Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Jika Harapanmu Tak Kunjung Tercapai

Kecewa itu pasti, namun jangan sampai putus asa

Adalah sebuah kewajaran jika kamu selalu berharap akan suatu hal, dan bahkan jika harapan tersebut tak kunjung terjadi, kamu pastinya masih terus berharap. Namun ada kalanya kamu mencapai suatu titik lelah, suatu kondisi di mana kamu sudah sangat kecewa dengan segala keinginan dan harapan kamu yang tak kunjung tercapai.

Jangan khawatir, kamu gak sendiri, kok. Di luar sana ada banyak orang yang selalu menggantungkan hidupnya pada sebuah harapan, sama seperti kamu. Dan ada saatnya mereka pun berada dalam sebuah titik lelah untuk terus berharap.

Inilah lima hal yang dapat kamu lakukan untuk menyikapi setiap harapan kamu yang tak kunjung tercapai. Disimak, ya!

1. Jika kamu lelah, berhentilah sejenak

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Jika Harapanmu Tak Kunjung TercapaiUnsplash/Fabrizio Verrecchia

Gak masalah jika kamu berhenti berharap, sejenak saja. Kamu bisa melihat ke dalam diri kamu sendiri dan memikirkan, apakah harapan-harapan yang kamu impikan itu memang sudah berjalan di jalan yang benar atau tidak.

Kamu juga bisa menilai sejauh mana upaya dan usaha kamu dalam mencapai semuanya. Bahkan kamu juga bisa menyimpulkan, apakah kamu tetap akan berusaha mencoba, ataukah kamu mundur teratur.

Dengan diam sejenak, kamu akan dapat menilai dirimu sendiri, apakah memang kamu pantas mendapatkan harapan itu, atau mungkin justru kamu belum layak untuk meraihnya. Kamulah yang paling mengetahui sejauh mana kapasitas dalam dirimu sendiri.

2. Tingkatkan upaya dan daya juang kamu

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Jika Harapanmu Tak Kunjung TercapaiUnsplash/Christopher Lemercier

Jika kamu menilai bahwa dirimu pantas untuk meraih mimpi dan harapanmu, maka perjuangkanlah terus. Harapan yang tak kunjung tercapai bisa terjadi karena kamu kurang berusaha.

Semakin tinggi harapanmu, maka semakin keras juga daya juangmu. Pencapaian dan kesuksesan tidak datang begitu saja dalam semalam, dibutuhkan perjuangan keras selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun.

Jika kamu selalu berharap akan sesuatu, namun kamu tidak pernah serius dalam memperjuangkannya, maka harapanmu akan hanya selalu menjadi harapan yang tak pernah jadi kenyataan.

Baca Juga: 5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih Mimpi

3. Teruslah berdoa dan meminta

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Jika Harapanmu Tak Kunjung TercapaiUnsplash/Ben White

Apa pun harapan dan impian kamu, selama itu baik dan tidak bertentangan, gak ada salahnya jika kamu selalu meminta dan memohon kepada Sang Pencipta. Teruslah berdoa, dan jika memang kamu pantas mendapatkannya, maka harapanmu juga akan dikabulkan.

Berdoa juga akan membawa dampak psikologis yang lebih baik untuk kamu. Kamu akan merasa kuat secara rohani, dan itu bisa kamu jadikan semangat baru dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kamu, termasuk rintangan yang menghadang di depan kamu.

4. Kamu boleh memilih untuk tak lagi berharap

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Jika Harapanmu Tak Kunjung TercapaiUnsplash/Lina Trochez

Jika kamu memang sudah terlalu lelah dan jenuh karena harapan kamu yang tak kunjung tercapai, kamu boleh memilih untuk tidak lagi berharap.

Cara ini dipandang sebagai cara yang realistis, mengingat bahwa tidak semua keinginan dan impian kamu bisa kamu raih di dunia ini.

Proses ini akan membuat kamu bertambah dewasa, dan kamu bisa untuk terus melanjutkan hidup kamu sembari bersahabat dengan keadaan dan realita.

5. Tetap semangat apa pun yang terjadi

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Jika Harapanmu Tak Kunjung TercapaiUnsplash/Natalie Grainger

Teruslah semangat dalam menjalani hidupmu, meskipun harapan dan impian yang kamu harapkan tak kunjung tercapai.

Setidaknya, kamu bisa belajar banyak dari kehidupan, bahwa hidup itu adil dan tidak selamanya keinginan kamu akan terpenuhi di dunia ini.

Dengan menerima keadaan dan realita, kamu juga akan lebih ikhlas dalam menjalani hidup kamu sendiri.

Itulah lima hal yang dapat kamu lakukan untuk menyikapi harapan-harapanmu yang tak kunjung tercapai. Teruslah berusaha dan tetap semangat, ya!

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Mimpimu Diremehkan

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya