Comscore Tracker

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari 

Go away overthinking!

Mindfulness adalah praktik untuk menyadari apa yang terjadi pada diri sendiri dan sekitar pada saat ini. Mindfulness sangat cocok diterapkan untuk kamu yang selalu merasa overthinking atau yang susah move on dari masa lalu. Tujuan dari mindfulness sendiri adalah untuk menghadirkan kesadaran penuh akan saat ini atau being mindful of the present.

Dengan menyadari saat ini, kamu akan lebih fokus dan lebih menikmati semua momen yang terjadi dalam hidup. sehingga kamu akan lebih bisa menghargai hidup. Sebab, sejatinya setiap detik dalam kehidupan tidak akan pernah terulang. Yuk, ketahui manfaat dari menerapkan mindfulness berikut ini.

1. Kesadaran akan saat ini

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari ilustrasi menikmati musim gugur (pexels.com/Andrea)

Mindfulness akan membantumu untuk memiliki kesadaran penuh akan saat ini. Ini sangat penting karena kualitas hidup berada dalam kualitas penghayatan kamu pada hari ini.

Dengan kesadaran saat ini, kamu akan menyadari hal-hal indah, seperti cuaca yang cerah, langit biru, atau angin sepoi-sepoi. Hal-hal tadi mungkin saja sangat sering kamu lewatkan akibat memikirkan banyak hal lain diluar saat ini.

Begitu pun dengan momen-momen lain kehidupan. Saat bersama teman, pasangan, orangtua, serta orang-orang terkasih, tidak akan bisa dinikmati sepenuhnya, jika pikiranmu terlalu sibuk dengan masa depan atau tertinggal di masa lalu. Nah, dengan menerapkan mindfulness, kamu akan menjalani hari-hari dengan penuh tanggung jawab nyata dan kesadaran yang baik.

2. Membuka jendela hati

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari ilustrasi tersenyum (pexels.com/William Choquette)

Ketika membuka jendela hati dan fokus pada kesadaran hari ini, kamu akan menyadari hal-hal di sekeliling yang tidak disadari sebelumnya. Di perjalanan, misalnya, bisa jadi kamu melewatkan pemandangan-pemandangan indah. Pemandangan-pemandangan tersebut tak kamu sadari karena terlalu fokus pada pemikiran-pemikiran masa lalu atau masa depan yang kamu khawatirkan.

Lebih jauh, bisa jadi kamu melewatkan perjalanan hidupmu dengan sia-sia. Untuk bisa merasakan kesadaran akan hari ini, awali dulu dengan kemauan untuk membuka jendela hati. Kamu juga harus menyadari, bahwa yang berharga adalah saat ini, realitas yang kamu hadapi sekarang. 

Baca Juga: 5 Kunci Mendapatkan Mindfulness yang Sehat, Gak Gampang Stres 

3. Ingatan yang baik

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari ilustrasi pertemanan (pexels.com/William Fortunato)

Mindfulness membantu kamu memiliki ingatan yang baik. Ingatan tersebut berkaitan dengan segala hal tentang diri, kebahagiaan dan kehidupan, serta hal-hal yang berharga dalam hidupmu.

Dengan ingatan yang baik, kamu akan menjalani kehidupan dengan lebih baik pula. Sebab, kamu dapat menghargai hidup dan senantiasa selalu waspada.

Dengan menerapkan mindfulness, kamu memiliki kesempatan untuk terus menerus mengumpulkan kembali setiap pengalaman yang berharga. Tekun mengingat hal-hal yang esensial dan fokus pada nilai-nilai yang perlu kamu pegang akan menyemangatimu setiap langkah di mana pun kamu berada.

4. Hidup dalam keseimbangan

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari ilustrasi meditasi (unsplash.com/Darius Bashar)

Tujuan lain dari diterapkannya mindfulness adalah diperolehnya keseimbangan hidup. Dalam hidup yang seimbang kamu akan menemukan ketenangan. Ketenangan tersebut bisa dimunculkan dengan rutin menerapkan mindfulness.

Manusia diliputi oleh emosi dan logika yang mempengaruhi tindakanmu. Ketika yang satu terlalu mendominasi dan meminggirkan yang lainnya, maka akan menimbulkan akibat yang tidak baik pada keputusanmu.

Di situlah letak keseimbangan diperlukan. Mindfulness berfungsi membantumu berkonsentrasi dan mengetahui serta menimbang keadaanmu dalam membuat sebuah tindakan.

5. Memberi respon yang proporsional

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari ilustrasi merenung (pexels.com/Keegan Houser)

Sebagai makhluk sosial yang perlu menjalin hubungan, manusia dibekali dengan kecerdasan emosional. Mindfulness punya peran besar untuk menajamkan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk menalar gejala-gejala perasaan untuk menakar reaksi atau respon yang paling tepat.

Mindfulness akan membantu kamu mengerti respons yang paling tepat. Hal itu juga dapat membantumu menjaga ketenangan untuk tidak memberikan respon yang tergesa-gesa. 

Setiap proses kehidupan itu penting. Jangan sampai kamu melewatkannya karena pikiran sibuk memikirkan hal-hal lain. Yuk, mulai terapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Prinsip Kehidupan yang Harus Dipegang, biar Hidup Lebih Mindfulness!

Iis Muslimah Photo Writer Iis Muslimah

Hey, enjoy :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya