Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmu

Perhatikan jangan sampai nanti menyesal sendiri

Untuk menjalin hubungan dengan orang lain, kita harus bisa saling menaruh kepercayaan. Entah kepercayaan terhadap perilaku, perbuatan, bahkan pada omongan. Namun, bagaimana jadinya kalau orang lain hilang kepercayaan terhadap omonganmu?

Tentu itu bisa membuat kita jadi rugi sendiri dan menghambat hidupmu sehari-hari. Mungkin gak banyak yang sadar, ini lima hal yang membuat orang lain jadi hilang percaya terhadap omonganmu. 

1. Kamu suka berbohong

5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmuwanita suka berbohong (pexels.com/@Kat Jayne)

Udah bisa ditebak, kalau kamu hobi berbohong orang lain bakal sulit percaya padamu, bahkan bisa membuatnya hilang respek. Kebohongan entah itu hal kecil janganlah kamu biarkan, sebab jika kamu terus berbohong bisa menjadi sebuah kebiasaan baru yang sulit untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, biasakan untuk hidup jujur, sebab dengan kejujuran bisa membuat orang lain percaya dan menghargaimu. So, jangan biarkan kehidupanmu dipenuhi kebohongan ya! 

2. Terlalu banyak bicara namun sedikit bertindak

5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmuilustrasi pasangan sedang marah (pexels.com/@mart production

Hal selanjutnya yang membuat orang lain hilang kepercayaan terhadapmu, yaitu terlalu banyak bicara namun sedikit bertindak. Kamu suka ngomong ini itu, gembar-gembor sana sini, suka membanggakan diri sendiri, namun berbicara tindakan sayangnya zonk.

Apa pun itu kalau kamu cuma banyak bicara namun sedikit aksi, bisa membuat orang lain jadi hilang percaya terhadapmu. So, perilaku itu penting jangan cuma jago ngomong doang.

Baca Juga: 5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan Orang

3. Omongan yang gak bisa dipegang

5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmuilustrasi pria suka berbohong (Pexels.com/Dima Valkov)

Hal selanjutnya yaitu omonganmu yang gak bisa dipegang. Kamu bilangnya apa tapi faktanya apa, suka membual kalau berbicara, dan gak bisa dipegang apa yang kamu katakan. Maka hati-hatilah dalam mengutarakan sesuatu, sebab apa yang kita omongankan harus bisa dipertanggung jawabkan.

Kalau kamu suka gak konsisten dalam omongan, bisa membuat orang lain jadi meragukan setiap hal yang keluar dari mulutmu. Jadi, jangan hilangkan kepercayaan mereka, ya! 

4. Suka menyebarkan aib atau rahasia orang lain

5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmusedang bergosip (pexels.com/@Keira Burton)

Bagaimana orang lain bisa percaya perkataanmu, kalau hobimu saja suka membicarakan aib atau rahasia orang lain. Kalau teman sedang curhat tentang rahasianya kamu sebar-sebarkan, suka ngefitnah pada hal yang belum tahu kebenarannya seperti apa, dan suka nyebar keburukan orang. Kalau kamu seperti itu, orang lain bakal berpikir ulang untuk cerita ke kamu, karena takut keburukannya akan kamu bongkar.

5. Tidak konsisten dalam berbicara

5 Hal yang Membuat Orang Lain Gak Percaya terhadap Omonganmuwanita sedang ngobrol (pexels.com/@Alexander Suhorucov )

Hal yang membuat orang lain hilang kepercayaan terhadap omonganmu terakhir yaitu, kamu tidak konsisten dalam berbicara. Hari ini kamu bilang apa namun besoknya bilang apa, sudah berjanji namun jarang menepati, dan cuma bisa koar-koar doang.

Omongan yang gak bisa dipegang inilah yang membuat orang lain jadi meragukan setiap yang kamu ucapkan. Oleh karena itu, jadilah orang yang bisa konsisten dalam berbicara, ya! 

 

Itulah 5 hal yang tanpa sadar membuat orang lain jadi hilang kepercayaan terhadap omonganmu. Maka dari itu hati-hati dalam berbicara, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di Kantor

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya