama sekali.

8. Handuk

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainwindsordermatology.com

Handuk adalah tempat berkembang biak bagi kuman, terutama ketika handuk itu tergantung di dalam kamar mandi dengan kelembaban tinggi. Jika handukmu berbau gak enak, itu berarti sudah ada perkembangan jamur dan bakteri.

Handuk semacam ini dapat menginfeksi pemiliknya dengan infeksi jamur dan bakteri yang menyebabkan ruam, jerawat, dan konjungtivitis. Untuk menghilangkan bahaya ini, cuci handukmu setelah 4-5 kali penggunaan dan selalu pastikan sampai benar-benar kering.

9. Spons mandi

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainvivehealth.com

Spons sabun mandi gak punya waktu untuk benar-benar kering setelah kamu gunakan. Oleh karena itu, benda ini berpotensi jadi pabrik benih yang sangat baik bagi jenis bakteri yang sama seperti pada handuk.

Keringkan spons mandimu sepenuhnya dan jangan membiarkan orang lain sampai ikut memakainya. Bakal lebih baik lagi jika kamar mandimu dilengkapi ventilasi udara yang bagus.

10. Alat makeup

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainstylecraze.com

Hindari berbagi produk makeup yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, mukosa hidung, air liur, darah, atau nanah pada jerawat. Artinya, akan lebih baik untuk gak berbagi eyeliner, eyeshadow, maskara, concealer, makeup base, lipstik, dan blush on

Selain produk makeup, kamu juga gak boleh memakai kuas makeup bergantian dengan orang lain. Ingat juga buat gak mencoba kuas tester di toko kosmetik, ya.

11. Earphones

Awas, 11 Barang Ini Gak Boleh Kamu Pakai Bergantian dengan Orang Lainthehoneycombers.com

Earphone orang lain dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Risiko ini bakal meningkat ketika kamu menggunakannya selama berolah raga karena panas dan kelembaban berkontribusi pada perkembangan bakteri tersebut.

Selain itu, jika kamu memakai earphone secara bergantian maka bersiaplah karena bakteri seperti streptococcus dan staphylococcus akan masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi, bisul, dan pustula.

Jika kamu tetap ingin berbagi aksesori ini dengan seseorang atau meminjamnya, kamu harus bersihkan earphone tersebut dulu dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu masih akan bergantian memakai sisir dan sabun mandi dengan keluargamu?

Baca Juga: Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapun

Annisa Rizki Photo Verified Writer Annisa Rizki

Instagram: @annisa9595

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya