Comscore Tracker

5 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan Emosional

Apa kamu punya semuanya?

Memiliki emotional intelligence disebut-sebut dapat menunjang kesuksesan karier seperti di tempat kerja dan juga di dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kecerdasan emosi yang ada akan mendukung kemampuan seseorang untuk memahami emosi diri sendiri dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi suatu hubungan. Kecerdasan ini melibatkan keterampilan yang dapat membantu untuk memahami dan memengaruhi perasaan sendiri serta orang lain.

Nah, untuk memahami lebih dalam, berikut ada lima elemen umum terkait kecerdasan emosi.

1. Kesadaran diri

5 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan EmosionalPixabay/RobinHiggins

Kesadaran diri di sini adalah tentang memahami diri sendiri mulai dari kelemahan serta kekuatan diri, nilai-nilai pada diri sendiri serta bagaimana dampaknya kepada orang lain. Dalam praktiknya kesadaran diri juga dapat terlihat sebagai kepercayaan diri dan keterbukaan untuk menerima kritik yang membangun.

2. Manajemen diri

5 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan EmosionalPixabay/Free-Photos

Manajemen diri dapat dimaknai sebagai kemampuan untuk mengatur dan mengelola emosi diri. Bukan berarti harus menyembunyikan emosi sementara waktu, namun tentang bagaimana mengekspresikan emosi secara tepat. Seseorang yang memiliki manajemen diri yang baik cenderung fleksibel, mampu beradaptasi pada perubahan, mampu mengelola konflik dan meredakan situasi yang tegang.

Baca Juga: Jangan Minder Dulu, Mungkin 9 Tipe Kecerdasan Ini Ada di Dalam Dirimu

3. Motivasi

5 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan EmosionalPexels/AndreaPiacquadio

Motivasi juga akan memainkan peranan dalam skill emotional intelligence seseorang. Orang-orang dengan kecerdasan emosional biasanya akan dimotivasi oleh hal-hal di luar imbalan eksternal seperti uang, pengakuan, dan pujian. 

Sebaliknya, mereka dimotivasi oleh hasrat untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan batin mereka sendiri. Itu sebabnya orang yang memiliki kecerdasan emosional cenderung akan berusaha untuk selalu melakukan segala hal lebih baik, lebih berkomitmen, optimis, dan akan mengambil inisiatif ketika tugas diberikan kepada mereka. 

4. Empati

5 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan EmosionalPexels/DennizFutalan

Empati juga menjadi elemen lain yang penting dimiliki oleh seseorang yang memiliki kecerdasan emosional. Empati di sini tidak hanya sebatas dimaknai sebagai kemampuan memahami perasaan orang lain tapi juga melibatkan respon dan tindakan yang tepat dalam menanggapinya.

Hal ini penting khusunya dimiliki dalam lingkungan kerja sebab akan memengaruhi kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan karyawan yang berasal dari lintas budaya dan mengambil keputusan.

5. Kemampuan sosial

5 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan EmosionalPexels/AndreaPiacquadio

Orang yang memiliki kecerdasan emosional dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Dalam lingkungan profesional, elemen ini dibutuhkan pada semua posisi. Contohnya, seorang manajer harus dapat membangun hubungan dan koneksi dengan karyawan, begitu pun sebaliknya. Agar dapat memiliki kemampuan sosial yang baik diperlukan juga keterampilan komunikasi, kemampuan mendengar, persuasif dan kepemimpinan.

Itulah lima hal yang menjadi  tanda elemen umum seseorang punya kecerdasan emosional yang baik. Bagaimana, kamu punya urutan nomor berapa?

Baca Juga: 8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimu

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya