Comscore Tracker

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang Lain

Jangan menilai dari medsosnya aja!

Dalam berinteraksi dengan orang lain, tentu kita secara langsung ataupun gak akan melakukan penilaian dari sudut pandang kita terhadap setiap orang yang kita temui. Penilaian ini kita perlukan untuk menentukan sikap seperti apa yang dirasa pantas dan gak pantas untuk ditunjukkan pada orang tersebut. Serta bagaimana kita memperlakukan orang tersebut ke depannya.

Entah melalui cara bicaranya, pilihan kata yang dia gunakan, atau apapun itu, semuanya bisa membuat kita semakin mengenal orang tersebut. Namun, saat kita belum terlalu mengenal orang tersebut, ada lima hal utama yang jangan sampai kita jadikan acuan untuk menilainya nih. Karena, bisa-bisa kamu tergiring pada pemikiran yang salah dan berujung merugikan diri sendiri. Yuk simak lima poinnya berikut.

1. Kesan saat pertama berjumpa dengannya

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang Lainpexels/Andrea Piacquadio

Pertama, jangan sampai kita menilai seseorang secara keseluruhan hanya dari kesan pertama saat berkenalan dengannya. Kita gak tau apa yang baru aja dialami orang tersebut hari itu saat berkenalan dengan kita. Bisa jadi sebelumnya dia mengalami hari yang buruk yang menyebabkan moodnya juga ikutan buruk. 

2. Penampilan fisik dan luarnya aja

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang LainPexels.com/freestock.org

Menilai seseorang tentunya juga gak boleh dari penampilan fisik dan luarnya aja. Belum tentu orang yang berpakaian compang camping adalah seorang pengemis, belum tentu pula mereka yang berpenampilan mengerikan adalah seorang preman, pun begitu pula belum tentu mereka yang terlihat rapi itu adalah orang baik. Karena, penampilan luar begitu mudah dimanipulasi sesuka hati.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Kamu Orang yang Setia atau Orang yang Suka Perubahan

3. Gosip yang beredar tentangnya

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang Lainpexels/Keira Burton

Gosip yang beredar dari mulut ke mulut bisa jadi sangat jauh berbeda dengan fakta yang ada. Menilai seseorang hanya berdasarkan apa yang kamu dengar tentangnya merupakan sebuah tindakan yang jauh dari kata bijak. Kamu sendiri juga gak mau kan kalau orang lain menilai dirimu berdasarkan hal yang satu ini?

4. Unggahan di media sosialnya

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang Lainpexels.com/Plann

Seperti juga penampilan fisik, postingan di media sosial adalah hal yang mudah untuk direkayasa. Berpura-pura kaya dengan mengunggah foto barang-barang branded atau nongkrong di tempat mahal sudah jadi kebiasaan banyak orang saat ini. Jadi, menilai hanya berdasarkan hal ini juga sama aja kayak membiarkan dirimu terlihat bodoh. 

5. Dirinya saat di depan orang banyak aja

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang Lainpexels/Matheus Bertelli

Untuk menilai seseorang, gak cukup hanya dengan melihat bagaimana dia ketika berada di depan orang banyak. Setiap orang pasti akan menunjukkan versi terbaik dirinya bahkan rela berpura-pura saat di hadapan orang banyak. Tujuannya, sudah tentu agar terlihat begitu luar biasa. Padahal, bisa jadi dalamnya berbeda 180 derajat kan?

Sebenarnya, kita gak punya hak untuk melakukan penilaian terhadap orang lain. Tapi, jika tujuannya adalah agar kita bisa lebih hati-hati dalam bersikap dan berinteraksi dengan orang tersebut maka hal ini diperbolehkan aja. Bagaimanapun juga, kenali orang tersebut lebih dalam dan seringlah berkomunikasi dengannya, maka kamu pasti akan mendapat gambaran yang tepat soal karakter orang tersebut. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Etika Wajib Ketika Kamu Didekati Orang, Ini Masalah Hati Lho!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya