Comscore Tracker

5 Trik Menyelesaikan Novel yang Tak Kunjung Selesai, Coba Yuk!

Selesaikan novelmu sekarang juga

Menulis novel merupakan hal yang menyenangkan. Namun, banyak dari mereka yang mengalami kebingungan di pertengahan proses tersebut. Entah itu kehilangan ide, atau bahkan kelelahan dalam melanjutkan.

Sebenarnya, ini bukan masalah yang tidak terselesaikan. Ada banyak solusi yang bisa dipraktekkan, namun tak semua dari mereka bisa dengan mudah menjalankannya. Daripada bingung, lebih baik coba terapkan lima tips berikut!

1. Meninggalkan tulisan dan mencari referensi

5 Trik Menyelesaikan Novel yang Tak Kunjung Selesai, Coba Yuk!ilustrasi tidak percaya diri (unsplash.com/J Taubitz)

Memperbanyak membaca buku referensi baik fiksi ataupun nonfiksi juga bisa jadi solusi. Terkadang, meninggalkan tulisan kita lebih dahulu untuk mencari lebih banyak referensi juga perlu. Setelah ide mulai kembali bermunculan, barulah kita melanjutkan tulisan novel tersebut.

Ada banyak buku bacaan yang bisa kamu jadikan referensi. Mulai dari buku fisik, atau bahkan buku secara digital. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan bacaan yang kamu mau.

2. Istirahat sejenak untuk menenangkan diri

5 Trik Menyelesaikan Novel yang Tak Kunjung Selesai, Coba Yuk!ilustrasi hubungan persahabatan (unsplash.com/Sam Manns)

Ide yang tiba tiba habis atau bahkan kehilangan cara melanjutkan tulisan, bisa jadi karena kamu terlalu lelah. Setiap orang pasti punya tenaga yang akan berkurang. Kamu bisa mengambil jeda sejenak dalam menulis. Entah itu pergi jalan-jalan atau bahkan tidur yang cukup. 

Mengonsumsi makanan yang bergizi juga sangat disarankan. Hal ini akan membantu kamu dalam berpikir lebih jernih lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengimbangi dengan olahraga dan berkunjung ke tempat yang membuatmu lebih tenang untuk relaksasi.

3. Meminta saran dari beberapa orang

5 Trik Menyelesaikan Novel yang Tak Kunjung Selesai, Coba Yuk!ilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Helena Lopes)

Saat menulis, kamu juga butuh seorang teman untuk diajak berbincang dan berkomunikasi dalam membantu mengembangkan riset. Misalnya saja seperti bercerita, atau bahkan meminta kritik saran kepada mereka yang kamu percaya. Maka dari itu, carilah yang sekiranya kamu cocok dengannya.

Semakin banyak kamu berkonsultasi dengannya, maka semakin baik pula tulisan kamu nantinya. Jangan pernah takut jika mereka akan memberi banyak kritik, terima saja mereka dan jadikan sebagai motivasi untuk memperbaiki tulisan.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!

4. Kumpulkan ide baru supaya jalan cerita lebih bermutu

5 Trik Menyelesaikan Novel yang Tak Kunjung Selesai, Coba Yuk!ilustrasi membuat list (pexels.com/armin-rimoldi)

Beberapa tulisan bisa terhenti karena kekurangan ide. Banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula. Meskipun begitu, kamu masih bisa mengumpulkan ide lain supaya bisa menjadi lebih baik. Ide bisa kamu dapat dari beragam sumber. 

Cobalah mulai mengumpulkan ide dari hal terdekat dan sederhana. Kemudian rangkai menjadi satu kesatuan ide yang kompleks. Setelah ide yang didapat sudah cukup banyak, baru kemudian lanjutkan tulisan yang belum terselesaikan.

5. Membaca ulang tulisan untuk melakukan pembenahan

5 Trik Menyelesaikan Novel yang Tak Kunjung Selesai, Coba Yuk!ilustrasi membaca cerita (pexels.com/Erika Cristina)

Cara ini cukup ampuh jika kamu masih belum menemukan titik temu. Bagaimanapun juga, setiap penulis harus mencintai apa yang telah dibuatnya. Sembari membaca ulang tulisan, kamu juga bisa sambil merevisinya.

Nah, biasanya kamu akan menemukan banyak plot hole yang bisa jadi membuatmu semakin paham dengan tulisan sebelumnya. Perbaiki terlebih dahulu sambil membaca ulang tulisan tersebut. Karena dengan begitu, tulisanmu bisa cepat terselesaikan dan semakin maksimal. 

Menulis sebuah novel memang butuh waktu yang tidak sebentar. Banyak yang bisa memulai, namun sedikit yang bisa selesai. Paling penting adalah konsisten dan terus semangat untuk berusaha lebih baik lagi. Kalau kamu sudah mencoba cara yang mana? 

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya