Comscore Tracker

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nanti

Jangan sampai semuanya terlambat, ya

Setiap manusia wajar kalau melakukan kesalahan. Malah dari kesalahan tadi kita jadi belajar untuk memperbaiki diri. Itulah kenapa sebagai makhluk yang punya akal, kita harus pandai bertindak karena setiap keputusan yang diambil punya risiko di masa depan.

Makanya, kita harus hati-hati dalam melangkah. Kalau sudah menyesal, nanti hanya bisa meratap. Waktu yang sudah lewat, gak akan bisa diputar lagi. Sebagai pengingat untukmu, jangan lakukan enam hal ini kalau gak mau menyesal ya.

1. Tidak pernah meluruskan kesalahpahaman dengan teman, sahabat atau kerabat

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nantipexels.com/Ba Phi

Perselisihan adalah sesuatu yang gak bisa dihindari. Namanya berinteraksi, wajar kalau ada beda pendapat atau sedikit keributan kecil. Salah paham dalam komunikasi itu biasa, tapi gak boleh dibiarkan begitu saja.

Hal kayak tadi kalau gak diselesaikan, bisa jadi besar dan berlarut-larut. Yang awalnya cuma kesalahpahaman sepele malah bisa melebar ke mana-mana. Akhirnya, kalian jadi saling menyakiti satu sama lain. 

Coba dinginkan kepalamu. Turunkan ego dan selesaikan masalah yang ada. Kita gak pernah tau waktu yang kita punya masih banyak atau tidak. Sebelum semuanya terlambat, selesaikan masalahmu sampai tuntas.

2. Gak berani meminta maaf karena mempertahankan gengsi

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nantipexels.com/Christina Morillo

Pun meminta maaf lebih dulu gak bikin kamu kelihatan lemah kok. Bukan soal siapa yang salah atau benar, tapi siapa yang bisa berbesar hati untuk rendah hati dan belajar memaafkan. 

Kamu melakukannya bukan untuk orang lain, tapi demi diri sendiri. Bagaimanapun juga, menyimpan amarah dan dendam gak baik. Ya, kita memang gak bisa menyenangkan hati semua orang, tapi kita punya pilihan untuk bisa berbuat baik kepada siapa saja. 

3. Orangtua di rumah sangat merindukanmu. Sudahkah hari ini kamu mengunjungi atau memberi kabar kepada mereka?

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nantipexels.com/Andrea Piacquadio

Seiring bertambah dewasa, kamu kian disibukkan dengan urusan pribadi dan pekerjaan. Semua waktumu habis terkuras untuk menghadiri rapat ini dan itu. Sekalinya ada waktu kosong kamu habiskan untuk bermain dengan teman-teman. 

Coba ingat-ingat, apakah ada yang kamu lupakan? Ya, memberi kabar kepada orangtua. Kapan terakhir kali kamu mengunjungi mereka atau mendengar suara Ayah dan Ibu lewat telepon? 

Walau mereka memaklumi kegiatanmu yang sibuk, pasti di dalam hatinya sangat merindukanmu. Apalagi usia mereka sudah renta, mereka butuh perhatian anak-anaknya. Selagi orangtua masih ada di sisimu, jangan lupa mengunjungi mereka, ya. 

Baca Juga: 5 Hal Kecil yang Bikin Milenial Menyesal di Kemudian Hari

4. Tidak pernah menjalani pola hidup yang sehat sejak muda

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nantipexels.com/Pixabay

Masa muda adalah keemasan. Fisik yang sehat, kemampuan yang gemilang serta semangat yang masih menyala-nyala. Di usia muda, kamu bisa melakukan apa saja tanpa memikirkan risiko yang akan terjadi setelahnya. 

Patut kamu ingat guys, kesehatan adalah investasi. Apa yang kamu konsumsi sekarang adalah perwujudan dirimu di masa depan nanti. Kalau sekarang kamu gak hidup sehat, bisa dipastikan saat tua nanti kamu akan kesulitan. 

Rajinlah berolahraga lalu makan makanan yang bergizi dan selalu berpikir positif. Supaya gak cuma badan yang sehat, tapi jiwa kamu pun demikian. 

5. Tidak mempersiapkan masa depanmu dengan serius dan sungguh-sungguh

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nantipexels.com/Giftpundits.com

Hidup itu harus punya tujuan. Terlalu mengikuti arus juga gak baik, lho. Kamu harus punya terobosan untuk diri sendiri. Menikmati masa muda pun harus bijak, jangan terlalu santai sampai melupakan kewajiban studi kamu. 

Selagi muda, persiapkan masa depanmu dengan sungguh. Bergaulah dengan siapa saja untuk membuka koneksi seluas-luasnya, lalu berusahalah untuk meraih impian. Kembangkan wawasanmu sebaik mungkin dan jangan ragu mencoba sesuatu yang baru. 

6. Menyimpan sendiri perasaanmu rapat-rapat tanpa memberitahu orang yang kamu suka bahwa kamu mencintainya

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal di Masa Depan Nantipexels.com/Pixabay

Urusan cinta itu memang susah-susah gampang. Disimpan sendirian sakit, dinyatakan juga takut. Tapi, lebih sakit kalau kamu cuma jatuh cinta sendirian karena gak bisa membagi perasaanmu dengan siapa-siapa. 

Gak usah berpikir terlalu jauh untuk jadi pendampingnya, setidaknya biarkan dia tahu kamu menyayanginya dengan tulus.  Mungkin terasa canggung di awal, tapi setelahnya kamu pasti lega. Kalau mau move on pun hatimu terasa ringan karena gak ada lagi perasaan yang terpendam. Sebelum semua terlambat, nyatakan perasaanmu padanya.

Waktu terus berjalan dan gak bisa di putar kembali. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum mengambil langkah supaya gak ada perasaan menyesal di masa depan nanti. 

Baca Juga: 5 Tips Efektif Menghilangkan Gelisah & Pusing Akibat Banyak Pikiran

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya