Comscore Tracker

5 Langkah Ini Dapat Membantumu Melawan Kenangan Pahit Masa Kecil

Jangan biarkan trauma masa kecil merusak hidupmu!

Tidak semua orang punya masa kecil yang bahagia. Tumbuh besar dalam lingkungan yang toxic seperti mengalami kekerasan, perundungan, dan jauh dari kasih sayang orang tua bisa sangat menyiksa secara emosional.

Kenangan pahit tersebut mungkin akan membekas seumur hidup. Bangkit dari masa kecil yang pahit tampak sulit, tapi sangat mungkin dilakukan. Biasanya memang butuh waktu agar kita mampu melepaskan segala rasa sakitnya.

Nah, berikut adalah beberapa cara paling efektif untuk membantumu terbebas dari kenangan pahit masa kecil yang bisa mendukungmu.

1. Izinkan dirimu sendiri dekat dengan orang

5 Langkah Ini Dapat Membantumu Melawan Kenangan Pahit Masa Kecilew.com

Biasanya trauma masa kecil memaksamu untuk hidup menyendiri, sehingga sangat sulit untuk dekat dengan orang lain. Hal ini justru membuat kamu terisolasi, untuk melawannya kamu harus mengizinkan dirimu dekat dengan orang lain, dan membiarkan mereka melihat kamu apa adanya. Menjadi diri sendiri adalah cara tercepat untuk menghapus rasa risih dan menyadarkan dirimu bahwa kamu juga bisa dicintai.

2. Perhatian pada kesehatan fisik dan mental

5 Langkah Ini Dapat Membantumu Melawan Kenangan Pahit Masa Kecilfareastfilm.com

Saat kamu mengalami trauma masa kecil, adalah hal yang wajar merasa tidak diperhatikan dan diabaikan. Namun, jagalah dirimu sendiri seperti kamu menjaga teman baikmu. Perhatikan kesehatanmu dengan kualitas tidur yang baik, makanan yang sehat, dan olahraga. Untuk kesehatan mental, kamu perlu melampiaskan segala keluh-kesah, konsultasi dengan terapis yang bisa memandumu.

Baca Juga: Bukan Trauma, 5 Hal Inilah yang Justru Bikin Kamu Jadi Malas Pacaran

3. Bertindak tanpa rasa takut

5 Langkah Ini Dapat Membantumu Melawan Kenangan Pahit Masa Kecillooper.com

Kamu perlu melakukan sesuatu yang berbeda agar mampu melawan rasa takut dan sifat minder. Sebagai contoh, jika kamu selalu merasa minder, lawanlah dengan membiarkan orang lain dekat denganmu. Jika kamu mudah marah, tarik napas dalam-dalam dan bertindak penuh kesabaran. Jika kamu biasa melakukan semuanya sendiri, biarkan orang lain membantu. Hal itu akan membantu kamu berkembang dan berubah.

4. Percaya pada orang lain dan minta dukungan mereka

5 Langkah Ini Dapat Membantumu Melawan Kenangan Pahit Masa Kecilvox.com

Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi rasa takut, malu, dan bersalah. Segala yang kamu perlukan adalah menemukan sekelompok teman yang akan menyayangi dan mendukungmu. Mungkin akan membutuhkan sedikit usaha, tapi hal ini akan sangat membantumu dalam jangka panjang jika dilakukan dengan benar. Dimana pun kamu berada, kamu perlu teman, minta dukungan mereka jika perlu.

5. Belajar untuk menerima dan membiarkannya berlalu

5 Langkah Ini Dapat Membantumu Melawan Kenangan Pahit Masa Kecilnypost.com

Menerima trauma masa kecil tidak berarti kamu harus membawanya seumur hidup. Arti menerima di sini berarti kamu mampu melewatinya. Kamu punya dua pilihan, membiarkannya mengacaukan hidupmu atau membiarkannya berlalu. Dengan membiarkannya berlalu juga tidak berarti akan hilang sama sekali, tapi kamu tidak membiarkan kenangan pahit menghalangimu punya kehidupan bahagia.

Jadi, kuatkan dirimu dan biarkan segala kenangan buruk berlalu seiring waktu. Hidup terlalu singkat untuk sekedar meratapi nasib.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Mengatasi Stres Pasca Trauma, Jangan Disepelekan!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya