Comscore Tracker

5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri 

Mau hidup mandiri tapi gak punya tabungan?

Kita gak selamanya bisa mengandalkan orang lain. Ada saatnya kamu harus berusaha dengan kemampuan sendiri, itu sebabnya penting banget jadi pribadi yang mandiri. 

Hidup mandiri gak sekeren dan semudah kelihatannya. Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Tujuannya bagus kok, jika terjadi sesuatu di masa depan maka kamu bisa mengantisipasinya dengan baik. Nah, berikut ini beberapa basic skill yang harus dikuasai saat memutuskan hidup mandiri. Yuk lihat. 

1. Bisa masak makanan sederhana. Gak harus expert kok, yang penting paham akan dasarnya 

5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri pexels.com/Dana Tentis

Saat memutuskan untuk hidup mandiri, kamu harus bisa memenuhi kebutuhan paling dasar, yakni perut. Walau bisa diakali dengan membeli makanan yang sudah jadi, tetap lebih sehat dan ekonomis kalau masak sendiri. 

Ya, kamu harus belajar memasak. Gak perlu jago macam koki, yang penting paham dasar-dasarnya. Setidaknya kamu bisa menyiapkan menu makan pagi, siang dan malam. Kemampuan memasak sangat berguna di saat-saat darurat, lho. 

2. Memiliki tabungan yang cukup untuk jangka waktu ke depan

5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri pexels.com/cottonbro

Satu hal lagi yang penting yakni memiliki tabungan yang cukup untuk berjaga-jaga. Sisihkan pendapatanmu untuk ditabung. Atur pengeluaran serinci mungkin supaya kamu gak kebobolan. 

Dana tabungan sangat berguna di saat darurat. Jika kamu sakit atau tiba-tiba butuh uang dengan nominal besar, kamu gak perlu pinjam ke sana kemari. Hidup mandiri harus siap dengan segala risiko yang ada dan punya tabungan yang cukup akan membantumu untuk ke depannya. 

Baca Juga: 5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang Orangtua

3. Berani bertindak untuk mengambil keputusan secara spontan 

5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri pexels.com/Andrea Piacquadio

Hidup mandiri membutuhkan keberanian karena kamu berupaya untuk tegak di kaki sendiri dengan segenap kemampuan. Ketika dihadapkan dengan keadaan mendesak, kamu harus bisa mengambil keputusan dengan spontan namun penuh pertimbangan matang. 

Artinya, kamu harus siap menghadapi segala risiko yang ada. Dan cuma keberanian dalam dirimu yang bisa membantu untuk melewati masa sulit. Selain itu, kamu pun harus memiliki keteguhan dan keyakinan kalau dirimu mampu bertahan. 

4. Bisa mengatur keperluan dan mengurus diri sendiri dengan baik 

5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri pexels.com/bongkarn thanyakij

Hidup mandiri tandanya bisa mengatur dan menyiapkan keperluan sendiri. Mulai dari bangun pagi, mencuci pakaian sampai memasak yang semuanya dilakukan sendirian. 

Kalau beberapa basic skill tadi sudah dikuasai, maka kamu bisa dikategorikan sebagai sosok yang mandiri. Tentunya kamu gak mau kalau hidupmu jadi keteteran atau malah terlantar. Tapi di balik itu semua, kamu jadi bisa membagi waktu dan belajar untuk memprioritaskan sesuatu.

5. Kemampuan bersosialisasi dengan baik kepada sekitar 

5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri pexels.com/Elle Hughes

Hidup mandiri bukan berarti menutup diri. Bagaimanapun kamu adalah makhluk sosial yang butuh orang lain. Pandai-pandailah mencari teman yang baik. Perluas lingkaran pertemananmu untuk menambah koneksi. 

Kenali banyak orang, dengan begitu kamu bisa memahami sifat manusia yang berbeda-beda. Lalu belajarlah dari pengalaman supaya kamu dapat melihat sisi lain dunia ini lewat koneksi yang kamu punya. Jika sewaktu-waktu kamu butuh sesuatu, kamu bisa meminta tolong pada teman. 

Itulah beberapa basic skill yang harus dikuasai jika ingin hidup mandiri. Meski awalnya sulit, tapi akan sangat berguna untuk masa depanmu.

Baca Juga: 8 Mental 'Penumpang' yang Harus Dihindari Kalau Kamu Mau Mandiri

Cappucino not tea Photo Verified Writer Cappucino not tea

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya