Comscore Tracker

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan Intelektual

Kecerdasanmu bisa dilihat dari enam elemen ini

Kecerdasan intelektual atau yang mudah kita kenal dengan IQ merupakan sebuah istilah yang memberikan penjelasan terkait bagaimana kemampuan intelektual yang dimiliki seseorang. Baik itu kemampuan menganalisis, merencanakan, memecahkan masalah, bahasa hingga daya tanggap belajar. Keberadaan IQ yang baik di diri seseorang sangat memiliki dampak positif di dalam hidupnya. Semua masalah serasa lebih gampang untuk di pecahkan.

Terdapat berbagai sudut pandang dalam memaknai pendefinisian kecerdasan. Berbagai psikolog dan ahli lainnya berusaha memberikan tipe dan jenis elemen dari kecerdasan intelektual ini sendiri. Namun dapat disimpulkan tipe-tipe kecerdasan intelektual ini di bagi-bagi menjadi enam elemen utama. Apa saja itu, ini dia daftarnya.

1. Pemahaman dan kemampuan verbal

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan IntelektualPexels/Pressmaster

Bisa memahami dan punya kemampuan dalam hal verbal yang baik berkaitan dengan tingkat inteligensi seseorang. Kemampuan verbal ini berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa memahami dan mengerti kosa kata, bahasa yang digunakan dan akan dipelajari. Makanya ada tes yang mengukur elemen kecerdasan yang satu ini yaitu tes kemampuan verbal.

Dengan memiliki kemampuan verbal yang baik, seseorang bisa menyampaikan apa yang diutarakan dan pendengar tersebut bisa memahami apa yang seseorang tersebut utarakan.  

2. Angka dan hitungan

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan IntelektualPexels/GeorrgeMorina

Apakah kamu orangnya senang dengan angka atau kamu orang yang benci dengan angka? Jika kamu adalah orang yang menyukai hal yang berbau angka, maka kecerdasan yang satu ini ada di dalam dirimu.

Kecerdasan angka dan hitungan atau kecerdasan numerik adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan angka-angka yang meliputi kemampuan menghitung dalam hal penjumlahan, kemampuan menghitung dalam hal pengurangan, kemampuan menghitung dalam hal perkalian, dan kemampuan menghitung dalam hal pembagian.

3. Kemampuan visual

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan IntelektualPexels/RF._.studio

Kecerdasan visual adalah salah satu elemen kecerdasan intelektual di mana kemampuan seseorang untuk bisa memahami, memproses dan berpikir ke dalam bentuk visual. Hebatnya elemen kecerdasan yang satu ini tergolong majemuk.

Alasannya adalah seseorang yang memiliki kecerdasan ini mampu menerjemahkan gambaran dalam pikirannya sendiri ke dalam bentuk dua dimensi atau bahkan tiga dimensi. Selain itu seseorang yang memiliki kecerdasan ini akan selalu tanggap dan mudah melakukan aktivitas yang rumit sehingga kecerdasan ini juga dikenal sebagai kecerdasan abstrak.

Baca Juga: Selain Seru, 5 Jenis Hobi Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Intelektual

4. Daya ingat

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan IntelektualPexels/Pixabay

Daya ingat merupakan kemampuan seseorang untuk memanggil
kembali informasi yang telah dipelajarinya dan yang telah disimpan di dalam otak. Daya ingat seseorang tidak terlepas dari kemampuan otaknya untuk
menyimpan informasi. Informasi di dalam otak disimpan dalam bentuk
memori.

Meskipun kamu adalah sosok yang pelupa, kamu bisa menajamkan fungsi otakmu untuk memiliki daya ingat yang baik. Seperti memperhatikan asupan nutrisi dan cukup istirahat.

5. Daya nalar atau penalaran

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan IntelektualPexels/ChiristinaMorillo

Penalaran adalah hasil dari bagaimana sistem otak kita berpikir dan biasanya kemampuan nalar ini berkaitan erat dengan kemampuan logika yang dimiliki seseorang. Daya nalar ini berkaitan dengan bagaimana otak manusia bisa merespons hubungan dari berbeda elemen ke dalam satu kesatuan yang memiliki hubungan. 

Dengan daya nalar yang baik, seseorang bisa lebih mudah di dalam mengambil keputusan yang baik di dalam hidupnya. Dalam tes masuk ke perguruan tinggi misalnya tes daya nalar seseorang sering di uji dengan memberikan premis yang berhubungan atau tidak. Jika hasilnya baik, maka dapat disimpulkan bagaimana tingkat logikanya seseorang.

6. Kecerdasan perseptual

6 Elemen Utama yang Menandakan Seseorang Punya Kecerdasan IntelektualPexels/AndreaPiacquadio

Kecerdasan perseptual merupakan kecakapan kesan sesaat terhadap objek pada saat seseorang melakukan pengamatan. Dalam perkembangannya kecerdasan perseptual menjadi proses pengenalan individu terhadap lingkungan melalui gayanya dan menangkap maknanya dengan sensori panca indra mereka. Yang kemudian semua itu di cerna dalam otak mereka. Perkembangan perseptual ini memiliki aspek dari luar, seperti faktor lingkungan yang anak pada masa berkembang, dan segala aspek komunikasinya.

Untuk menguji kecerdasan yang satu ada namanya Tes IQ Perseptual yang dimana tes ini berbentuk gambar atau simbol yang terkadang hampir terlihat sama dan cukup membingungkan.

Sebenarnya kemampuan otak manusia bisa di latih sejak dini agar memiliki tingkat inteligensi yang baik. Makanya perlu edukasi dari orang tua dan penanganan kesehatan untuk mendukungnya.

Baca Juga: Si Kutu Buku, 6 Zodiak Ini Disebut Punya Tingkat Inteligensi Tertinggi

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya