Comscore Tracker

Sering Ragu? 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Tak Mempercayai Diri Sendiri

#ANGPOIN Buat kamu sulit bahagia!

Kepercayaan merupakan sebuah hal penting untuk membangun relasi yang kukuh bersama seseorang, tak terkecuali diri sendiri. Namun terkadang, beberapa peristiwa dalam hidup membuat kita perlahan kehilangan kepercayaan dengan diri sendiri. Bila dibiarkan terus menerus, ini bisa berdampak buruk pada self-esteem-mu.

Akan sulit bagimu untuk merasa bahagia dan santai tanpa dihantui oleh kekhawatiran. Karena itu, penting mengenali tanda ketika kamu tak percaya dengan diri sendiri. Yuk, simak artikelnya!

1. Sulit membuat keputusan 

Sering Ragu? 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Tak Mempercayai Diri Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Apa kamu sering merasa kesulitan untuk mengambil keputusan, bahkan untuk pilihan sederhana sekalipun? Kamu menghabiskan begitu banyak waktu untuk menimbang-nimbang seluruh opsi, berulang kali merasa bimbang dan tidak percaya dengan pilihanmu sendiri.

Sikap seperti ini menunjukkan bahwa kamu tidak sepenuhnya percaya dengan diri sendiri. Kamu dihantui rasa takut bahwa keputusanmu akan membawa pada kegagalan. Padahal, kita juga tidak akan tahu sebelum mencoba. Jangan membatasi diri dengan begitu banyak kekhawatiran.

2. Terlalu sering memikirkan hal yang gak perlu 

Sering Ragu? 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Tak Mempercayai Diri Sendiripexels.com/cottonbro

Tidak adanya rasa percaya dengan diri sendiri membuatmu sulit untuk berdiri teguh di atas opinimu. Terkadang kamu dipenuhi rasa khawatir, terkadang pula kamu dipenuhi rasa menyesal setelah membuat sebuah keputusan. Kamu merasa semua yang kamu lakukan salah dan hanya akan berujung pada kegagalan.

Akibatnya, kamu mulai membuang waktu untuk memikirkan banyak hal yang gak perlu. Rasanya seolah ada suara dalam diri yang berkata bahwa pilihanmu keliru, dan semua itu menghambat langkahmu untuk maju.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! 

3. Kamu tidak bisa berdiri teguh di atas opinimu sendiri

Sering Ragu? 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Tak Mempercayai Diri SendiriPexels.com/Kindel Media

Ada kalanya kita harus belajar dari orang lain, tetapi ada kalanya juga kita harus bisa berdiri teguh di atas pendirian kita pribadi. Penting untuk mendengar dan melihat dari sudut pandang orang lain, tapi ingatlah bahwa hidupmu tidak dikontrol oleh keputusan siapa pun selain diri sendiri. Namun, orang yang tak percaya diri akan mudah teralihkan opininya oleh orang lain.

Ia tidak berani memiliki pendirian, prinsip, atau keinginan pribadi. Ia merasa apa yang orang lain katakan adalah hal yang paling benar. Sikap seperti ini bisa memimpin pada people-pleasing dan membuatmu mudah tertekan.

4. Tidak memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya 

Sering Ragu? 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Tak Mempercayai Diri SendiriPexels.com/Engin Akyurt

Meski saat berkumpul dengan teman-teman dekat, kamu terlalu takut untuk mengatakan pendapatmu apa adanya. Kamu merasa takut dihakimi atau dianggap rendah oleh orang lain saat benar-benar mengatakan kalimatmu. Ini salah satu bentuk ketidakpercayaan diri yang bermanifestasi menjadi sikap diam.

Terlebih, bila opinimu kontras dengan pernyataan teman-temanmu yang lain, kamu langsung memilih untuk diam. Padahal, belum tentu orang lain akan menghakimi pendapatmu yang berbeda. Namun nyatanya, kamu terlalu takut untuk mencoba.

5. Kamu selalu memandang rendah pencapaianmu sendiri

Sering Ragu? 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Tak Mempercayai Diri SendiriPexels.com/Andrew Neel

Apa definisi ‘sukses’ bagimu? Apa saat kamu mendapat nilai bagus, kaya raya, atau memenangkan lomba bergengsi? Semua prestasi yang dilalui dengan kerja keras dan kejujuran adalah baik dan patut diapresiasi.

Namun, orang yang tidak percaya diri akan memandang rendah seluruh prestasinya. Ia kesulitan menemukan kualitas terbaik dalam dirinya dan selalu merasa sebagai orang terburuk. Saat orang lain memujimu, kamu merasa malu dan tak layak menerima pujian itu. Lantas, sampai kapan kamu akan puas dengan pencapaian diri sendiri?

Itulah kelima tanda kamu tidak memiliki rasa percaya yang kuat dengan diri sendiri. Ingat Guys, pandangan kita terhadap diri sendiri penting dan sangat mempengaruhi kehidupan kita kelak. Oleh karena itu, yuk bangun kedekatan yang intim dan rasa percaya kuat pada diri sendiri. Semangat!

Baca Juga: 5 Cara Simpel Biar Bisa Jadi Cewek Bahagia dan Percaya Diri, No Ribet!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya