Comscore Tracker

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan Hemat

Shampoo bar diklaim lebih ramah lingkungan

Gaya hidup zero waste kini mulai digemari oleh masyarakat untuk mendukung pelestarian lingkungan. Beberapa perubahan kecil seperti penggunaan tote bag sebagai pengganti plastik, tumbler, dan sedotan stainless sudah banyak digerakkan oleh beberapa pihak.

Selain yang sudah disebutkan tadi, gaya hidup zero waste juga bisa dimulai dari sikap sehari-hari kita menggunakan barang di rumah. Salah satunya adalah penggunaan sampo cair yang kini bisa diganti menggunakan sampo batangan atau shampoo bar.

Shampoo bar sudah mulai dikenal beberapa tahun lalu dan banyak diproduksi oleh beberapa perusahaan pegiat eco-product, salah satunya brand lokal Indonesia. Diklaim lebih hemat, berbahan natural yang aman bagi alam, serta praktis, berikut brand lokal Indonesia yang merilis produk shampoo bar.

1. Akuna

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan HematAkuna (Instagram.com/akunaindonesia)

Produk shampoo bar pertama berasal dari Akuna, produk brand lokal dengan formulasi etnobotani dan berada di bawah arahan ahli farmasi. Jadi, sudah terbayang bahwa shampoo bar yang diproduksi dipastikan aman dan memiliki kandungan yang siap membuat rambut berkilau.

Shampoo bar dari Akuna memiliki pH di bawah 7 sehingga membuat rambut kita semakin lembut. Harga shampoo bar Akuna cukup terjangkau, mulai dari Rp20 ribu saja. Uniknya lagi, packaging dari shampoo bar ini dari kertas, lho!

2. Madremia

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan HematMadremia (Instagram.com/madremia.id)

Shampoo bar Madremia memiliki banyak varian yang disesuaikan dengan masing-masing permasalahan rambut. Beberapa varian diantaranya adalah choco mint untuk rambut ketombe dan gatal, honey caramel untuk rambut yang sering kusut, dan kaktus untuk rambut yang mudah patah.

Shampoo bar dari Madremia bisa dibeli mulai dari Rp55 ribu. Produk Madremia ini dijamin bebas dari paraben dan sulfat, serta terbuat dari bahan-bahan organik yang aman.

3. Yaya's Secret

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan HematYaya's Secret (Instagram.com/yayasecret.id)

Sama halnya dengan Madremia, shampoo bar dari Yaya's Secret dijamin paraben free dan terbuat dari bahan-bahan natural. Ada 3 varian yang bisa dipilih, yaitu moringa glory, beet it, dan black magic. Unik sekali, ya, namanya!

Shampoo bar dari Yaya's Secret dibuat sendiri dengan bahan-bahan natural, salah satunya menggunakan daun kelor yang masih segar. Shampoo bar Yaya's Secret bisa dibeli mulai dari Rp58 ribu dan tersedia juga refill dengan harga yang lebih murah.

4. The Bath Buckets

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan HematThe Bath Buckets (Instagram.com/thebathbuckets)

The Bath Buckets memiliki shampoo bar yang laku keras di beberapa e-commerce mereka. Seperti merek sebelumnya, produk The Bath Buckets dibuat homemade dengan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya yang pastinya dijamin aman digunakan.

Harga shampoo bar dari The Bath Buckets adalah Rp60 ribu untuk ukuran 125-130 gram. Jika kalian masih ragu dan ingin mencobanya terlebih dahulu, bisa membeli yang travel size dengan harga Rp22 ribu saja.

Baca Juga: 5 Loofah Rilisan Brand Lokal, Spons Alami untuk Eksfoliasi Kulit

5. Segara Naturals

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan HematSegara Naturals (Instagram.com/segaranaturals)

Selanjutnya adalah shampoo bar dari Segara Naturals yang banyak diminati dan sering habis di e-commerce mereka. Shampoo bar dari Segara Naturals ini mengandung vitamin B5, lidah buaya, minyak kemiri, dan sebagainya.

Jika tertarik kalian cukup menyiapkan uang Rp80 ribu dan mendapatkan shampoo bar berukuran 50 gram. Ukuran ini ternyata setara dengan 350 ml sampo cair, lho! Setelah habis kalian juga membeli refill shampoo bar, lebih hemat kemasan!

6. Monimici

6 Shampoo Bar Rilisan Brand Lokal, Lebih Praktis dan HematMonimici (Instagram.com/monimici)

Rekomendasi terakhir adalah shampoo bar dari Monimici yang mengandung vegetable keratin, d-panthenol, illipe butter, dan tentunya berbahan 100 persen natural. Shampoo bar ini bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok, merangsang pertumbuhan rambut, dan manfaat lain yang bisa terlihat jika rutin menggunakannya.

Harga untuk per batang shampoo bar adalah Rp140 ribu dengan ukuran 50 gram. Ada 2 varian yaitu nourishing dan purifying. Sudah banyak ulasan memuaskan dari para pelanggan yang menggunakan shampoo bar dari Monimici ini.

Shampoo bar memang dikenal memiliki jejak karbon yang lebih sedikit daripada sampo cair yang biasa digunakan. Selain itu, bahan-bahan shampoo bar yang natural tidak akan mencemari lingkungan dan merusak ekosistem, terutama di lautan.

Sudah terpikirkan untuk berganti ke shampoo bar karena banyak keunggulannya? Selain manfaatnya yang luar biasa, penggunaan shampoo bar juga turut serta dalam mengembangkan cara hidup yang lebih ramah lingkungan dan zero waste. Tunggu apa lagi? Segera coba shampoo bar yang praktis dan efektif!

Baca Juga: 5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi Sampah

Annisah Nurrahmatillah Photo Verified Writer Annisah Nurrahmatillah

Mau bikin tulisan sampe banyak banget.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya