Comscore Tracker

Sering Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Dampak Ini

Jangan sering merendahkan diri sendiri jika ingin dihargai

Merendah dan merasa gak perlu terlalu berbangga diri memang ada baiknya. Tapi, sifat ini jadi gak baik jika berujung pada kebiasaan meremehkan diri sendiri. Kamu akan merasakan kerugian jika terus menerus merendah dan meremehkan kemampuan dirimu.

Parahnya lagi kalau kamu sampai mengalami 5 hal berikut nih.

1. Gak dihargai orang lain

Sering Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Dampak Iniunsplash/Warren Wong

Meremehkan kemampuan diri sendiri merupakan bentuk nyata bahwa kamu kurang menghargai diri sendiri. Ketika kamu gak bisa memberikan penghargaan kepada dirimu sendiri, bagaimana bisa orang lain menghargaimu? Cobalah untuk lebih mengapresiasi apapun yang sudah berusaha kamu lakukan sebaik mungkin.

2. Minder dan canggung melakukan apa pun

Sering Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Dampak Iniunsplash/Carolina Heza

Terlalu sering meremehkan diri sendiri akan berdampak pada mindsetmu, lho. Kamu yang merasa tidak bisa dan tidak kompeten dalam bidang apa pun, pasti kemudian akan merasa canggung dan bahkan minder saat harus berhadapan dengan suatu tugas. Dampaknya, semua yang kamu lakukan jadi setengah-setengah dan hasilnya juga jadi gak baik deh.

Baca Juga: 5 Alasan Sederhana Kenapa Kamu Sulit Untuk Mencintai Diri Sendiri

3. Merasa tidak pantas

Sering Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Dampak Iniunsplash/SHTTEFAN

Saat terbiasa meremehkan dirimu sendiri, kamu akan merasa tidak pantas jika mendapat atau meraih suatu pencapaian. Memang sih ini akan membuat kamu gak sombong dan berbangga diri. Tapi, jika diteruskan, bisa-bisa orang sekitar juga merasa kamu gak pantas mendapatkan hal itu.

4. Krisis kepercayaan diri

Sering Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Dampak Iniunsplash/Brooke Cagle

Meremehkan diri sendiri juga bisa menyebabkan krisis percaya diri. Orang yang mengalami hal ini kemungkinan akan menutul diri dari lingkungan sekitar dan lebih suka menyendiri. Alhasil, teman-teman gak bertambah, relasi gak meluas, kesuksesan pun jadi terhambat.

5. Kehilangan jati diri

Sering Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Dampak Iniunsplash/Cristina Gottardi

Efek paling parah jika kamu terus meremehkan diri sendiri adalah kamu akan kehilangan jati diri. Kamu yang sebenarnya ahli dalam suatu bidang, atau kreatif dalam menciptakan suatu ide, malah harus kehilangan itu semua karena gak bisa menunjukkan penghargaan pada dirimu sendiri. Duh, jangan sampai jadi begini ya.

Rendah diri memang perlu, tapi jangan sampai kamu terjebak dan malah jadi meremehkan dirimu sendiri. Bedakan dua sifat itu dengan saksama ya.

Baca Juga: Seperti Apapun Rupamu, Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Percaya Diri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya