Comscore Tracker

5 Hal Sederhana yang Bermanfaat bagi Hidup Jangka Panjang

Salah satunya melakukan rutinitas yang tetap setiap pagi 

Merencanakan sesuatu yang besar itu penting. Meskipun begitu, kita juga gak boleh melupakan hal-hal sederhana dalam hidup. Sebab, bisa jadi hal-hal sederhana ini akan memberikan perubahan besar nantinya. Lantas apa saja sih hal-hal sederhana yang tanpa sadar sangat bermanfaat? Simak daftarnya di bawah, ya!

1. Mengerjakan tugas sederhana segera mungkin

5 Hal Sederhana yang Bermanfaat bagi Hidup Jangka Panjangilustrasi wanita bekerja (Unsplash.com/ OPPO Find X5 Pro)

Hal sederhana pertama namun bermanfaat bagi hidup yaitu melakukan tugas sederhana segera mungkin. Meskipun terlihat sepele, ini gak boleh disepelekan. Pasalnya, gak jarang kita lebih sering menunda-nunda hal sederhana karena lebih mudah dikerjakan nanti, kan.

Padahal semakin lama kita menunda tugas yang sederhana ini, nantinya malah memberatkan. Sebab, bisa jadi tugas lain yang lebih sulit bakal muncul. Yang akhirnya, kamu sendiri malah keteteran dan bahkan stres.

Maka dari itu, membiasakan untuk mengerjakan tugas sederhana ini bisa memberikan manfaat jangka panjang. Dari sini kita akan lebih terlatih untuk lebih disiplin. Sehingga, akan terhindari dari deadline dan meminimalkan kekeliruan.

2. Merencanakan hari kamu pada malam sebelumnya

5 Hal Sederhana yang Bermanfaat bagi Hidup Jangka Panjangilustrasi pria membuat rencana (Unsplash.com/ Philipp Mandler)

Apa rencana kamu dalam menjalani hidup? Kalau ditanya seperti itu, gak jarang kita merasa bingung, kan. Padahal, membuat rencana ini penting agar hidup kita lebih terarah. Bukan hanya tentang hal-hal besar, namun dalam menjalani aktivitas sehari-hari juga perlu dilakukan.

Gak perlu muluk-muluk, kamu bisa merencanakan aktivitas keesokan hari kamu pada malam sebelumnya. Entah itu mengenai hal apa saja yang kamu lakukan, target apa yang harus dipenuhi, dsb. Yang meskipun gak selalu berjalan sesuai rencana, setidaknya ada hal yang kamu usahakan atau pelajari setiap harinya.

Dengan terbiasa memiliki rencana harian ini, maka kamu juga akan mendapat manfaat jangka panjang. Utamanya dalam mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik. Sehingga, malah bermanfaat untuk melatih kedisiplinan diri. 

Baca Juga: 5 Harapan Sederhana Pekerja Lepas untuk Masa Kini dan Masa Depan

3. Sesekali melakukan detoks media sosial

5 Hal Sederhana yang Bermanfaat bagi Hidup Jangka Panjangwanita bermain media sosial ( Unsplash. com/ Luke Porter)

Melakukan detoks media sosial juga gak kalah penting kamu lakukan. Ini juga menjadi kebiasaan sederhana yang bermanfaat. Sebab, dari sini pikiran kamu jadi lebih tenang, kamu bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa terdistraksi, dsb. Misalnya, dengan menjauhkan gadget saat beraktivitas, atau mengagendakan hari tanpa gadget sama sekali.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus membatasi penggunaan media sosial sepenuhnya. Sebab, media sosial juga bermanfaat untuk membuka ruang bagi kita untuk berkreasi, menjalin relasi, serta mencari informasi. Hanya saja kita perlu memanfaatkannya dengan bijak tanpa harus berlebihan, ya.

4. Melakukan rutinitas yang sama setiap pagi

5 Hal Sederhana yang Bermanfaat bagi Hidup Jangka Panjangilustrasi pria berolahraga (Unsplash.com/ Jenny Hill)

Selain detoks media sosial, membangun rutinitas yang tetap setiap pagi juga jadi hal sederhana yang bermanfaat dalam jangka panjang. Contoh paling sederhana yaitu dengan membiasakan olahraga setiap pagi. Ini akan membuat kesehatan fisik dan mental lebih baik, sehingga lebih produktif saat beraktivitas.

Meskipun begitu, membiasakan olahraga setiap hari ini rasanya juga sulit dilakukan. Apalagi ketika kita memiliki alasan tertentu seperti tidur telat, kelelahan, dsb. Maka dari itulah rutinitas diperlukan agar lebih konsisten.

Sebab pada dasarnya, rutinitas sangat berhubungan erat dengan kebiasaan. Contohnya, ketika membiasakan olahraga tadi. Kalau kita menjadikan olahraga ini sebagai kebiasaan, maka gak terlalu sulit juga untuk membiasakannya. Maka dari itulah, untuk membangun kebiasaan ini diperlukan komitmen dan disiplin diri.

5. Istirahat yang cukup 

5 Hal Sederhana yang Bermanfaat bagi Hidup Jangka Panjangilustrasi seorang pria tidur (Pexels.com/ John-Mark Smith

Klise, namun istirahat yang cukup juga sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Sebab, istirahat dapat menyegarkan tubuh sehingga lebih fit, menjaga fungsi otak, dsb. Sehingga, kamu juga akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya dan juga akan lebih produktif menjalani hari-hari.

Hal ini berbeda ketika tidak menjadikan waktu istirahat sebagai prioritas. Kemungkinan kamu akan mempertahankan kebiasaan buruk seperti begadang, misalnya. Yang akhirnya malah membuat kamu kehilangan konsentrasi saat beraktivitas, stres karena kurang tidur, atau bahkan memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mengatur waktu untuk memperoleh istirahat yang cukup. Seperti menghindari kebiasaan begadang, berhenti melakukan aktivitas saat tubuh mulai lelah, dsb. Sehingga, kesehatan fisik dan mental kamu akan terjaga dengan baik.

Nyatanya banyak hal yang kita anggap sederhana namun malah bermanfaat bagi hidup. Maka dari itu, kita gak boleh menyepelekan hal-hal tersebut. Sebab, dalam jangka panjang ini malah memberikan dampak luar biasa jika dilakukan secara konsisten dan teratur.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Kita Lalai dan Lupa Bersyukur dalam Hidup

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya