Comscore Tracker

Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diri

Kamu juga bisa kok!

Pesimis merupakan sebuah hal yang pasti pernah dialami setiap orang. Rasa pesimis tersebut muncul karena kamu tidak percaya dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu cenderung merasa takut dan khawatir untuk.memulai sesuatu hal.

Rasa pemisis merupakan hal yang tidak.boleh untuk dipelihara. Hal ini hanya akan semain membuatmu terpuruk dan menghalangimu untuk melakukan sesuatu. Untuk itu rasa percaya diri perlu untuk kamu bangun agar setiap pesimisme dalam dirimu bisa kamu hempaskan jauh-jauh. Nah, berikut 5 hal yang perlu kamu pahami agar membangun rasa percaya dirimu.

1. Pahami bahwa mereka yang berhasil di luar sana juga pernah gagal

Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diriunsplash.com/Alexandru Zdrobău

Hal pertama yang perlu untuk kamu pahami adalah menanamkan dalam pikiranmu bahwa mereka yang berhasil di luar sana juga pernah mengalami kegagalan. Janganlah kamu terlalu terpaku pada hasil akhir jika nanti akan gagal, arahkanlah pikiranmu untuk terfokus pada proses.

Bangunlah rasa percaya diri untuk memulai langkahmu, karena akan sia-sia jika kamu terus mengumpulkan tekad namun tidak pernah ada niat untuk melangkah.

2. Pahami bahwa kamu bisa dan mampu melakukannya

Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diriunsplash.com/freestocks.org

Hal lain yang perlu kamu pahami adalah yakinilah bahwa kamu bisa untuk melakukan dan menyelesaikannya. Kamu mungkin punya kemampuan yang sama dengan mereka yang berhasil bahkan bisa jadi kemampuanmu jauh melebihi mereka.

Jadi, teruslah yakin bahwa kamu bisa menyelesaikannya. Jangan khawatir untuk gagal, karena gagal bukan hasil akhir dari setiap kerja kerasmu, namun kegagalan adalah awal bagimu untuk menggapai sukses.

Baca Juga: 7 Trik Psikologi yang Akan Membantumu Lebih Percaya Diri

3. Pahami setiap kelemahanmu dan belajar untuk melawannya

Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diriunsplash.com/Abo Ngalonkulu

Ketika kamu pesimis dan merasa tidak mampu karena memiliki sebuah kelemahan, maka kamu perlu untuk menghilangkan pikiran itu. Setiap orang pasti memiliki kelemahannya masing-masing.

Hanya sekarang semuanya tergantung dari caramu menyikapi masalah tersebut. Tentu kelemahan itu akan terus menghantui jika kamu hanya meratapinya. Jadi cobalah untuk tetap bangkit dan melawan segala kemelahan dalam dirimu.

4. Pahami bahwa kamu punya sesuatu yang berharga dalam dirimu

Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diriunsplash.com/Abo Ngalonkulu

Kamu pasti pernah merasa pesimis hanya karena merasa kamu tidak punya sesuatu apa-apa yang cukup untuk kamu banggakan. Kamu hanya terpusat dan terpaku untuk menilai dan terus melihat setiap kelebihan yang dimiliki orang lain.

Hal yang harus kamu pahami adalah jangan terlalu sering menilai kelebihan yang dimiliki orang lain. Pahamilah bahwa kamu juga dianugerahkan kemampuan yang sama, hanya saja kamu belum berani untuk mengembangkannya.

5. Pahami bahwa memelihara rasa takut hanya akan membuatmu semakin terpuruk

Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diriunsplash.com/Duncan Shaffer

Hal terakhir yang perlu untuk kamu pahami adalah memelihara rasa takut hanya akn membuatmu semakin terpuruk. Ubahlah rasa khawatirmu menjadi sebuah dorongan positif agar kamu tetap melangkah maju. Jangan peduli dengan setiap omongan orang yang menjatuhkan, cobalah bangun rasa bangga pada dirimu sendiri.

Nah, itulah 5 hal yang perlu untuk kamu pahami agar bisa membangun rasa percaya dirimu dan menghilangkan rasa pesimis. Tunggu apa lagi nih, yuk terapkan 5 hal ini agar hidupmu penuh dengan percaya diri dan optimis.

Baca Juga: Girls, 6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Supaya Lebih Percaya Diri

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 21:15:05

Progress: 763.838 dari 813.350 TPS (93.91258%)

Just For You