Comscore Tracker

Sebelum Buat Orang Lain Bahagia, 5 Alasan Bahagiakan Diri Sendiri Dulu

Jangan hanya pandai berpura-pura, gak baik untuk dirimu

Bahagia merupakan sebuah hal yang diinginkan setiap orang. Kadar bahagia setiap orang berbeda karena setiap orang memiliki impian dan tujuan yang berbeda. Untuk itu memperoleh kebahagiaan membutuhkan usaha yang tak mudah dan doa yang panjang. 

Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui. Sebelum membuat orang lain bahagia akan kehadiranmu. Lima alasan ini buat kamu sadar agar mau membahagiakan diri sendiri dulu.

1. Kamu memang tertawa tapi batin tersiksa

Sebelum Buat Orang Lain Bahagia, 5 Alasan Bahagiakan Diri Sendiri DuluPexels.com/Brandon Nickerson

Ini halnya sama dengan membohongi diri sendiri. Kamu bisa tertawa membuat orang lain senang. Sebaliknya perasaanmu sedang dilanda gundah-gulana. Ingin menangis sesenggukan tapi tertahan, kamu tak bisa melakukan apa-apa.

Hal ini yang akan terjadi saat kamu terlalu baik. Jangan sampai deh ini terjadi padamu. Ketika orang lain bisa tertawa karenamu sementara kamu tersiksa akan masalahmu. Memang sih kamu punya hak untuk menutupi masalahmu. Namun jika pada akhirnya hal itu tak membuatmu bahagia bukankah hal ini sangat menyiksa batinmu.

2. Sesekali berbagi kesedihan akan mengurangi bebanmu

Sebelum Buat Orang Lain Bahagia, 5 Alasan Bahagiakan Diri Sendiri DuluPexels.com/Odonata Wellnesscenter

Berbagi kesedihan itu tidak apa-apa. Siapa tahu dengan seringnya berbagi kesedihan masalahmu bisa berkurang. Walau tidak serta merta menyelesaikan masalahmu. Siapa tahu pula orang lain yang kamu bagi masalahmu bisa memberikan solusi. Jika berbagi kesedihan bisa membawa dampak baik seperti ini. Kenapa gak mulai kamu lakukan dari sekarang?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kesedihan Agar Bisa Cepat Move On!

3. Menjadi sok-sokan kuat menjadikanmu kesepian

Sebelum Buat Orang Lain Bahagia, 5 Alasan Bahagiakan Diri Sendiri DuluPexels.com/Pixabay

Orang kira kamu adalah orang yang tangguh. Kamu terlihat bahagia dengan dirimu. Kamu juga membuat orang lain bahagia. Kenyataannya kamu mempunyai masalah yang membuatmu bersedih.

Semua tak menghalangi untuk terus menunjukkan kehidupanmu yang seakan tak ada masalah. Ini bisa menjadi penyebab batinmu tersiksa. Sok-sokan kuat yang kamu tunjukkan pada orang lain ini pada akhirnya membuatmu merasa kesepian.

4. Membahagiakan orang lain bukan kewajiban yang harus kamu lakukan

Sebelum Buat Orang Lain Bahagia, 5 Alasan Bahagiakan Diri Sendiri DuluPexels.com/Burst

Membahagiakan orang lain memang sah-sah saja. Namun, bukan berarti hal ini wajib kamu lakukan setiap waktu. Menuruti perkataan orang yang tak ada habisnya justru akan membuatmu pusing sendiri. Selain itu menjadi orang yang tak enakan akan mudah dimanfaatkan orang lain. 

Bahagiakan diri sendiri dulu itu lebih baik karena kamu bisa mencintai dirimu sendiri dengan sepenuh hati. Sebelum memutuskan untuk membahagiakan orang lain.

5. Jika bukan dirimu yang membahagiakan diri sendiri, siapa lagi?

Sebelum Buat Orang Lain Bahagia, 5 Alasan Bahagiakan Diri Sendiri DuluPexels.com/nappy

Kamu perlu merenungkan pertanyaan ini. Memikirkan baik-baik dan mengambil keputusan dari hal yang terjadi pada dirimu. Jika bukan diri sendiri yang ingin bahagia, siapa lagi yang akan peduli. Karena bagaimanapun juga yang mengetahui akan diri kita ya hanya diri kita sendiri. Solusi terbaik dari masalah ini tetap menjadi diri sendiri, tanpa penuh kepura-puruan atau tampil adanya. Tentunya selalu memperbaiki kualitas diri.

Membahagiakan diri sendiri akan berpengaruh pada kesehatan, dan emosionalmu. Serta dengan mencintai diri sendiri kamu akan tahu bagaimana cara menikmati hidup ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ikuti Standar Orang Lain Bikin Sulit Bahagia

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Selalu mencoba bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya