Comscore Tracker

5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang Lain

Coba biasakan! #IDNTimesLife

Rasa iri memang manusiawi. Namun, ketika hal tersebut sudah diluar batas, maka itu bisa membawa bahaya. Dalam kehidupan ini, kadang rasa iri muncul apalagi ketika melihat orang lain meraih kesuksesan.

Bagi kamu yang berjuang untuk menghilangkan sikap buruk ini, kamu bisa membaca lima tips berikut!

1. Berpikirlah terbuka

5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang Lainseorang pria di tempat kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang, kita melihat kesuksesan orang lain dari luarnya saja. Hal ini membuat kita jadi gampang berburuk sangka. Maka gak heran kalau akhirnya komentar miring terlontar.

Sudah saatnya kita mengubah cara kita berpikir. Ketimbang membuat asumsi sendiri, seharusnya kita berpikir lebih terbuka bahwa kesuksesan yang diraih orang lain pasti melalui proses yang tidak mudah.

2. Kurangi sikap kepo berlebihan

5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang LainSeorang wanita memegang smartphone. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kepo untuk hal yang positif tentu bukan masalah. Beda lagi halnya kalau sikap kepo ini kita pakai untuk hal negatif dan menyerang orang lain. Sebaiknya lebih berhati-hati lagi dalam bersikap. Jangan sampai apa yang kita lakukan malah berdampak tidak baik bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Iri Hati Hanya akan Merugikan Diri Sendiri, Waktunya Berubah!

3. Fokus pada dirimu

5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang Lainilustrasi orang meditasi (Unsplash.com/Matteo Di lorio)

Mengatasi rasa kepo tadi, cobalah untuk fokus pada diri sendiri dulu. Daripada berkomentar miring, lebih baik diam dan cari tahu apa potensi diri yang bisa dikembangkan. Dengan fokus pada apa yang kita miliki, rasa iri terhadap orang lain akan lenyap. Pada akhirnya, kita bisa lebih bertumbuh ke arah yang lebih baik. 

4. Berusaha keras dan cerdas

5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang LainBeberapa orang sedang bekerja. (Unspalsh.com/Ant Rozetsky)

Semua orang pasti bisa sukses pada porsi waktunya masing-masing. Ada yang banyak faktor yang bisa membuat seseorang meraih keberhasilan, salah satunya berusaha keras dan cerdas. Keduanya harus dilakukan dengan seimbang. 

Kerja keras membutuhkan konsistensi dan ketekunan, sedangkan kerja cerdas membutuhkan pengetahuan dan kreativitas. Kombinasikan itu, maka langkah menuju sukses akan terbuka lebar.

5. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai inspirasi, bukan pembanding

5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang LainSeorang wanita menikmati udara segar. (Unspalsh.com/Fernando Brasil)

Seringkali nyali kita langsung ciut saat melihat kesuksesan orang lain. Kita merasa bahwa diri kita tidak mampu dan tidak akan bisa seperti mereka. Setop membandingkan diri dan jangan terlalu mengasihani diri, ya!

Tanamkan dalam diri bahwa semua orang bisa sukses. Ketimbang menjadikan kesuksesan orang lain sebagai pembanding, kita bisa mengubah itu menjadi sebuah inspirasi.

Ubah rasa iri menjadi sesuatu yang positif. Jangan biarkan sikap buruk ini menghalangi langkah kita semua menuju sukses. Fokus pada diri dan jadikan kesuksesan orang lain sebagai inspirasi. Semangat!

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi saat Timbul Iri dengan Orang Lain yang Lebih Kaya

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya