Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasa

Ayo kamu bisa!

Fase pendewasaan seseorang melalui banyak proses. Saat menjalaninya, kamu akan menemui berbagai macam hal mulai dari yang senang, sakit sampai sedih. Menjadi dewasa gak seindah kedengarannya, karena gak cuma badan kamu yang tumbuh, tapi juga mentalmu yang terus dilatih agar semakin kuat. 

Ada banyak cara untuk melatih dirimu jadi sosok yang lebih kuat, termasuk lewat cara yang sederhana. Berikut ini lima hal yang bisa bikin kamu lebih kuat dan dewasa saat menjalani hidup. 

1. Jangan terlalu berharap atau mengandalkan orang lain

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasaunsplash.com/Matthew Henry

Terlalu berharap atau mengandalkan orang lain hanya akan membawamu pada kekecewaan. Sebaik apapun orang lain, mereka tetaplah manusia biasa yang gak sempurna. Makanya, jangan menaruh harapan yang terlampau tinggi. 

Sebisa mungkin, jadilah mandiri dan kuat! Kamu boleh kok meminta tolong, tapi jangan sampai ketergantungan. Ketika suatu hari nanti mereka membuatmu kecewa, sakit yang kamu rasakan tidak terlalu dalam.

2. Selalu rendah hati supaya gak terjebak dalam kesombongan yang semu

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasaunsplash.com/Paulette Wooten

Kalau selalu melihat ke atas saja, kamu gak akan bisa bersyukur. Sebab itu jaga hatimu agar selalu rendah hati. Rendah hati akan menghindarkanmu dari keangkuhan dan kesombongan yang semu. 

Semua yang ada d dunia ini bersifat sementara. Kalau hidup ini hanya dihabiskan untuk mengikuti keinginan duniawi, gak akan ada habisnya. Kamu akan mengorbankan segalanya alih-alih menjaga harga diri. Padahal, semua yang kita miliki adalah titipan Yang Kuasa, lantas apa yang harus disombongkan? 

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa yang Kekanak-kanakan Itu Sikapnya Justru Lebih Dewasa

3. Lakukan segala pekerjaanmu dengan hati yang tulus

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasaunsplash.com/Christin Hume

Apapun yang sedang kamu kerjakan, lakukan itu dengan hati yang tulus dan ikhlas. Jangan banyak mengeluh karena bikin capek sendiri. Kalau kamu lelah akan rutinitas, maka istirahat sejenak untuk melepaskan penat.

Setelah keadaaanmu pulih, siapkan kembali tenaga dan pikiranmu untuk bekerja dengan penuh semangat. Bekerja dengan hati yang tulus akan membuat pekerjaanmu lebih cepat selesai dengan hasil yang memuaskan. 

4. Jauhkan dirimu dari rasa gengsi yang terlalu tinggi

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasaunsplash.com/David Calderón

Jangan hidup berdasarkan gengsi karena hidupmu akan jauh dari rasa aman. Kamu terus menerus memikirkan omongan orang lain dan jadi overthinking.  Selain itu, terlalu mengandalkan gengsi bisa menimbulkan rasa dendam dan iri hati. Kamu gak pernah merasa puas dan terus merasa tersaingi. Baiknya, hiduplah apa adanya, sederhana dan selalu jadi diri sendiri. 

5. Beri apresiasi pada diri sendiri pada setiap pencapaian yang kamu lakukan

Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasaunsplash.com/freestocks.org

Membuat hati bahagia harus dimulai dari diri sendiri, misalnya dengan memberi apresiasi pada setiap pencapaian yang sudah kamu lakukan. Jika berhasil dalam studi atau pekerjaan, maka berikan pujian atau penghargaan untuk dirimu. 

Atau sekalipun mengalami kegagalan, jangan menyalahkan dirimu terlalu dalam. Tetap hargai setiap usahamu supaya semangat tetap terjaga.  Ke depannya kamu harus berusaha lebih baik agar tak gagal lagi. Cara seperti itu bisa membuatmu lebih mencintai dan menghargai diri sendiri. 

Meski jarang disadari, lima hal tadi bisa bikin kamu lebih kuat dan dewasa, lho. Kalau ada yang ingin kamu tambahkan, berikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Baca Juga: Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasa

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya