Comscore Tracker

Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   

Lihat situasi dan kondisi dulu ya

Berbohong pada orang lain termasuk hal yang buruk dan menjadikan kamu gak bakal dipercaya orang lain lagi. Berbeda jika keadaan memaksamu untuk mengatakan kebohongan, gak usah takut apalagi merasa bersalah ada saatnya memang kamu perlu berbohong. Mau tahu keadaan apa saja berbohong itu bisa dimaklumi? Simak saja uraian di bawah ini siapa tahu kamu juga sedang mengalaminya.

1. Saat jauh dari orangtua, berkata kabarmu 'baik-baik saja'

Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   Unsplash.com/Akshar Dave

Saat jauh dari anaknya orangtua pasti selalu ingin memantaumu dari jauh dan selalu menanyakan keadaanmu. Karena tak ingin membuat orangtua cemas jadi mau keadaan seburuk apa pun kamu selalu mengatakan "kabarmu baik-baik saja". Enggan memberitahu orangtua keadaanmu yang kurang baik sebenarnya tujuannya tak ingin membuat orangtua khawatir.

2. Memendam aib orang lain 

Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   Unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Saat berada dilingkungan orang yang suka bergosip, hal yang pasti diceritakan adalah keburukan orang lain. Jadi jangan pernah ragu atau pun takut saat orang itu bertanya tentang keburukan orang lain pada dirimu tapi kamu enggan memberitahunya.

Pura-pura tak tahu itu lebih baik dibandingkan mengungkit aib orang lain yang tak ada faedahnya. Karena menceritakan aib orang itu hal yang buruk termasuk tindakan toxic dan belum tentu kamu jauh lebih baik dibanding orang yang digosipkan.

3. Berusaha tetap tegar sekalipun hatimu ingin marah  

Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   Unsplash.com/Edward Howell

Saat ada orang yang menyakiti perasaan pasti kamu emosi. Sekuat tenaga dibanding mengeluarkan energi marah tanpa alasan yang jelas lebih baik tetap diam. Karena sadar marah tidak menyelesaikan masalah justru marah bisa menambah masalah menjadi lebih rumit.

Jadi berusaha menenangkan keadaan diri sendiri saat dilanda marah adalah hal patut dilakukan. Setelah bisa meredam emosi, kamu bisa mengeluarkan apa yang ingin dikatakan secara bijak. Supaya orang lain sadar dengan kesalahannya dan kamu jauh lebih mengerti arti dari sabar.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Terjadi jika Kamu Sering Berbohong

4. Tulus dan ikhlas memberikan makanan saat orang lain butuh meskipun keadaanmu juga kesusahan 

Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   Unsplash.com/Elaine Casap

Memberi jauh lebih baik dibanding meminta. Bersedekah memang dianjurkan untuk membantu orang yang membutuhkan. Jika kamu mengalami kesusahan tetap berusaha membantu orang lain walaupun yang kamu keluarkan uang maupun barang tak seberapa tapi bisa membawa manfaat bagi orang yang menerima bantuanmu.

Nah keadaan ini menunjukkan sifat dermawan yang dapat mempererat persaudaraan. Selalu yakin bahwa apa yang diberikan pada orang lain secara tulus dan ikhlas pasti akan diganti dengan rezeki yang datang entah darimana sangkanya.

5. Jika mencintai kekasih orang lain, kamu lebih baik diam dan lupakan  

Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   Unsplash.com/TienDat Nguyen

Berbohong pada perasaan sendiri maupun orang lain jika kamu tak mencintai kekasihnya adalah hal yang patut diacungi jempol. Walaupun kamu tahu perasaan cinta memang tidak bisa disalahkan, karena cinta bisa bermuara kepada siapa saja. Yang salah itu jika berniat merebut kekasih orang lain. Jadi jika kamu mencintai kekasih orang lain lebih baik buang perasaan itu jauh-jauh.

Pahamilah beberapa keadaan memang memungkinkan kamu untuk berbohong. Jadi jika berbohong demi kebaikan, maka tak ada salahnyakan.

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi jika Hubunganmu Dipenuhi Kebohongan

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Selalu mencoba bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya