Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Cara Atasi Dilema Ibu Rumah Tangga Vs Wanita Karier

Sejatinya, perempuan itu multiperan! #IWF2020

Indonesia Writers Festival kembali lagi dengan mendatangkan narasumber handal dibidangnya. Meskipun diadakan secara virtual, IWF memberikan penampilan terbaik untuk memberikan pembelajaran bagi setiap orang yang ingin menjadi penulis.

Salah satu dari sekian banyak pembicara andal yang didatangkan adalah Kalis Mardiasih dan Ligwina Hananto, perempuan berhijab juga turut berperan memberikan materi dalam sesi "Perempuan dalam Kata-kata" pada Selasa, (22/9/2020). 

Ibu rumah tangga atau wanita karier merupakan dua hal yang tidak seharusnya diperdebatkan. Setiap manusia berhak menentukan bagaimana ia hidup, sehingga perempuan yang juga "manusia" berhak atas hidupnya dan masa depannya sendiri. Tanpa memandang gender, baik perempuan dan laki-laki bebas menggapai mimpinya, demikian ringkasan singkat dari Ligwina Hananto dan Kalis Mardiasih.

Sejatinya, perempuan itu multiperan sehingga apapun pekerjaannya perempuan bisa mengerjakannya. Masih tetap dilema? Yuk, atasi dengan 5 cara ini. 

1. Ingat! Wanita karier itu hak sekaligus kemandirian secara ekonomi

IWF 2020: 5 Cara Atasi Dilema Ibu Rumah Tangga Vs Wanita KarierCareerbeez.com

World Health Organization (WHO) secara global menemukan bahwa perempuan sering mengalami kekerasan rumah tangga. Alasan utama perempuan mengalami KDRT adalah ketidakmadirian secara ekonomi. Jika ditelusuri lebih lanjut, ketidakmandirian perempuan secara ekonomi juga berhubungan dengan batasan-batasan dari suami bahkan keluarga besar.

Lalu apa masalahnya jadi wanita karier? Jika perempuan memutuskan menjadi wanita karier berarti ia sadar bahwa suami yang bekerja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bukan berarti wanita karier mencoba mendominasi, di dalam keluarga. “Keluarga kami miskin, jadi aku perlu bekerja,” ungkap Kalis Mardiasih yang secara gamblang menegaskan bahwa ia juga harus bekerja. 

Yup, Kalis Mardiasih menekankan bahwa jika kamu menyadari bahwa keluarga yang sedang dibangun bersama pasangan kira-kira tidak mencukupi kebutuhan, perempuan bekerja bisa menjadi pilihan tepat.

2. Abaikan pertanyaan “Kalau ibu bekerja siapa yang ngurus rumah dan anak?”

IWF 2020: 5 Cara Atasi Dilema Ibu Rumah Tangga Vs Wanita KarierBubhub.com.au

Sewajarnya, jika suami istri saling mengasihi harus siap sama-sama mengurus rumah dan anak. Pekerjaan rumah itu bisa juga dilakukan suami. Orang yang menganggap suami tidak bisa mengurus rumah, itu adalah pola pikir patriarki yang tidak bisa mematahkan belenggu stigma yang sudah mendarah daging bagi perempuan. Artinya, jika suami masih tidak bisa membantu mengerjakan pekerjaan domestik, ia tidak bisa melindungi istrinya selamanya. 

Jika sesama suami istri tidak bisa menjadi pelindung, teman berdiskusi, saling membantu hingga menjadi teman hidup yang sama-sama mengisi kekurangan maka kamu wajib pertanyakan, pernikahan itu berdasarkan kasih sayang atau hanya tuntutan orang tua yang mengatakan “harus menikah”.

Rumah tangga yang baik adalah istri dan seisi rumahnya, mampu menjadi pelindung tanpa memandang gender dan membatas-batasi kemampuan.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Alasan Baca Novel "Rahasia Soeratmi" Karya Wisnu S. Adji

3. Ingin menjadi ibu rumah tangga saja? Gak salah kok, pekerjaan ini termasuk pekerjaan paling mulia 

IWF 2020: 5 Cara Atasi Dilema Ibu Rumah Tangga Vs Wanita KarierDailytimes.com.pk

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga secara full time, pastikan kamu mengambil keputusan itu berdasarkan mimpimu tanpa ada paksaan apalagi berbau anggapan gender. Karena hal ini menyangkut masa depan keluarga, pastikan juga kamu bahagia melakukan pekerjaan ibu rumah tangga yang mulia ini.

Kenapa pekerjaan ibu rumah tangga menjadi pekerjaan paling mulia? Alasannya cuma satu, yaitu ibu bekerja mulai dari A-Z (mulai mengurus anak hingga melakukan pekerjaan domestik) dari pagi hingga malam tanpa memikirkan gaji, atau asuransi hidup. Asuransi seorang ibu rumah tangga, ya kasih sayang dari suami dan anak dan perlindungan dari suami.

Ketika perempuan memutuskan menjadi ibu rumah tangga, maka laki-laki juga harus siap menerima bahwa perempuan yang dipilih tidak menghasilkan uang dengan memberikan kasih sayang yang penuh tanpa memaksa.

4. Menjadi ibu rumah tangga tapi tetap ingin menghasilkan uang? Ini dia solusi jitunya 

IWF 2020: 5 Cara Atasi Dilema Ibu Rumah Tangga Vs Wanita KarierExpress.co.uk

Ligwina Hananto secara tegas mengatakan bahwa, ibu rumah tangga juga dapat bekerja sehingga bisa mandiri secara ekonomi. Kembali ingat, bahwa perempuan itu seyogyanya multiperan. Ketika perempuan jago masak, ia bisa menggunakan kesempatan untuk berbisnis makanan. Guys, zaman ini sudah berkembang dengan kamampuan digital yang pesat, seorang ibu rumah tangga yang melakukan bisnis makanan bisa menggunakan sosial media atau platform lainnya untuk promosi bahkan menjadi tempat berjualan.

Pilih pekerjaan sampingan sesuai bakat dan talentamu, dengan demikian kamu akan mengerjakannya dengan setulus hati dan mencapai kesuksesan dalam mengurus rumah tangga sekaligus menghasilkan uang.

“Pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan perempuan adalah menulis, bisnis kuliner, bisnis online yang kian semakin marak, penjahit hingga menjadi ilustrator,” kata Ligwina Hananto.

5. The last but not least, atur waktu sebaik mungkin bila perlu catat di agenda kerjamu  

IWF 2020: 5 Cara Atasi Dilema Ibu Rumah Tangga Vs Wanita KarierEntrepreneur.com

Tak bisa dimungkiri, masalah utama ketika perempuan melakukan pekerjaan rumah tangga juga menjadi wanita karier adalah waktu. Wanita karier yang memiliki jam terbang padat, bisa menjadi bahan masalah dalam rumah tangga. Tuntutan seperti kasih sayang kepada anak, akan terasa berat dan menjadi beban bagi seorang perempuan apalagi suami juga bekerja.

Jika kamu memilih menjadi wanita karier, ingat kamu juga memiliki keluarga yang harus diperhatikan dan perlu diberikan didikan kasih sayang terutama kepada anak dan hubungan dengan suami. Pastikan, pekerjaan yang kamu lakukan saat menjadi wanita karier terjadwal secara rinci dan sisa waktu yang tidak terpakai pada pekerjaan bisa digunakan untuk quality time bersama keluarga. Eits, ingat ya wekeend usahakan bersama keluarga.

Nah, untuk kamu yang memilih menjadi ibu rumah tangga tapi tetap menghasilkan uang juga harus tetap atur waktu sebaik mungkin. Misalnya, dari pukul 06.00 - 07.00 WIB menyiapkan makanan untuk keluarga. Mulai pukul 08.00 - 11.00 berangkatkan anak ke sekolah dan suami kerja. Kemudian sisanya, dari pukul 12.00 - 17.00 kamu bisa istrahat dan melakukan bisnis sampingan. lakukan secara teratur gingga pada akhirnya, pekerjaan yang kamu lakukan tidak terbengkalai bahkan keteter. 

Nah, itulah lima cara atasi dilema kamu ketika ditanya wanita karier atau menjadi ibu rumah tangga. Ingat ya, kedua pekerjaan ini bukan pilihan yang akhirnya membatasi perempuan. Perempuan itu multiperan, memiliki hak untuk melakukan pekerjaan sesuai bakat tanpa ada anggapan gender.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruan setiap sesinya di IDN Times!

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Berpendapat di Twitter ala Kalis dan Ligwina

Cahaya Padang Photo Verified Writer Cahaya Padang

We have only today, Let us begin! | Penulis konten di situs blog lapakkorea.com| https://www.linkedin.com/in/cahaya-padang-45152a1b1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya