Comscore Tracker

IWF 2020: Netizen, Pahami 5 Hal Ini Saat Menggunakan Sosial Media!

Biar momen bersosial media tetap seru #IWF2020

Indonesia Writers Festival 2020 telah sampai di penghujung acara. Namun demikian, setiap sesi yang disajikan hingga hari terakhir begitu menambah wawasan dan ilmu. Tak terkecuali sesi terakhir 'Sopan Santuy di Media Sosial' yang berlangsung malam pukul 19.00 WIB, Sabtu (26/9/2020).

Dibawakan oleh Ivan Lanin, sesi terakhir IWF 2020 seru abis, lho. Di sesi ini, Ivan memberi tips bagaimana bersosial media dengan baik dan benar. Buat kamu yang sering berselancar di sosial media, pahami dulu nih beberapa hal agar nyaman ber-medsos.

1. Berbaik sangka dan sabar

IWF 2020: Netizen, Pahami 5 Hal Ini Saat Menggunakan Sosial Media!Dok. IDN Times

Saat berselancar di sosial media, hal yang harus kita perhatikan adalah kita akan berjumpa dengan orang yang berasal dari latar belakang berbeda. Oleh karena itu, Ivan Lanin menyebut bahwa sikap sabar dan berbaik sangka perlu ditingkatkan. Ketika menghadapi orang lain di sosial media, maka sebisa mungkin hindari konflik dan coba untuk menghargai pendapat orang lain. Kritikan atau masukan dari orang lain anggap saja sebagai penambahan wawasan gratis. 

2. Terampil dalam berkomunikasi

IWF 2020: Netizen, Pahami 5 Hal Ini Saat Menggunakan Sosial Media!Dok.IDN Times

Terampil dalam berkomunikasi ini maksudnya adalah kita harus bisa membedakan dengan siapa kita berbicara atau menulis. Dengan keterampilan ini, kita akan bisa menggunakan bahasa yang sesuai dan tidak menyinggung saat berkomunikasi.

Misalnya, saat kita melakukan percakapan dengan dosen, guru, atau orang yang lebih tua melalui fitur chat, kita bisa menggunakan bahasa yang sopan dan baku. Beda kalau kita chatting dengan teman dekat, kita bisa menggunakan bahasa slang atau bahasa unik lainnya. 

Baca Juga: IWF 2020: 6 Tips Cakap Menggunakan Media Sosial ala Ivan Lanin

3. Perbanyak kosakata

IWF 2020: Netizen, Pahami 5 Hal Ini Saat Menggunakan Sosial Media!Youtube.com/IDN Times

Ivan Lanin dalam sesi 'Sopan Santuy di Media Sosial' mengatakan bahwa perlu bagi kita untuk memperbanyak kosakata kita dalam berbahasa. Hal ini penting agar bahasa yang kita gunakan saat berkomunikasi tidak kaku. Dengan menguasai banyak kosakata, tulisan kita di sosial media akan lebih menarik dan disukai.

4. Lenturkan bahasa agar jangan terlalu kaku

IWF 2020: Netizen, Pahami 5 Hal Ini Saat Menggunakan Sosial Media!Youtube.com/IDN Times

Kadang kita bingung nih apakah harus menggunakan bahasa yang baku di sosial media atau tidak. Ivan Lanin mengatakan bahwa hal itu adalah pilihan. Namun, Ivan menekankan bahwa tetap harus melihat situasi dan kepada siapa kita berbicara atau menulis. 

Ivan pun membagi tips bahwa kita bisa melenturkan bahasa yang kita gunakan di sosial media. Artinya, kita bisa menyulap bahasa kita agar tidak selalu terkesan baku sesuai PUEBI dan KBBI. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan emoji dalam kalimat atau tulisan yang kita buat. 

5. Bikin gagasan yang nyambung

IWF 2020: Netizen, Pahami 5 Hal Ini Saat Menggunakan Sosial Media!Pexels.com/Vlada Karpovich

Terkadang, saat menyampaikan opini atau komentar di sosial media, ada beberapa orang yang menulis dengan ngambang alias tidak nyambung. Ivan Lanin pun menegaskan bahwa ini adalah pekerjaan berat bagi setiap orang agar ketika beropini atau menyampaikan gagasan di sosial media, tulisan yang dibuat harus nyambung dan membuat orang yang membaca bisa mengerti dengan penyampaian kita. 

Nah guys, sekarang sudah paham kan apa saja yang mesti diperhatikan saat menggunakan sosial media? Saatnya kamu terapkan biar momen kamu saat berselancar di sosial media tetap seru.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan Lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: Pahami 6 Tips Ivan Lanin agar Tata Bahasa Jadi Lebih Asyik

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya