Comscore Tracker

5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diri

Kamu dapat lebih stabil secara emosi

Setiap orang umumnya akan menunjukkan reaksi berbeda-beda terhadap sesuatu yang ia lihat dan rasakan. Setiap orang sewaktu-waktu bisa berada dalam emosi positif dan juga bisa berada di emosi negatif tergantung situasi yang sedang ia alami dan rasakan saat itu.

Emosi positif tentu membawa efek baik bagi yang bersangkutan, namun berbeda dengan emosi negatif yang bisa membawa dampak kurang baik pada diri seseorang.

Nah, kamu bisa terapkan lima hal di bawah ini bila sewaktu-waktu emosi negatif sedang menghampirimu.

1. Cobalah tenangkan diri, menarik napas dalam lalu keluarkan secara perlahan

5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diriunsplash.com/Ana Gabriel

Seketika kamu akan mulai bereaksi negatif pada sesuatu yang sedang memancing emosi kamu, cobalah untuk menahan diri dengan bersikap tenang, lalu tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.

Kamu bisa lakukan teknik pernapasan ini secara berulang selama beberapa menit, lalu rasakan perbedaan dari sebelumnya. Cara ini efektif untuk membantumu mengurangi emosi negatif yang sedang bersarang di diri kamu. 

2. Latih diri berpikiran positif agar kamu terhindar dari asumsi buruk yang kamu ciptakan sendiri

5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diriunsplash.com/Alev Chuklanov

Kadang kita juga kerap kali terjerembab dalam pikiran negatif yang kita ciptakan sendiri, sehingga kita mudah menerka-nerka sesuatu yang belum bisa kita buktikan. Alhasil hal ini bisa bikin emosi kamu jadi berkecamuk dan mudah menaruh prasangka buruk terhadap orang lain.

Maka untuk menghalaunya, cobalah latih diri kamu dengan selalu membiasakan berpikiran positif. Dengan menciptakan emosi positif kamu dapat terhindar dari pikiran-pikiran negatif. Terkadang bukan masalah yang mendorong munculnya reaksi negatif, melainkan pikiran dan asumsi buruk yang kamu ciptakan sendiri.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menghilangkan Pikiran Berlebihan Terhadap Suatu Hal Ini!

3. Belajar untuk lebih bersabar pada hal-hal yang bisa memicu emosi negatif kamu

5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam DiriUnsplash.com/Franciele Cunha

Sabar kedengarannya memang sepele, tapi siapa sangka dalam praktiknya hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Maka gak heran bila ada pepatah yang bilang bahwa sabar adalah ilmu tingkat tinggi yang gak semua orang bisa mempraktikkannya. 

Padahal dengan sabar, kamu dapat lebih bisa stabil secara emosi. Namun, bukan berarti dengan sabar kamu bisa dengan mudah diinjak-injak. Kamu hanya tahu cara bereaksi dengan benar. Kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk bertindak dan diam. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari masalah yang beruntun.

4. Cobalah belajar terima keadaan yang tidak bisa kamu kendalikan

5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diriunsplash.com/Freestocks.org

Memang hal yang sangat wajar bila sewaktu-waktu kamu bisa tersulut emosinya, terlebih ketika mendengar kabar atau omongan di luar sana yang kurang mengenakkan. 

Namun kembali lagi, sesaat setelah kamu diliputi emosi negatif, kamu harus bisa menenangkan diri dengan mengendalikan pola pikirmu agar kamu gak terus-terusan larut dalam jerembab pikiran negatif.

Bukankah kita gak bisa mengubah situasi tertentu dalam hidup ini? Terlalu memikirkannya hanya akan membuatmu jadi stres, sebab kamu pun juga gak bisa mengubah keadaan yang ada. Sebaiknya belajarlah untuk menerima keadaan yang memang tidak bisa kita ubah dan kendalikan. Dengan begitu kamu akan lebih stabil secara emosional.

5. Pikirkan dengan matang konsekuensi yang akan kamu terima dari setiap tindakanmu

5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diriunsplash.com/Allef Vinicius

Saat kamu terlalu mengikuti arus emosi negatif yang bersarang di dirimu. Kemungkinan yang terjadi bisa saja kamu jadi lepas kendali lalu melampiaskan emosi negatif itu tanpa pikir panjang. 

Tindakan ini tidak menutup kemungkinan bila masalah yang ditimbulkan nantinya bisa bertambah runyam karena reaksi yang sudah kamu tunjukkan.

Maka, penting sekali sebelum bertindak, kamu bisa menahan diri lalu pikirkan kembali konsekuensi yang bakal kamu terima setelahnya.

Dengan begini, kamu dapat lebih berhati-hati dalam bertindak agar kamu dapat terhindar dari hal-hal yang mungkin bisa kamu sesali setelahnya.

Maka dari itu, yuk, mulai latih menguasai emosi dalam diri. 

Baca Juga: 6 Perbedaan Emosi Laki-laki dan Perempuan Berdasarkan Neurosains

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya