Comscore Tracker

5 Tanda Kamu adalah Tempat Curhat yang Menyebalkan, Jangan Begini Ya!

#IDNTimesLife Simpan rahasia teman curhatmu!

Sering jadi tempat curhat bukan berarti kamu bisa bertindak sesuka hati, lho. Semua orang yang menceritakan kisah hidupnya padamu, berarti dia sudah mempercayakan dirimu dan menganggap kamu sebagai orang yang tepat. Sudah sepantasnya kamu menghargai mereka dan cerita yang mereka sampaikan meskipun itu terasa gak penting bagimu.

Ingat, ketika kita bisa menghargai orang lain, maka kita pun akan mendapat perlakuan serupa. Begitu pula sebaliknya. Jangan sampai, kita jadi teman curhat yang menyebalkan dan membuat siapapun enggan berbagi kisahnya kembali karena merasa kesal. Ini nih lima tanda teman curhat yang menyebalkan, kamu gak begini kan?

1. Senang menyebar curhatan teman ke orang lain

5 Tanda Kamu adalah Tempat Curhat yang Menyebalkan, Jangan Begini Ya!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/RF._.studio)

Teman curhat yang paling menyebalkan sudah jelas adalah mereka yang paling gak bisa menyimpan rahasia. Apapun yang diceritakan padanya akan sampai juga ke telinga orang lain dan bahkan bisa menyebar tanpa bisa dikendalikan. Alhasil, orang yang suka menyebarkan cerita seperti ini akan dianggap gak bisa dipercaya bak ember bocor. Siapapun jadi malas deh curhat sama dia lagi.

2. Gak mendengarkan dengan seksama

5 Tanda Kamu adalah Tempat Curhat yang Menyebalkan, Jangan Begini Ya!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Buat kamu yang lebih suka main gadget saat diajak ngobrol apalagi saat temanmu sedang curhat, hati-hati, kamu bisa dicap sebagai teman curhat yang menyebalkan, lho. Meskipun bagimu permasalahan hidupnya gak penting, paling gak hargailah dia yang sudah mempercayakan dirimu. Kalau kamu gak malah sibuk sama hal lain dan gak mendengarkan ceritanya, bisa-bisa dia kecewa lho sama kamu.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Orang Sering Curhat di Media Sosial

3. Senang memotong curhatan teman

5 Tanda Kamu adalah Tempat Curhat yang Menyebalkan, Jangan Begini Ya!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Polina Zimmerman)

Bentuk lain dari gak menghargai teman yang curhat adalah ketika kamu senang memotong pembicaraannya saat dia sedang curhat. Bayangkan deh, ketika dia sudah begitu menggebu-gebu dan bersemangat, kamu malah memotong ceritanya dan mengalihkan pembicaraan. Siapa sih yang gak sakit hati kalau diperlakukan seperti ini.

4. Senang membandingkan kisahnya dan kisahmu

5 Tanda Kamu adalah Tempat Curhat yang Menyebalkan, Jangan Begini Ya!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/August de Richelieu)

Mungkin bagimu masalah hidup yang dialami temanmu bukanlah hal yang besar, sehingga ketika dia bercerita, kamu malah menyodorkan masalah mu yang bagimu terasa begitu berat. Atau, kamu malah dengan seenaknya membandingkan setiap curhatannya dengan cerita hidupmu sendiri. Ini sih fix banget kamu adalah teman curhat yang menyebalkan. 

5. Baik di depan, tapi ngomongin di belakang

5 Tanda Kamu adalah Tempat Curhat yang Menyebalkan, Jangan Begini Ya!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Kampus Production)

Jika kamu adalah teman curhat yang baik di depan, tapi di belakang kamu malah nyinyir dan julid soal cerita hidup temanmu itu dengan orang lain, bisa dipastikan kamu memang tipe teman yang menjengkelkan. Seberapa pun kamu gak menyukai temanmu ini, kamu gak pantas lho untuk menjelek-jelekkan dia di belakangnya. Memangnya kamu mau diperlakukan begitu juga?

Ketika ada seseorang yang berbagi kisah hidupnya denganmu, maka kamu perlu bersikap sepantasnya. Jangan jadi orang yang menyebalkan karena ini bisa menyebabkan semua orang akan menarik diri darimu, lho. Memangnya kamu mau kesepian dan gak punya teman? Hargai orang lain jika kamu mau dihargai juga, ya. Setuju?

Baca Juga: 5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke Teman

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya