Comscore Tracker

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat Dipercaya

Atau justru kamulah orangnya?

Kepercayaan merupakan salah satu hal langka yang tak dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan setelah bertahun-tahun menjalin relasi dengan orang lain, itu tak berarti orang tersebut layak mendapat kepercayaan kita. Lama tidaknya mengenal seseorang tidak dapat menjadi standar ukur yang tepat apakah orang tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Oleh karena itu, jangan sembarangan membeberkan rahasia pada orang lain. Kamu tentu tak ingin terluka, bukan?

Inilah 6 tanda seseorang tak dapat dipercaya.

1. Mereka pernah membeberkan rahasiamu di masa lalu 

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat Dipercayaunsplash.com/Mimi Thian

Sebelum kamu benar-benar meletakkan kepercayaanmu pada seseorang, coba ingat-ingat kembali cara mereka berperilaku di masa lalu. Apa mereka pernah menyebarkan rahasiamu bahkan setelah berjanji untuk tidak mengatakan pada siapa pun? Seseorang yang suka ‘ember’ dan membeberkan rahasia orang lain rentan untuk melakukannya lagi di waktu yang akan datang.

2. Perkataan dan tindakan mereka sering bertolak belakang 

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat Dipercayapexels.com/Polina Zimmerman

Dalam berelasi, penting bagi kita untuk memiliki kontrol diri agar apa yang kita katakan selaras dengan perbuatan kita. Apabila kamu menemukan salah satu dari temanmu suka berkata hal positif, sok menasihati orang lain tetapi di realita perbuatan mereka jauh dari pada itu, maka ia bukan orang yang dapat dipercayai.

Sikap demikian menunjukkan bahwa temanmu merupakan orang yang bermuka dua, bisa jadi apa yang ia katakan di depanmu dengan yang dilakukannya kelak bertolak belakang.

Baca Juga: Gak Dipercaya Orang, Inilah 5 Akibatnya Kalau Kamu Suka Banget Bohong

3. Mereka mudah merasa cemburu dan iri hati 

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat Dipercayapeexels.com/Polina Zimmerman

Rasa cemburu yang berlebih dapat memanipulasi manusia untuk melakukan tindakan di luar kepala. Ini bisa menjadi dorongan bagi mereka untuk menusukmu dari belakang. Jadi sebelum memutuskan untuk mempercayakan suatu rahasia besar pada seseorang, coba kenali dia baik-baik, apa orang itu merupakan sosok pencemburu atau tidak.

4. Hobi bergosip 

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat Dipercayapexels.com/TOPHEE MARQUEZ

Sebelum kamu memutuskan untuk mempercayakan sebuah rahasia pada teman-temanmu, perhatikanlah sikap dan kelakuan mereka saat bergaul engan orang lain. Apa mereka adalah orang yang hobi mengungkit kekurangan orang? Ataukah mereka sering mengada-ada sebuah topik pembicaraan—yang bahkan masih abu-abu kebenarannya—hanya untuk menuai atensi orang?

Kedua tipe orang di atas tentu bukan orang yang dapat dipercaya. Hati-hati sebelum curhat atau menceritakan masalahmu pada orang lain. Kamu pasti tak ingin rahasiamu menyebar, bukan?

5. Tidak bisa menjaga komitmen 

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat DipercayaPexels.com/ Andrea Piacquadio

Dari hal-hal kecil saja, kamu sudah dapat menilai apa seseorang pantas mendapat kepercayaanmu atau tidak. Seseorang yang dapat dipercaya memiliki pribadi yang dewasa, kontrol diri yang baik, dan mampu menjaga komitmen dengan diri sendiri. Apabila dia hanya suka membual tentang hal-hal besar tanpa pernah benar-benar melakukannya, maka terbukti, ia bukanlah orang yang dapat dipercaya.

6. Tidak punya pendirian 

Jangan Sampai Terkecoh! Ini 6 Tanda Seseorang Tak Dapat Dipercayapexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang tidak punya pendirian cenderung mengikuti keputusan banyak orang. Ini disebabkan karena ia tidak mengenal dirinya sendiri dengan baik, tidak paham betul prinsip hidupnya sehingga apa yang dilakukan hanya untuk menyenangkan hati orang. Hati-hati, guys. Bisa jadi hari ini ia berada di sisimu, tetapi esok dan lusa, siapa tahu?

Itulah keenam tanda yang menunjukkan bahwa seseorang tak dapat dipercaya. Jangan terpengaruh oleh tampilan fisik dan ucapan manisnya ya, guys. Ketahuilah bahwa orang-orang yang tak dapat dipercaya justru lebih sering memanipulasi diri mereka agar tampak baik di depan orang lain. Maka dari itu, jangan sampai terkecoh, ya!

Baca Juga: Meski Dibebaskan, Ini 5 Tandanya kalau Pasanganmu Benar-benar Setia

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya