Comscore Tracker

5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lain

Jangan pernah pelihara sikap buruk!

Mungkin tidak banyak pembahasan tentang kualitas buruk yang membuat kita dijauhi orang lain. Dalam sebuah keluarga atau pertemanan, sikap narsistik kita sering dianggap sebagai perilaku yang jadi penyebab terganggunya orang lain.

Nah, coba kita gali lebih dalam yang secara psikologis menjadi penyebab orang lain menganggap kita sebagai pribadi yang buruk.

1. Menghindari tanggung jawab

5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lainpexels.com/fotografierende

Menghindari tanggung jawab dan menyerahkannya pada orang lain adalah salah satu kualitas buruk seseorang. Takut mengambil sikap tanggung jawab juga merupakan suatu masalah psikologis. Misal, seseorang tak sadar bisa menjadi sangat panik saat dituntut menyelesaikan kewajibannya.

2. Tidak mau menerima kritik

5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lainpexels.com/Burst

Tentu tidak seorang pun ingin dikritik. Hal itu menyakitkan, tapi kadang ada orang yang tidak bisa menerima kebenaran tentang diri mereka. Padahal, menjadi pribadi terbuka yang bisa menerima informasi baru adalah kemampuan untuk berubah lebih baik. Menganggap kritik atau pendapat yang berbeda sebagai serangan terhadap pribadi bukanlah sikap yang patut.

Baca Juga: Menyebalkan, 5 Zodiak Ini Suka Mencampuri Urusan Orang Lain

3. Mengejek penampilan orang lain

5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lainhellogiggles.com

Orang-orang sering menyerang satu sama lain secara sengaja, dan luka emosionalnya sering bertahan lama. Memang ada orang yang merasa perlu tampil unik dibanding lainnya, tapi mengejek bukanlah sesuatu yang patut dilakukan.

Mengejek orang lain karena penampilannya bisa memicu masalah besar untuk kedua pihak. Tentu sulit menahan kemarahan saat kamu mendengar seseorang mengejek atau merisak kamu.

4. Tidak mau minta maaf

5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang LainUnsplash.com/Keenan Constance

Minta maaf bukanlah sesuatu yang buruk. Jika karena minta maaf harga dirimu terluka, itu memang salahmu dan pantas mendapatkannya. Kata maaf memang susah diucapkan orang dengan ego tinggi. Dibanding minta maaf, mereka justru menyalahkan orang lain.

5. Bermuka dua

5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lainpixabay.com/Vitabello

Kamu bertemu seseorang yang mungkin bicara denganmu baik-baik dan bahkan mengajakmu minum kopi, tapi setelah itu kamu menemukan fakta bahwa mereka menjelek-jelekkan di belakangmu.

Orang yang menusuk dari belakang tampil baik dan menyenangkan di depanmu, tapi mengatakan hal yang sangat berbeda di belakangmu. Orang-orang seperti ini biasanya takut akan konfrontasi dan lebih banyak bersembunyi dalam kebohongan.

Bagaimana kamu seharusnya bereaksi terhadap orang-orang dengan sikap di atas? Apakah kamu tahu kualitas lain yang bisa membuat seseorang dijauhi?

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Teman

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You