Comscore Tracker

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagia

Jauh dari tekanan!

Selalu mengerjakan dan menghasilkan sesuatu yang berguna atau yang biasa dikenal dengan sebutan produktif oleh sebagian orang dianggap sebagai sebuah kegiatan yang rentan banget bikin stres. Pasalnya, produktif ini sering banget disamakan dengan menghabiskan waktu yang dipunya untuk bekerja dan bekerja terus menerus. Seolah-olah menjadi produktif berarti kita gak punya waktu untuk beristirahat.

Nyatanya, produktif gak sama dengan memforsir diri untuk terus bekerja hingga kelelahan, lho. Menjadi produktif juga bisa dilakukan sambil bersenang-senang dan tetap membuat kita bahagia. Mau tahu caranya? Ini nih lima tips yang bisa kamu terapkan. 

1. Hargailah setiap proses yang kamu jalani

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagiapexels/Gustavo Fring

Agar bisa produktif dan tetap bahagia, yang pertama harus diingat adalah bahwa kita gak fokus pada hasil akhir aja. Tapi, kita akan menghargai setiap proses yang sedang dijalani. Dengan begini, kita gak tertekan dan merasa harus meraih akhir yang diinginkan aja, tapi juga menikmati proses yang sedang berlangsung. 

2. Mengapresiasi setiap pencapaian kecil

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagiapexels.com/Bruce mars

Dalam prosesnya, ketika sedang melakukan atau mengusahakan sesuatu, tentu akan ada pencapaian-pencapaian kecil yang kita raih. Nah, ini semua harus diapresiasi dengan sebaik mungkin. Karena, jika bukan kita yang melakukannya, siapa lagi? Dengan apresiasi semacam ini, kita akan tetap bersemangat menaiki satu per satu anak tangga hingga tujuan kita tercapai. 

Baca Juga: 5 Cara agar Cewekmu Nyaman & Bahagia, Tak Perlu Takut Ditinggal!

3. Jangan lupa untuk tetap bersyukur

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagiapexels/Ibadah Mimpi

Produktif dari hari ke hari memang melelahkan, namun jika diisi dengan penuh rasa syukur maka semua pasti akan dapat dijalani dengan hati bahagia. Gak akan ada kegiatan yang indah dan menyenangkan jika dilakukan tanpa perasaan bersyukur. Makanya, bersyukur menjadi satu kunci yang gak boleh ditinggalkan. 

4. Selalu berikan afirmasi positif untuk diri sendiri

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagiapexels/Thought Catalog

Setiap energi positif yang kita rasakan berasal dari dalam diri kita sendiri. Salah satunya adalah kata-kata atau afirmasi positif yang kita berikan pada diri kita. Setiap pagi ketika membuka mata, pastikan bahwa kita sudah dipenuhi dengan energi positif yang diri kita sendiri berikan. Maka, produktif gak akan menjadi beban. Coba aja kalau gak percaya, guys.

5. Tetap luangkan waktu untuk diri sendiri dan orang terdekatmu

5 Tips Rahasia agar Selalu Produktif dan Tetap Bisa Terus Bahagiapexels/Elly Fairytale

Hari yang produktif harus tetap diselingi dengan beristirahat dan meluangkan waktu untuk me-time dan juga dengan orang terdekat. Untuk apa semua kerja keras tersebut dilakukan jika kita gak bisa punya waktu untuk orang yang peduli pada kita. Jadi, meski ingin terus produktif, berilah jeda pada diri sendiri sesekali, ya. 

Produktif dan bisa tetap bahagia adalah dua hal yang gak mustahil untuk terjadi secara bersamaan. Yang penting kita bisa membagi waktu dengan baik dan gak memaksakan diri hingga berlebihan. Jangan lupa untuk menerapkan lima tips di atas ya, guys. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya