Comscore Tracker

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Memutuskan untuk Berjuang

Belajarlah berpikir sebelum bertindak

Setiap orang tentu memiliki impian, baik yang berkaitan dengan karier, pendidikan, atau bahkan mengenai hubungan percintaan. Nah, untuk meraih mimpi seseorang dituntut untuk berusaha dan berjuang. Tanpa sebuah perjuangan maka akan terasa mustahil seseorang bisa meraih impiannya.

Namun, perlu diingat bahwa terburu-buru memulai perjuangan juga bukan hal yang baik. Sebelum berjuang setiap orang perlu memikirkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Terkait dengan hal tersebut, ada lima pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum memutuskan untuk berjuang. Yuk, simak.

1. Apakah hal yang kamu mau tersebut memang benar-benar patut untuk diperjuangkan?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Memutuskan untuk Berjuangpexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Ini adalah pertanyaan pertama yang wajib kamu jawab jujur sebelum memutuskan untuk berjuang. Kenapa? Karena berjuang merupakan proses yang gak mudah, nantinya kamu pasti akan menemukan berbagai rintangan. Namun, kalau kamu sudah yakin bahwa hal yang kamu perjuangkan tersebut memang benar-benar pantas dan layak diperjuangkan, maka itulah yang nantinya bisa membuat kamu terus bertahan.

2. Kenapa hal tersebut harus kamu perjuangkan?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Memutuskan untuk Berjuangpexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu harus tahu apa alasan di balik perjuangan yang akan kamu lakukan tersebut. Hal itu agar ketika dalam proses perjuangan nanti kamu menemukan kesulitan, maka kamu gak akan dengan mudahnya memilih menyerah. Setiap kali ada hambatan yang kamu temui, maka kamu hanya perlu mengingat kembali alasan tersebut agar semangatmu bisa kembali berkobar lagi.

Baca Juga: Jika Kamu Lelah dalam Memperjuangkan Mimpi, Ingatlah Kembali 5 Hal Ini

3. Apa saja yang akan kamu peroleh setelah berhasil memperjuangkannya?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Memutuskan untuk Berjuangunsplash.com/William Krause

Hakikatnya, manusia akan cenderung terdorong melakukan sesuatu apabila dari sana nantinya ada sesuatu yang bisa diperoleh. Semakin banyak hal yang bisa didapatkan otomatis akan berpengaruh pada besar kecilnya antusiasmu dalam memperjuangkannya. Terlebih lagi apabila hal tersebut memang merupakan impianmu, tentu energimu untuk berjuang akan semakin besar, kan?

4. Bagaimana respons orang sekitar, apakah mereka mendukungmu untuk memperjuangkannya?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Memutuskan untuk Berjuangunsplash.com/Yuri Levin

Faktor eksternal merupakan hal yang juga sangat berpengaruh pada proses yang akan dihadapi ketika berjuang nanti. Kenapa? Karena gak selamanya kamu akan punya semangat yang tinggi. Kadang kala proses yang terbilang sulit akan dengan sangat mudah membuat kamu putus asa. Maka, pada waktu itulah adanya dukungan dari orang sekitar menjadi sangat penting untuk bisa membantu membangkitkan semangatmu kembali.

5. Apa reward dan punishment yang akan kamu berikan pada dirimu setelah berjuang nanti?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Memutuskan untuk Berjuangunsplash.com/Priscilla Du Preez

Penghargaan dan hukuman adalah dua hal penting yang perlu ditentukan sebelum berjuang. Dalam artian, sejak awal kamu sudah harus tahu apa penghargaan yang akan kamu berikan pada dirimu ketika berhasil dan apa hukuman ketika seandainya kamu gagal.

Secara gak langsung hal tersebut bisa membuat kamu lebih keras dalam berjuang karena ada hadiah yang sudah menanti dan kamu juga gak akan dengan mudahnya memilih berhenti karena ada hukuman yang sudah menunggumu.

Ingatlah bahwa segala sesuatu perlu dipikirkan dan direncanakan dengan matang agar hasilnya nanti juga bisa sesuai harapan. Tetap jaga semangatmu, ya. Semoga perjuanganmu membuahkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih Mimpinya

Belinda Safitri Photo Writer Belinda Safitri

Perempuan biasa yang kadang lebih senang berbicara lewat aksara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya