Comscore Tracker

Tabahkan Hatimu, 5 Cara Sederhana Mengusir Rasa Putus Asa 

Ada masalah pasti ada jalan keluar 

Saat sudah berjuang sekuat tenaga untuk mendapat apa yang kamu mau dan berakhir gagal, pasti perasaan kecewa akan muncul. Meski sudah mencoba bangkit, kadang kegagalan itu akan menghampiri lagi.

Hal ini bisa menjadi penyebab putus asa dan menjadi masalah bagi diri sendiri. Beberapa hal ini patut dilakukan untuk mengusir rasa putus asa. Simak yuk gaes.

1. Tanamkan dalam diri tak setiap keinginan mudah didapatkan 

Tabahkan Hatimu, 5 Cara Sederhana Mengusir Rasa Putus Asa Unsplash.com/Timur Romanov

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami putus asa yaitu mencoba menerima apa yang telah terjadi. Percaya selama ini kamu telah melakukan hal terbaik walaupun belum sempat terwujud apa yang diinginkan.

Dengan menerima apa yang telah menjadi takdir membuatmu dapat berlapang dada dan bisa lagi bangkit untuk mewujudkan mimpi.

2. Hindari sikap kebanyakan mengeluh 

Tabahkan Hatimu, 5 Cara Sederhana Mengusir Rasa Putus Asa Pexels.com/Anna Shvets

Sebagai manusia biasa ketika cobaan datang memang wajar mengeluh, mengganggap hidup tak pernah adil. Tapi kebanyakan mengeluh justru membuat rasa putus asa semakin dalam dan sulit untuk moveon dari rasa keputus asaan. Seharusnya menyikapi hal ini cukup mengeluh sewajarnya saja.

3. Sampaikan terima kasih pada diri sendiri

Tabahkan Hatimu, 5 Cara Sederhana Mengusir Rasa Putus Asa Unsplash.com/Candice Picard

Hal ini memang sepele tapi membuatmu merasa dirimu ini berharga. Walaupun kenyataannya belum mendapat apa yang dimau. Berterimakasih menunjukkan kamu menghargai perjuanganmu selama ini gak ada yang sia-sia. Bagaimana pun juga kamu telah berusaha berjuang sekuat itu dan patut untuk disyukuri bukan disesali.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Bergaul dengan orang yang berpikir positif

Tabahkan Hatimu, 5 Cara Sederhana Mengusir Rasa Putus Asa Unsplash.com/Ben White

Sudah tak diragukan lagi teman juga akan memengaruhi karakter dirimu. Saat dirimu putus asa, cobalah bergabung dengan teman-teman yang mampu menghibur, mendukung dan tentunya mengajarkan untuk selalu berjuang itu adalah anugerah.

Jangan sia-siakan hal ini karena akan membawa perubahan positif dalam dirimu. Sehingga rasa putus asa yang sedang menghimpirimu tak akan berlarut-larut.

5. Berapa pun kegagalan yang menghampiri, cobalah untuk bangkit kembali

Tabahkan Hatimu, 5 Cara Sederhana Mengusir Rasa Putus Asa Pexels.com/Maksim Goncharenok

Putus asa itu berawal dari kegagalan yang dinikmati. Ini tak patut dibiarkan berlanjut bukan hanya tak ada kemajuan dalam diri seperti sikap pesimis dan rendah diri dengan orang lain. Lebih dari itu kamu tak akan pernah tahu seberapa besar kemampuan dalam diri yang belum pernah ditunjukkan.

Misalnya mendapatkan pekerjaan yang diimpikan butuh usaha menguras tenaga tak jarang rupiah juga harus dikeluarkan. Berkorban sebanyak itupun belum tentu langsung mendapat pekerjaan impian. Gagal satu kali masih ada kesempatan berulang kali bangkit lagi camkan itu.

Putus asa itu gak enak membuat terbebani, lima cara ini secara tak langsung bisa mengusir putus asa yang sedang didera.

Baca Juga: Enggan Putus Asa, 5 Zodiak Ini Akan Selalu Memperjuangkan Cintanya

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Selalu mencoba bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya