Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lain

Ingat bahwa ucapan orang lain di luar kendali kita

Sebagai makhluk sosial, kita pasti akan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, kebiasaan, sikap, dsb. Hal ini yang kadang kala memicu perasaan cemas akan pendapat orang lain akan diri kita. Dalam batas yang wajar, rasa cemas bisa membantu kita menyesuaikan diri di masyarakat.

Namun, kalau rasa khawatir akan pendapat orang lain itu terlalu berlebihan, ini bisa jadi tanda self conscious. Yang mana sering diartikan sebagai kondisi emosi yang dipengaruhi pikiran tentang bagaimana orang lain melihat diri kita. Bukan hal yang sepele, kondisi ini dalam jangka panjang bisa berpengaruh pada kesehatan mental.

Lantas, bagaimana sih tips untuk mengatasi insecure akan pendapat orang lain. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Lakukan sesuatu karena diri sendiri bukan ingin membuat orang lain kagum

5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lainilustrasi seorang wanita murung (Unsplash.com/ Anton Paul)

Setiap orang rasanya pasti ingin melakukan sesuatu agar perbuatan atau pekerjaannya dinilai baik oleh orang lain. Dalam kadar yang wajar, ini memang dibutuhkan untuk menambah motivasi yang kita miliki. Namun bukankah melelahkan jika dalam melakukan sesuatu kita selalu ingin mendapatkan validasi orang lain?

Misalnya, kita mencoba melakukan segala sesuatu dengan sempurna, untuk membuat orang lain terkesan atau kagum. Memang, ini akan membahagiakan jika mendapatkan respons yang baik. Namun, ketika kita tidak mendapatkan respons yang seperti yang diinginkan, ini yang malah menimbulkan insecure.


Mengapa demikian? Sebab, kita akan cenderung menganalisis kekurangan diri dibanding hal-hal yang baik. Untuk itu, melakukan sesuatu atas keinginan pribadi bukan karena ingin membuat orang lain kagum, penting dilakukan. Mungkin dengan menjadikan itu sebagai motivasi untuk meningkatkan skill atau yang lebih mulia untuk membantu orang lain.

2. Mengendalikan emosi negatif

5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lainilustrasi pria menengkan diri (Unsplash.com/ Dylan Ferreira)

Mendengar ucapan atau pendapat kurang mengenakkan dari orang lain memang kerap meracuni pikiran. Bahkan tanpa disadari ini memicu timbulnya emosi negatif. Seperti perasaan sedih yang tiba-tiba mengubah mood, marah, atau mungkin kecewa.

Namun balik lagi, kita gak bisa mengendalikan ucapan orang lain. Yang bisa dikendalikan yaitu respons atau bagaimana cara kita menanggapinya. Bukan dengan kemarahan, namun bersikap tenang dan mengendalikan emosi yang ada.

Memang, mengendalikan emosi negatif seperti itu bukan hal yang mudah. Meskipun begitu, kita bisa melatihnya pelan-pelan. Seperti dengan menarik napas dalam-dalam dan kemudian embuskan perlahan, melatih diri berpikir positif, atau menerima hal-hal yang memang gak bisa dikendalikan tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Value Diri di Depan Pasangan Biar Gak Insecure!

 3. Melakukan hal yang disukai

5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lainilustrasi seorang pria membaca buku (Unsplash.com/ Ben White)

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kita memang gak bisa mengontrol ucapan orang. Sebab, hal-hal yang menurut kita positif dan baik pun di pandangan orang lain belum tentu sama. Kalau kita terus memikirkan hal tersebut, lama-lama rasa insecure ini bisa mempengaruhi kesehatan mental.

Untuk mengalihkan pikiran negatif tersebut, kamu bisa memulai dengan melakukan sesuatu yang disukai. Misalnya, kalau kamu tertarik pada bidang pertanian, coba saja tekuni bidang itu. Selain agar pikiranmu tenang, aktivitas ini tentu juga bermanfaat untuk diri sendiri dan bahkan orang lain, bukan?

 4. Fokus pada kelebihan yang ada pada diri kamu

5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lainilustrasi wanita cerita (Unsplash.com/ Priscilla Du Preez

Bisa jadi, kita lebih mudah insecure akan pendapat orang lain itu karena terlalu fokus pada kelemahan diri. Memang, mengakui kelemahan itu penting supaya kita bisa berbenah jadi lebih baik lagi. Namun kalau berlebihan, malah bisa menimbulkan perasaan rendah diri tersebut.

Padahal, pada diri kamu sebenarnya ada skill atau kemampuan yang bisa dikembangkan. Biarpun itu terlihat kecil, kalau dikembangkan suatu saat ini bisa jadi kekuatan, lho. Maka dari itu, fokus saja pada hal-hal yang bisa jadi kelebihan kamu tersebut.

Dengan cara seperti ini, kamu juga gak akan mudah membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lebih dari itu, kamu bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk membantu lingkungan sekitar. Sebab, sebagai makhluk sosial kita juga selalu membutuhkan bantuan orang lain, kan.

5. Usahakan untuk tetap berinteraksi dengan orang lain

5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lainilustrasi interaksi sosial (Unsplash.com/ Akson)

Bukan hanya sulit mengendalikan emosi, perasaan insecure terkadang juga menimbulkan kecemasan atau anxiety. Yang dalam situasi tertentu, ini bisa bikin seseorang menarik diri dari pergaulan atau lingkungan sosial. Meskipun begitu, mencoba untuk tetap berinteraksi dengan orang lain juga penting dilakukan.

Dengan melakukan interaksi meskipun hanya dengan intensitas sedikit, ini bisa membantu mengatasi kecemasan tersebut. Kalau memang sulit, coba untuk mendekatkan diri dengan orang yang memang benar-benar kamu percaya dulu. Meskipun mungkin gak menghilangkan rasa cemas kamu sepenuhnya, namun ini bisa membantu kamu merasa lebih nyaman.

Jadi, ketika rasa insecure akan pendapat orang lain itu mulai muncul, ingat hal-hal positif tentang diri kamu, ya. Misalnya dengan mengenali kelebihan yang kamu miliki. Namun, jika kamu memang merasa salah, lakukan perbaikan dan bertanggung jawab akan hal tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Pendapat Orang Lain yang Berseberangan Denganmu

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya