Comscore Tracker

5 Tooth Tablet Rilisan Brand Lokal, Lebih Minim Jejak Karbon

Mudah dibawa dengan kemasan yang mungil

Kalian sudah tahu mengenai pasta gigi dalam bentuk tablet? Mungkin jika dibayangkan sekilas rasanya aneh mendengar adanya inovasi pasta gigi seperti ini. Namun, pasta gigi bentun tablet ini ada di pasaran dan disebut juga dengan tooth tablet.

Tooth tablet merupakan sebuah terobosan baru pada zaman yang sedang menggiatkan pola hidup yang lebih ramah lingkungan. Penggunaan tooth tablet dinilai lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia dan microbeads. Selain itu, kemasan tooth tablet berupa kaleng atau botol kaca dapat digunakan kembali tanpa menambah sampah seperti penggunaan pasta gigi biasanya.

Tooth tablet memang belum banyak diproduksi di Indonesia, tetapi beberapa sudah ada dari brand lokal, lho! Penasaran tooth tablet apa saja yang ada di Indonesia? Scroll sampai bawah ya!

1. Bumijo

5 Tooth Tablet Rilisan Brand Lokal, Lebih Minim Jejak KarbonBumijo (Instagram.com/bumijo.id)

Tooth tablet Bumijo memiliki bahan-bahan yang serupa dengan pasta gigi pada umumnya. Hanya saja, tooth tablet ini lebih hemat tempat dan anti microbeads, sehingga mengurangi jejak karbon. Bentuk kecil-kecil seperti ini membuat kita mudah untuk membawanya, apalagi untuk bepergian tanpa takut tumpah.

Tooth tablet lokal dari Bumijo ini dapat dibeli seharga Rp54 ribu berisi 60 tablet. Pengemasannya sendiri menggunakan kertas yang mudah terurai di tanah.

2. Ecopraise

5 Tooth Tablet Rilisan Brand Lokal, Lebih Minim Jejak KarbonEcopraise (Instagram.com/ecopraise.id)

Ecopraise menjual berbagai macam produk ramah lingkungan, salah satunya adalah kebutuhan mandi seperti tooth tablet ini. Tooth tablet dari Ecopraise diproduksi oleh pengrajin lokal, lho! Selain itu, memiliki rasa mentol yang kuat dengan tekstur yang padat.

Harga tooth tablet dari Ecopraise adalah Rp55 ribu untuk isi 60 tablet. Jumlah ini bisa dipakai sampai 1 bulan dengan penggunaan 2 kali sehari. Hemat banget!

Baca Juga: 5 Loofah Rilisan Brand Lokal, Spons Alami untuk Eksfoliasi Kulit

3. Rasa Sayang Kita

5 Tooth Tablet Rilisan Brand Lokal, Lebih Minim Jejak KarbonRasa Sayang Kita (Instagram.com/rasasayangkita)

Tooth tablet selanjutnya berasal dari Bali, tepatnya di Denpasar, yaitu Rasa Sayang Kita. Kampanye dari brand ini memang untuk terus memajukan produk-produk ramah lingkungan, termasuk tooth tablet. Tooth tablet dari Rasa Sayang Kita terbuat dari bahan-bahan alami serti bebas bahan pengawet, stabilisator buatan, dan bahan berbahaya lainnya.

Jika kalian ingin mencoba tooth tablet dari Rasa Sayang Kita, cukup menyiapkan Rp72 ribu dengan isi 60 tablet. Kemasan kaleng juga tersedia dengan harga Rp77 ribu.

4. Nicia Smile

5 Tooth Tablet Rilisan Brand Lokal, Lebih Minim Jejak KarbonNicia Smile (Instagram.com/nicia.smile)

Nicia Smile merupakan brand yang banyak memproduksi alat kesehatan gigi. Salah satu produk yang diluncurkan mereka pada tahun 2021 lalu adalah tooth tablet atau disebut dengan tootab. Tootab Nicia Smile ini sangat menggemaskan karena berwarna-warni sesuai varian dengan bentuk yang unik.

Ada 3 varian yang bisa kalian coba, yaitu limonada, menthe, dan naranja. Nicia Smile cocok untuk kalian yang ingin mencoba terlebih dahulu menggunakan tooth tablet karena mereka menyediakan ukuran kecil dengan isi 17 tablet seharga Rp25 ribuan.

5. Urbaneco

5 Tooth Tablet Rilisan Brand Lokal, Lebih Minim Jejak KarbonUrbaneco (Instagram.com/urbaneco.store)

Produk terakhir adalah tooth tablet dari Urbaeneco yang berasal dari Badung, Bali. Tooth tablet yang diproduksi dipastikan aman dari bahan plastik dan terbuat dari bahan-bahan natural. Tidak heran jika tooth tablet Urbaneco sering habis di e-commerce milik mereka.

Harga produk tooth tablet ini adalah Rp70 ribu. Sama seperti produk sebelumnya, kemasan tooth tablet ini adalah berupa kertas yang mudah terdegradasi.

Peredaran dan produksi tooth tablet di Indonesia masih samgat terbatas, hal ini dipengaruhi juga oleh minat masyarakat yang masih kurang terhadap penggunaan tooth tablet. Cara penggunaan yang dikunyah terlebih dahulu mungkin terbilang repot dan membuat rasa yang lebih kuat di dalam mulut.

Perlu dikiatkan lagi promosi dan kampanye untuk penggunaan pasta gigi ramah lingkungan ini. Jejak karbon yang minim serta dapat menghemat tempat ini membuat tooth tablet menjadi pilihan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan cocok untuk diterapkan saat ini.

Baca Juga: 6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan Hemat

Annisah Nurrahmatillah Photo Verified Writer Annisah Nurrahmatillah

Mau bikin tulisan sampe banyak banget.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya