Comscore Tracker

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Hancurkan Rasa Percaya Diri

Ayo, segera berubah!

Tingkat kepercayaan diri setiap orang berbeda-beda, ada yang lahir dengan tingkat percaya diri yang tinggi, tapi di sisi berbeda, ada pula orang-orang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Apapun itu, belajarlah untuk menghargai setiap proses hidupmu.

Ada banyak faktor yang berpengaruh dalam pembentukan rasa percaya diri. Bisa jadi itu berasal dari luar, seperti perkataan orang dan seberapa toksik pergaulan kita. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk kebiasaan hidup kita berpengaruh pada rasa percaya diri. Beberapa kebiasaan buruk yang terkadang disepelekan, justru dapat memberi dampak negatif terhadap rasa percaya diri, lho!

Penasaran apa saja kebiasaan buruk itu? Yuk, simak artikelnya!

1. Terlalu sering mengkhawatirkan pandangan orang lain terhadap dirimu 

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Hancurkan Rasa Percaya DiriIlustrasi perempuan (Pexels.com/Kindel Media)

Tiap orang pasti ingin dinilai baik dan dihormati sesamanya, entah itu di sekolah, tempat kerja, atau bahkan dalam lingkaran pertemanan. Akan tetapi, bila kamu terlalu mendewakan penilaian orang lain terhadapmu lebih di atas opinimu pribadi, kamu sama saja dengan memberi kontrol pada mereka untuk mengatur tingkat percaya dirimu.

Perlahan-lahan, setiap ucapan, tindakan, bahkan keputusanmu hanya akan berdasar pada kemauan orang. Kamu mengabaikan dirimu sendiri demi menyenangkan orang lain. Pertanyaannya, apa kamu akan bahagia dengan melakukan semua itu?

2. Menuntut diri untuk selalu sempurna 

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Hancurkan Rasa Percaya DiriIlustrasi perempuan (pexels.com/cottonbro)

Perfeksionis memang salah satu sifat negatif berkedok manis. Kamu tergila-gila mengejar kesempurnaan, sampai tidak menyadari bahwa manusia tak ada yang sempurna. Tidak apa-apa untuk jatuh dan gagal, tidak apa-apa untuk tersesat dan melakukan kesalahan. Terkadang dalam hidup, kamu perlu jatuh untuk tahu cara kembali bangkit. Terkadang kamu perlu tersesat untuk tahu jalan pulang yang benar.

Si perfeksionis menganggap sebaliknya. Mereka menaruh beban dan tuntutan yang besar pada diri sendiri untuk mencapai kesempurnaan. Segala sesuatu selain sempurna ialah kegagalan. Sikap ini berpengaruh buruk pada self esteem-mu, membuatmu menciptakan berbagai tujuan tak realistis. Dan ketika kamu gagal, kamu menganggap dirimu tidak berguna.

3. Selalu berpikir negatif 

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Hancurkan Rasa Percaya DiriIlustrasi perempuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan yang satu ini memang seringkali menjadi ‘penyakit’ kronis dalam hidup manusia. Berpikir bahwa diri sendiri tak berharga, tak cukup baik, kurang kompeten, dan lain-lain. Tanpa disadari, kamu merusak rasa percaya dirimu sendiri.

Setidaknya, gantilah kalimat tersebut dengan berbagai pujian positif. Ingat, dirimu ialah apa yang kamu pikirkan. Alih-alih terus mengritik diri sendiri, sesekali cobalah untuk memuji dengan berkata, “Aku pasti bisa.”, atau, “Aku dicintai, aku berharga, aku layak untuk mendapatkannya”.

Walau sederhana, kalimat tersebut dapat memperkuat pola pikir yang positif dan membangkitkan rasa percaya dirimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Sahabat Malas untuk Percaya Padamu

4. Hidup dalam media sosial

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Hancurkan Rasa Percaya DiriIlustrasi perempuan (Pexels.com/mikoto.raw)

Dalam media sosial kamu menemukan banyak hal baik terjadi di hidup orang: pekerjaan sempurna, pasangan romantis yang hidup bahagia, lulus tes masuk perguruan tinggi ternama. Tampaknya seolah hidup orang lain begitu sempurna tanpa cacat cela. Sementara hidupmu stagnan di titik yang sama.

Saat itulah kamu mulai membandingkan dirimu dengan orang lain. Ini tentu menghambat pertumbuhan kepercayaan dirimu. Perlu diingat bahwa satu foto yang diunggah di media sosial merupakan satu bagian kecil dari hidup seseorang. Kamu tidak bisa menarik kesimpulan hanya berdasarkan feed media sosial mereka.

5. Hobi menyalahkan orang lain 

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Hancurkan Rasa Percaya DiriIlustrasi perempuan bertengkar dengan laki-laki (Pexels.com/RODNAE Production)

Saat berada dalam situasi yang tidak mengenakkan, apa yang akan kamu lakukan? Berusaha untuk menghadapinya atau justru, melimpahkan rasa kesalmu dengan menyalahkan orang? Ini bisa merusak self esteem-mu. Sifat menyalahkan orang adalah salah satu cara membela diri dimana alih-alih menerima situasi di hidupnya, ia malah memilih untuk menyalahkan orang.

Mulai sekarang, cobalah untuk memiliki kendali yang baik atas hidupmu sendiri. Dengan demikian, kamu juga akan belajar untuk membangun rasa percaya dirimu selangkah demi selangkah, sekaligus membentuk pandangan yang benar tentang kemampuanmu.

Itulah kelima kebiasaan sepele yang dapat merusak rasa percaya diri seseorang. Ingatlah bahwa kepercayaan diri merupakan hal yang penting, jangan sampai sikapmu sehari-hari menjadi batu sandungan untuk dirimu sendiri. Yuk, mulai saat ini usir emosi negatif dan kembangkan rasa percaya diri. Semangat!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmu

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya