Comscore Tracker

Susah Bahagia, Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Senang Menggerutu

Daripada menggerutu, lebih baik bersyukur!

Masalah yang datang silih berganti dalam hidup ini membuat kita tanpa sadar senang mengeluhkan segalanya. Seolah-olah tidak pernah ada waktu bagi kita untuk menikmati kehidupan dan terbebas dari masalah yang ada. Padahal, sibuk menggerutu dan mengeluhkan kehidupan adalah salah satu kebiasaan buruk yang wajib dihentikan. 

Pasalnya, menggerutu secara terus menerus akan membuat kamu mengalami 5 hal tidak menyenangkan berikut ini, lho.

1. Susah melihat sisi baik dari setiap kejadian

Susah Bahagia, Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Senang Menggerutuunsplash/Jeremy Yap

Menggerutu membuat kita selalu merasa kesusahan. Apa pun yang terjadi dalam hidup kita selalu gagal kita ambil hikmahnya jika selalu menggerutu. Kebiasaan buruk satu ini juga membuat kita enggan mengakui bahwa terkadang ada hal-hal baik yang terjadi pada kita.

2. Selalu merasa sebagai orang paling rugi di dunia

Susah Bahagia, Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Senang Menggerutuunsplash/Greg Raines

Selalu merasa seperti kesusahan dan merugi setiap saat juga akan terjadi jika kita senang menggerutu. Menyesali banyak hal dan seakan selalu jauh dari keberuntungan juga akan kita rasakan. Bukan karena kita memang selalu rugi dan sial, tapi karena kita menutup mata dari segala kebaikan yang terjadi dalam hidup.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diri

3. Merasa iri terhadap kebahagiaan orang lain

Susah Bahagia, Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Senang Menggerutupexels.com/spencer selover

Sibuk menggerutu dan meratapi hidup pasti akan berujung dengan munculnya rasa iri pada orang lain. Kita selalu melihat semua orang begitu bahagia sementara kita sendiri begitu tertekan dan banyak masalah. Apalagi jika kita melihat orang lain yang seolah sangat beruntung dan memiliki segalanya, pasti deh rasa iri ini jadi susah dikendalikan.

4. Seolah-olah tidak berharga dan tidak punya alasan untuk bahagia

Susah Bahagia, Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Senang Menggerutuunsplash/Aziz Acharki

Selanjutnya, senang menggerutu juga memupuk pikiran negatif dalam diri kita. Lama-kelamaan, kita akan merasa begitu gak berharga dan gak punya alasan untuk merasa bahagia. Semua hal-hal menyenangkan yang terjadi seperti terlupakan begitu saja dan gak pernah benar-benar membuat kita bahagia.

5. Hidup dalam sangkar yang diciptakan sendiri

Susah Bahagia, Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Kamu Senang Menggerutuunsplash/Ethan Sykes

Alhasil, kebiasaan menggerutu ini akan menciptakan sangkar yang menjebak pikiran kita sendiri. Gak ada lagi yang namanya keinginan untuk berpikir dan melakukan sesuatu yang bisa mengubah hidup kita. Akibatnya, kita akan jauh dari kebahagiaan dan kurang bersyukur dalam menjalani hidup.

Meski gak selamanya mengantarkan kita pada kesusahan, faktanya, menggerutu akan membuat kita merugi. Apalagi, jika kita menggerutu saja tanpa melakukan apa-apa untuk mengubah situasi yang ada. Gimana? Masih ingin terus menggerutu?

Baca Juga: 6 Cara Tangani Emosi yang Meninggi supaya Tetap Profesional di Kantor

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya