Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baik

Makanya jangan berlebihan!

Memiliki rasa peduli pada seseorang yang kita sayangi atau sesuatu yang menurut kita berharga, sangatlah manusiawi. Bahkan jika kita tidak memiliki rasa peduli pada sama sekali pada siapapun atau apapun, di situlah ketulusan hati kita patut dipertanyakan. Karena, salah satu bentuk rasa cinta dan sayang adalah peduli.

Namun, tanpa disadari, kita seringkali kelewat batas dalam menaruh rasa peduli pada suatu hal. Parahnya, kepedulian yang berlebihan ini bisa merugikan orang lain dan juga diri sendiri, lo. Biar lebih jelas, coba deh kamu cek beberapa poin berikut.

1. Kamu akan mulai mengekang

5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baikdonnabarnes.com

Bentuk kepedulian yang berlebihan biasanya akan terlihat dari seberapa jauh kita berusaha memproteksi orang yang kita sayangi dari sesuatu yang menurut kita akan memberikan pengaruh buruk padanya. Misal, karena terlalu peduli pada pasangan, kita gak mau dia sampai berteman dengan orang yang salah. Akhirnya, kita sangat membatasi lingkungannya dan dia pun kehilangan teman-teman, yang mungkin saja gak seburuk yang kamu kira selama ini. 

Sifat posesif seperti ini datang dari kepedulian yang terlalu berlebihan. Dan yang pasti, gak nyaman banget sih kalau selalu diperlakukan seperti ini.

2. Membuat orang lain merasa risih

5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baikretaildietitians.com

Orang yang terlalu peduli juga akan membuat risih orang lain. Baik itu si dia yang bersangkutan, atau bahkan orang sekitar yang melihat sikap berlebihan ini. Rasa risih ini pelan-pelan akan membuat orang lain menjauh, lo. Jangan salahkan siapa-siapa jika akhirnya apa yang kamu lakukan ini gak dihargai.

3. Jadi gak fokus pada diri sendiri

5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baikunsplash/christian ferrer

Mempedulikan orang lain secara berlebihan membuat kamu gak punya waktu untuk dirimu sendiri. Padahal, kamu tetap perlu membahagiakan diri dengan meluangkan waktu untuk me-time dan memikirkan soal self-love serta hal-hal yang berkaitan tentang dirimu sendiri. Bukan egois, ini justru tanda kamu menyayangi dirimu sendiri.

Baca Juga: Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!

4. Membuang energi dan waktumu pada sesuatu yang tidak diperlukan

5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baikunsplash/Kaur Martin

Kepedulian yang berlebihan mendorong kamu untuk sibuk memperhatikan si dia, dan mengira bahwa semua itu untuk kebaikannya. Tanpa kamu sadari, apa yang kamu lakukan justru hanya membuat dia ingin menjauh darimu. Karena siapapun gak akan nyaman saat harus selalu diperhatikan dan dipedulikan dengan berlebihan.

5. Kamu akan sulit merasa bahagia karena ekspektasi yang muncul

5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baikunsplash/Fabrizio Verrecchia

Karena kepedulianmu yang begitu besar kepada seseorang, harapanmu untuk dihargai atas sikapmu tersebut tentu juga akan semakin meningkat. Inilah yang akhirnya akan membuat kamu mudah kecewa dan sulit bahagia. Karena, seperti tadi sudah dibilang, gak banyak orang yang menyukai bentuk kepedulian yang berlebihan apalagi cenderung mengekang. 

So, usahakan untuk membuat kepedulianmu berada pada kadar yang seharusnya dan sewajarnya. Gak ada yang salah kok untuk peduli. Yang penting jangan berlebihan. Setuju?

Baca Juga: 5 Fakta Unik Tikus, Perenang Andal hingga Peduli terhadap Sesama

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya