Comscore Tracker

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerika

Beda banget dengan kehidupan remaja Indonesia!

Pernahkah kamu berpikir untuk menjadi warga negara lain atau terlahir dari ras lain? Mungkin sebagian besar dari kamu pernah sesekali membayangkan bagaimana rasanya menjadi penduduk negara maju atau terlahir sebagai warga negara Amerika Serikat misalnya.

Kamu memang gak bisa memilih akan dilahirkan dimana dan oleh siapa. Mungkin kamu juga pernah merasa muak dengan kehidupanmu di Indonesia dan berharap bisa kabur ke negara lain yang lebih maju dan memulai hidup baru. 

Tapi, bisa jadi negara yang kamu anggap maju itu ternyata gak lebih baik dari Indonesia loh! Berikut beberapa gambaran jika kamu terlahir sebagai remaja Amerika.

1. Pelajaran agama gak akan kamu dapatkan di sekolah

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikawww.theroot.com

Sangat disayangkan tentunya karena agama harusnya menjadi pedoman manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia. Tapi ya memang beginilah keadaannya jika kamu bersekolah di Amerika. Bukan cuma gak ada pelajaran agama, kebiasaan berdoa sebelum pelajaran dimulai pun gak akan kamu temukan disana.

Buat orang-orang Amerika, agama merupakan urusan pribadi dari masing-masing individu. Hal ini menjadi tanggung jawabnya sendiri, orang tua, maupun pemuka agama dan bukan merupakan urusan negara. Kalau kamu menganggap perayaan Natal disana berjalan khidmat, maka kamu salah. Perayaan Natal disana lebih kepada meramaikan suasana saja.

Gak semua orang Amerika menganut Kristen atau Katolik. Banyak dari mereka yang menganut Islam, Yahudi, atau bahkan agama dan kepercayaan lain yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Orang-orang atheis juga cukup banyak disana!

2. Kamu gak perlu memakai seragam ke sekolah

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikaseatheworldpositively.wordpress.com

Kamu bisa lihat sendiri di film-film Hollywood. Hampir semua sekolah mulai jenjang TK hingga SMA gak mengharuskan muridnya buat memakai seragam ke sekolah. 

Tapi bukan berarti mereka bebas memakai apa saja sesukanya ya. Tetap ada aturan-aturan yang harus dipatuhi misal untuk gak memakai celana boxer atau crop top. Bisa-bisa kamu dikira mau main ke pantai!

Kebebasan ini sebenarnya gak sepenuhnya diterapkan oleh semua sekolah di Amerika karena beberapa sekolah negeri atau sekolah berbasis agama mewajibkan siswanya buat berseragam. 

Kalau di Indonesia, mungkin kamu harus menunggu sampai kuliah dulu ya baru boleh ke sekolah pakai baju bebas.

3. TGIF! Hari Jumat berarti saatnya kamu untuk berpesta

https://www.youtube.com/embed/KlyXNRrsk4A

Pernah mendengar atau membaca istilah TGIF? TGIF merupakan singkatan dari istilah Thank God It's Friday atau artinya Terima kasih Tuhan, hari ini hari Jumat. Karena keesokan Sabtu kamu gak perlu berangkat sekolah, maka para siswa biasanya akan merayakan malam Sabtu tersebut dengan party di rumah salah satu temannya.

Herannya, para orang tua Amerika sudah gak merasa aneh lagi dengan kebiasaan semacam ini. Kalau ingin melihat gambaran seberapa liar pesta mereka, kamu bisa tonton video klip Last Friday Night milik Katty Perry atau film Easy A yang dibintangi oleh Emma Stone. 

Apakah malam minggumu pernah seheboh mereka?

4. Kamu akan mendapatkan libur sekolah selama 3 bulan

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikaalphaairportparking.com.au

Yup! Kamu akan mendapatkan libur musim panas atau Summer Holiday mulai bulan Juni hingga awal September. Sebelum masa libur ini datang, para remaja Amerika akan berolah raga dan diet ketat agar mendapatkan summer body untuk dipamerkan ketika berjemur di bawah terik musim panas nantinya. 

Kemudian kebanyakan dari mereka akan berbondong-bondong menuju pantai sambil membawa bikini demi mendapatkan kulit yang tanned. Tapi gak sedikit pula kok yang menghabiskan waktunya untuk mengikuti summer camp, magang, atau bahkan bekerja paruh waktu.

Baca Juga: 4 Hal Kekanakan Ini Pasti Pernah Dilakukan Cewek Saat Remaja

5. Prom night akan jadi salah satu malam paling spesial buatmu

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikam.yukle.mobi

Jujur saja deh, kamu pasti juga ingin acara prom night diadakan di sekolahmu kan? Prom night adalah semacam pesta dansa yang diadakan pihak sekolah pada malam hari setelah ujian akhir sekolah berakhir. Gak cuma dansa, biasanya akan ada pemilihan raja dan ratu sekolah juga di acara ini.

Semua remaja Amerika pasti sepakat menganggap prom night sebagai acara yang wajib banget dialami minimal sekali seumur hidup. Di acara inilah kamu bisa memakai gaun-gaun cantik dan setelah tuxedo kemudian menikmati musik di lantai dansa.

Biasanya para jomblo bakalan kelabakan nih karena gak punya seseorang yang bisa diajak ke acara prom. Padahal kamu bisa banget membawa teman satu kelas, kawan satu organisasi, tetangga, teman dari sekolah lain, atau bahkan saudara sepupu!

Buat kamu yang gagal mendapatkan pasangan prom, siap-siap untuk di-bully dan dicap sebagai loser ya! Mereka yang gak berani datang ke prom sendirian ini biasanya akan berdiam diri di rumah saja dari pada datang hanya menanggung malu.

6. Kamu bakal jadi bahan olok-olok kalau masih virgin di usia remaja

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikawww.themarysue.com

Virgin yang dimaksud gak cuma berlaku untuk cewek saja melainkan bagi cowok juga. Sangat mencengangkan bukan? Di saat remaja yang sudah gak virgin akan menjadi bahan gunjingan di Indonesia, malah menjadi hal yang lumrah di Amerika sana. Kamu akan dianggap aneh, cupu, kolot, dan loser jika masih perawan atau perjaka hingga usia kuliah.

Tapi ada kok beberapa dari mereka yang percaya bahwa kehilangan keperawanan atau melakukan hubungan seks itu hanya boleh terjadi setelah janji pernikahan terucap. Dijamin deh, si dia yang punya prinsip seperti ini adalah orang yang super strong!

7. Bermesraan di depan umum mungkin gak akan canggung buatmu

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikawww.vulture.com

Bahkan saat bermain truth or dare, kamu bisa saja dipaksa untuk mencium temanmu sendiri loh. Hal ini akan makin dianggap wajar kalau kalian ternyata berpacaran. 

Kamu juga gak akan heran lagi melihat banyak pasangan melakukan kissing maupun bermesraan di sudut-sudut sekolah atau bahkan di dalam ruang kelas karena memang seperti itulah cara mereka mengekspresikan rasa sayang. 

Jangankan kissing, hamil di usia sekolah saja bukan jadi hal menggemparkan disana. Ups!

8. Kamu akan mengenal gilanya tradisi Spring Break

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikabramante-it.com

Spring Break merupakan tradisi yang terjadi tiap tahun berupa pesta super bebas dan super gila yang diadakan di pinggiran pantai terbesar di Amerika. Gambaran suasana Spring Break ini bisa kamu lihat di film yang dibintangi Selena Gomez berjudul Spring Breakers.

Disana, kamu akan menjumpai ribuan orang melakukan hal liar bersama-sama, mulai dari memakai pakaian sangat minim hingga hampir telanjang, melakukan kontak fisik seperti kissing, minum minuman keras, melakukan hubungan seks di depan umum, hingga mencandu narkoba! 

Bisa kamu bayangkan? Bersyukurlah kamu lahir di Indonesia, ya!

9. Mungkin kamu malah dilahirkan dari orang tua yang gak punya ikatan pernikahan

Kamu Akan Merasakan 9 Hal Ini Jika Dilahirkan Sebagai Remaja Amerikakarenhealey.com

Orang Amerika modern banyak yang merasa bahwa pernikahan hanyalah cara untuk melegalkan hubungan seks dan memaksa mereka buat berkomitmen jangka panjang. Karena hubungan seks pranikah sudah biasa mereka lakukan sejak usia muda, jadi untuk apa menikah?

Banyak anak-anak di Amerika tinggal bertahun-tahun bersama dengan orang tua yang hanya punya status berpacaran alias bukan sah sebagai suami istri. Contohnya bisa kamu lihat pada hubungan Kylie Jenner dan Travis Scott atau mantan pasangan Brad Pitt dan Angelina Jolie.

Lalu bagaimana kalau mereka putus? Tentu saja si anak harus beradaptasi dengan hadirnya kekasih baru orang tuanya untuk diajak tinggal bersama. Miris kan?

Apakah kamu masih ingin terlahir sebagai remaja Amerika? Mungkin kamu sudah mulai merasakan beberapa hal tersebut mulai merambah Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Namun, jangan lantas melupakan kewajibanmu sebagai generasi bangsa untuk menjunjung tinggi, mempertahankan dan mengamalkan pancasila, adat istiadat serta norma-norma luhur yang berlaku di Indonesia ya!

Baca Juga: Sebelum Menikah, Pahami Dulu 6 Fase Kehidupan Setelah Pernikahan

Annisa Rizki Photo Verified Writer Annisa Rizki

Instagram: @annisa9595

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya