Comscore Tracker

5 Pelajaran tentang Keluarga dari KDrama 'Hospital Playlist' 

Enggak cuma lucu, tapi dramanya juga sarat akan makna 

Menjadi salah satu KDrama yang populer di tahun 2020 ini, Hospital Playlist turut dibintangi oleh Jo Jung Suk, Jeon Mi Do, dan Yoo Yeon Seok. Ditayangkan di kanal tvN, drama ini berjumlah 12 episode, KDrama yang naskahnya ditulis oleh penulis Reply series ini, yakni Lee Woo Jeong, mengangkat kisah tentang kedokteran dan juga persahabatan.

Tak hanya lucu dan kerap membuat tertawa, KDrama ini juga menghadirkan banyak adegan yang dapat dijadikan pembelajaran, misalnya saja terkait dengan keluarga. Nah, berikut ini merupakan 5 pelajaran tentang keluarga yang dapat dipetik dari KDrama Hospital Playlist.

1. Orangtua rela melakukan apa pun untuk anaknya, sekalipun hal tersebut mustahil

5 Pelajaran tentang Keluarga dari KDrama 'Hospital Playlist' dramabeans.com

Pada episode 9 Hospital Playlist, terdapat seorang ayah yang rela menyumbangkan organnya kepada sang anak, meskipun risikonya sangat besar. Tak cuma itu, sang ayah bahkan rela untuk diet dan rutin olahraga, agar kualitas organ yang hendak didonorkan menjadi lebih baik.

Adegan tersebut menunjukkan kepada kita, bahwa orang tua tak segan untuk berkorban nyawa demi keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan sang anak. Selain adegan tersebut, masih banyak lagi adegan yang menunjukkan betapa anak sangat berharga bagi orang tua-nya.

2. Ketika seseorang menikah dan punya anak, maka kerap kali anak menjadi prioritas utama 

5 Pelajaran tentang Keluarga dari KDrama 'Hospital Playlist' instagram.com/hospitalplaylist

Tokoh Lee Ik Joon yang diperankan oleh Jo Jung Suk, merupakan ayah tunggal yang sangat mencintai anaknya. Meskipun sibuk, namun Lee Ik Joon akan selalu menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama dengan sang anak. Dibandingkan kehidupannya sendiri, Lee Ik Joon kerap kali memprioritaskan sang anak, Lee Woo Joo.

Tak hanya Lee Ik Joon, drama ini juga menampilkan banyak adegan tentang orangtua pasien di Rumah Sakit (RS) yang rela mengorbankan banyak hal demi anaknya. Mereka tidak lagi memikirkan diri sendiri, tetapi lebih mengutamakan kesehatan dan kebahagiaan sang anak.

Baca Juga: 10 Quote KDrama Hospital Playlist, Bikin Lebih Optimis Jalani Hari

3. Bagi sebagian anak, perceraian bisa menjadi cara yang lebih baik, dibandingkan harus hidup dengan kedua orangtua yang tidak akur

5 Pelajaran tentang Keluarga dari KDrama 'Hospital Playlist' dramabeans.com

Merupakan seorang dokter spesialis kandungan, Yang Seok Hyeong yang diperankan oleh Kim Dae Myung diceritakan kalau kedua orangtuanya tidak lagi harmonis. Daripada harus melihat kedua orangtuanya tidak bahagia karena memaksakan diri untuk bersama, Yang Seok Hyeong rela jika ayah dan ibunya bercerai.

Bahkan, ia tak henti-hentinya membujuk sang ibu untuk menceraikan sang ayah, dengan maksud agar kehidupan mereka semua bisa lebih tenang dan bahagia. Melalui hal tersebut dapat kita ketahui, bahwa perselisihan tak berujung antar orang tua bisa lebih menyakitkan dibandingkan perceraian.

4. Kita kerap kali merasa jadi orang yang paling paham dengan orang tua atau saudara kita, padahal kenyataannya kita tidak tahu apa-apa tentang mereka 

5 Pelajaran tentang Keluarga dari KDrama 'Hospital Playlist' instagram.com/hospitalplaylist

Meskipun punya hubungan darah, namun belum tentu anggota keluarga bisa saling memahami dan tahu segalanya. Seperti misalnya Lee Ik Joon, ia baru tahu musibah yang pernah dialami adiknya melalui orang lain. Tidak ingin saling membebani, menjadi salah satu alasan sesama anggota keluarga sulit untuk jujur terhadap masalah yang dihadapi, dan memilih untuk mengatasinya sendiri.

Kadang kala, merasa menjadi orang yang paling dekat membuat kita begitu percaya diri dan merasa mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan anggota keluarga kita. Padahal, bisa saja mereka menyembunyikan banyak hal karena beberapa alasan, misalnya karena gengsi, tidak ingin membebani, bahkan takut akan diolok-olok.

5. Orangtua kerap kali sungkan untuk menghubungi lebih dahulu, karena tidak ingin mengganggu dan merepotkan sang anak

5 Pelajaran tentang Keluarga dari KDrama 'Hospital Playlist' instagram.com/hospitalplaylist

Diperankan oleh aktor veteran bernama Kim Kap Soo, pimpinan RS yang bernama Ju Jung Su hidup sendirian dan terpisah dari anak-anaknya yang telah berkeluarga. Meskipun merasa kesepian, namun dirinya berusaha untuk tidak terlalu sering mengganggu kehidupan anak-anaknya.

Lewat kehidupan Ju Jung Su kita dapat belajar, bahwa seorang anak haruslah lebih peka terhadap perasaan orang tuanya, karena orang tua kerap kali merasa sungkan untuk terbuka. Meskipun hanya perhatian kecil, namun hal tersebut sudah cukup untuk membuat orang tua kita bahagia, serta mengobati rasa kesepiannya yang tinggal berjauhan dengan sang anak.

Demikianlah 5 pelajaran tentang keluarga yang dapat kita ambil dari KDrama Hospital Playlist. Tidak hanya tentang keluarga, banyak pelajaran lain yang dapat diambil dari KDrama ini. Makanya, enggak salah deh kalau Hospital Playlist wajib masuk dalam watchlist kalian!

Baca Juga: 10 Adu Gaya Pertemanan Geng Reply 1988 Vs Hospital Playlist, Goals!

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya