Comscore Tracker

5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari Kegagalan

Sukses sudah di depan mata

Kegagalan seharusnya tidak membuat kamu mudah menyerah. Malah sebaliknya, kegagalan harus kamu hadapi dengan bersyukur dan selalu tersenyum. Kegagalan akan terus kamu alami tergantung bagaimana cara kamu menyikapinya. Dan sebaiknya, kamu harus mudah move on agar kegagalan dapat berlalu dengan mudah.

Nah, berikut ini akan ada ulasan mengenai 5 cara jitu agar kamu gampang move on dari kegagalan. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Jangan memendam perasaan

5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari KegagalanPexels/Pixabay

Pada umumnya orang akan sangat sulit untuk mengakui kegagalan yang ada di depan matanya. Tapi, sebenarnya kamu perlu untuk membiarkan diri merasakan kehilangan dan sedih yang bisa membantu mu meringankan penderitaan. Pastinya akan ada rasa kekecewaan dan kepahitan yang tidak akan hilang dengan cepat.

Namun, memberi kesempatan bagi diri sendiri untuk merasakan kegagalan tersebut akan mampu menguatkan karaktermu dan bisa membuatmu bangkit kembali dari keterpurukan.

2. Mengakui kesalahan dan memaafkan diri sendiri

5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari KegagalanPexels/bruce mars

Mengakui kesalahan itu memang menyakitkan, namun hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk mencegah kegagalan terjadi kembali. Pastikan terlebih dahulu bahwa cara berpikirmu telah jernih dalam melihat situasi yang kurang mengenakkan ini dan cobalah untuk pikirkan tentang apa yang salah dan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Bila perlu hubungi teman dengan perspektif yang berbeda yang dapat menunjukkan bahwa kegagalan adalah hal yang wajar dan nantinya kamu bisa belajar dari kegagalan dan pengalaman tersebut serta terus maju.

Sebelum kamu memutuskan untuk bergerak maju, ambil terlebih dahulu tanggung jawab atas apa yang telah terjadi dan memaafkan diri sendiri. Hal tersebut lah yang akan menjadi pelajaran paling berharga dari kegagalan yang kamu alami.

3. Temukan apa yang membuatmu senang

5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari KegagalanPexels/David Bartus

Terkadang kegagalan memang bisa membuatmu jatuh dalam tekanan stress dan berubah menjadi orang yang negatif. Selama masa-masa sulit tersebut, pikiran-pikiran yang bersifat positif dapat menangkal emosi negatif yang destruktif.

Dengan begitu, akan muncul emosi positif yang dapat memperluas cara pandang dan memungkinkanmu untuk bangkit kembali. Seperti melakukan hobi yang kamu sukai atau mengunjungi tempat-tempat yang membuatmu merasa senang, akan membuatmu lebih gampang move on dari yang namanya kegagalan.

Baca Juga: Biar Gak Depresi, Ini 5 Cara Meluapkan Amarah Saat Kegagalan Menimpamu

4. Motivasi diri untuk bangkit kembali

5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari KegagalanPexels/Just Name

Sangat disarankan saat kamu sedang mengerjakan sesuatu, ada baiknya menvisualisasikan proses menuju kesuksesan untuk mempercepat prosesnya. Sebab, orang-orang yang memiliki cara pandang maju ke depan tidak akan melihat kegagalan sebagai bagian dari pribadinya, melainkan sebagai cara untuk meningkatkan kemampuannya.

Sehingga, kamu akan semakin tahu bagaimana usahamu dalam mengubah nasib, maka akan semakin tangguh juga dirimu dalam menghadapi berbagai rintangan yang akan menghadangmu.

5. Cari kesempatan untuk memulai kembali

5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari KegagalanPexels/Jopwell

Dari kegagalan, kamu dapat belajar sesuatu dari kesalahan yang pernah kamu lakukan dan mencoba untuk membuat perubahan atau penyesuaian yang diperlukan hingga berhasil. Setiap perubahan yang kamu lakukan dan setiap orang yang kamu temui atau informasi yang diserap akan dapat menciptakan hasil yang berbeda.

Kamu memang tidak akan bisa menghentikan kesulitan untuk muncul dalam kehidupanmu, namun kamu bisa menanganinya kembali dengan menemukan peluang emas.

Nah, itu tadi 5 cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk dapat segera move on dari kegagalan. Ingat! bahwa kegagalan mungkin saja akan membuatmu jatuh, namun yang terpenting adalah kemampuanmu dalam bangkit kembali. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam Hidupmu

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya