Comscore Tracker

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Teman

Jadilah pribadi yang menyenangkan

Dalam menjalin hubungan pertemanan, kita harus bisa membawa diri dengan baik. Ini penting supaya tidak menimbulkan konflik atau sampai mendapatkan musuh.

Salah satu caranya adalah dengan memegang prinsip perlakukan temanmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Sebab dengan bersikap baik pada semua orang, kamu juga akan mendapatkan balasan yang setimpal. Alhasil, kamu bisa memiliki banyak teman yang loyal dan tulus padamu.

Sebaliknya jika kamu kerap kali berlaku kurang menyenangkan, lama-lama temanmu juga bakal balik kanan dan yang ada kamu malah sulit untuk mendapatkan teman.

Nah biar itu gak kejadian, mulai sekarang sebaiknya kamu hindari 6 kebiasaan buruk ini deh.

1. Suka membicarakan keburukan teman di belakangnya

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Temanunsplash/ Ben White

Tiap orang pasti punya kelemahan dan pernah berbuat salah. Tapi tidak seharusnya kamu membicarakan tentang keburukan temanmu di belakangnya, dong. Belum tentu juga kamu lebih baik darinya.

Lagi pula dengan bersikap demikian, kamu bisa disebut biang gosip lho. Dan jika temanmu yang dibicarakan itu sampai tahu, dia bakal kehilangan hormatnya ke kamu. Kalau gak berhenti juga, bisa jadi tiap orang yang kamu bicarakan itu akan menjauhimu satu- satu.

2. Meremehkan kemampuan orang lain

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Temanunsplash/ Karina Carvalho

Selain punya kekurangan, setiap orang juga memiliki kelebihannya masing-masing. Hanya saja, gak semua orang suka sesumbar jika dia bisa melakukan ini dan itu.

Makanya sebisa mungkin jangan pernah meremehkan kemampuan orang lain deh. Bisa jadi kamu hanya belum tahu saja kalau dia mahir di bidang tertentu.

Daripada memandang sebelah mata pada kemampuan temanmu, lebih baik beri dukungan untuknya agar potensi yang dimiliki itu bisa lebih berkembang lagi.

3. Tidak bisa menjadi tempat curhat yang baik

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Temanunsplash/ Priscilla Du Preez

Salah satu keuntungan memiliki teman adalah bisa saling curhat jika sedang ada masalah. Akan tetapi, gak semua orang bisa jadi tempat curhat yang baik.

Nah, jika kamu salah satu orang yang gak bisa diajak bertukar pikiran, bisa jadi itu penyebab kamu susah mendapatkan teman dekat hingga saat ini. 

Sebenarnya mudah saja kok supaya bisa jadi teman curhat yang baik. Kuncinya adalah kamu harus mau mendengarkan dengan teliti saat temanmu sedang cerita. Kedua, beri dia saran serta masukan hanya ketika diminta. Dan terakhir, jangan memaksakan dia harus menuruti saranmu. Mudah kan?

Baca Juga: 7 Alasan Teman Sekampung Halaman adalah Partner Terbaik dalam Hidup

4. Menghindar tiap kali diminta bantuan

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Temanunsplash/HIVAN ARVIZU

Selayaknya teman, seharusnya bisa saling membantu jika salah satu sedang menghadapi kesulitan. Tapi bila sampai sekarang kamu masih suka menghindar saat dimintai bantuan, itu bisa membuat teman-teman di sekitarmu jadi malas dan lama kelamaan pilih menghindar sekalian saja darimu.

Coba bayangkan jika suatu saat kamu yang memerlukan pertolongan, apakah mereka masih mau menolongmu?

5. Sengaja memberi saran yang buruk pada teman sendiri

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Temanunsplash/ Kenan Buhic

Tak mudah buat seseorang untuk bisa terbuka soal masalah pribadinya pada orang lain. Apalagi sampai meminta masukan dan saran.

Saat temanmu meminta pandanganmu tentang masalah yang tengah dia hadapi, apa yang kamu lakukan? Tentu saja seharusnya kamu membantunya mencari solusi yang terbaik dong. Bukannya malah sengaja menggiringnya menuju "jurang" sehingga masalahnya jadi semakin runyam.

Wah kalau itu sih namanya bukan bantu teman, tapi malah cari musuh.

6. Tak mau minta maaf walaupun sudah terbukti salah

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Biar Kamu Gak Dijauhi Temanunsplash/ Les Anderson

Wajar kok bila satu-dua kali kamu terlibat perselisihan dengan teman-temanmu. Mulai dari masalah yang ringan akibat salah paham sampai pada kasus yang termasuk fatal.

Jika timbul masalah di antara kalian, hal terpenting adalah segera cari solusi dan selesaikan. Kalau memang kamu berada di posisi yang salah, ya harus berani mengakui dan minta maaf. Jangan malah melemparkan kesalahan pada orang lain, dan dengan angkuhnya gak mau meminta maaf.

Serius deh, jika itu sudah jadi kebiasaanmu, cepat atau lambat semua temanmu akan menjauh satu per satu.

Itu tadi keenam kebiasaan buruk yang pantang kamu lakukan kalau mau punya banyak teman. Walau satu musuh itu gak banyak, tapi percayalah kalau gak punya musuh sama sekali itu lebih menyenangkan.

Baca Juga: 6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swing

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You