Comscore Tracker

5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidup

#IDNTimesLife Belajar sepanjang hayat!

Pasti pernah dong mendengar sebuah kata mutiara yang berisikan pesan untuk menuntut ilmu sepanjang hayat? Bukan secara akademis aja, pesan ini tentunya juga berisi anjuran untuk terus belajar soal ilmu-ilmu pengetahuan yang sifatnya umum juga. Pembelajaran semacam ini pastinya bisa kita dapat dari mana aja dan dari siapa aja. 

Belajar sepanjang hayat gak cuma membuat kita menjadi lebih pintar, tapi juga lebih cerdas secara emosional. Bahkan, jika ditambah dengan mempelajari hal-hal keagaaman, kita pun akan lebih cerdas secara spiritual. Gak cuma itu aja, ada alasan-alasan lain kenapa kita perlu terus belajar seumur hidup kita, nih. Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Karena hidup itu adalah sebuah proses

5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidupilustrasi orang bekerja (pexels.com/Armin Rimoldi)

Belajar menjadi penting dalam kehidupan kita karena hidup itu sendiri merupakan sebuah proses. Proses inilah yang menjadikan kita berbeda dengan orang lainnya. Apakah selama proses itu kita menjadi lebih baik dari sebelumnya, atau malah sebaliknya. Semakin banyak hal-hal baik yang kita pelajari, tentunya kita pun jadi berproses untuk memiliki pikiran yang lebih positif, kepribadian yang lebih tertata, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, saat apa yang kita pelajari merupakan hal-hal negatif, maka kita pun lambat laun semakin berproses menjadi orang yang juga memiliki kepribadian negatif, cara berpikir yang negatif, dan seterusnya. Pertanyaannya, kamu mau berproses menjadi orang yang seperti apa nih?

2. Karena ilmu dan pembelajaran bisa kita dapatkan dari mana aja

5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidupilustrasi orang belajar (pexels.com/cottonbro)

Jangan pernah berhenti belajar, terutama belajar soal hal-hal baik yang bisa memperbaiki kehidupan kita. Karena, ilmu dan pembelajaran itu bisa kita dapatkan dari mana aja. Bisa dari teman-teman kita sendiri, dari orangtua, dari susahnya perjuangan kita mencapai kesuksesan, dan lain sebagainya. 

Seraplah segala hal baik yang tersedia di sekitarmu. Karena bahkan pengalaman hidup orang lain pun sebenarnya bisa jadi sumber pembelajaran bagi kita. Kita gak perlu mengalami kepahitan yang dia alami, tapi tetap bisa memetik hikmah darinya. Bukankah ini sangat menguntungkan dan murah harganya?

3. Karena terus belajar akan mengantarkan kita pada kesuksesan

5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidupilustrasi orang bekerja (pexels.com/Helena Lopes)

Percayalah, jika kita konsisten dan rutin menambah ilmu pengetahuan soal sesuatu yang menarik minat kita, kemudian kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka suatu saat kesuksesan akan menghampiri kita. Seseorang yang konsisten mempelajari ilmu bisnis, misalnya, lalu dia tekun dalam menerapkan apa yang dipelajarinya dalam proses perjalanannya berbisnis, maka suatu saat dia pasti akan jadi pebisnis hebat.

Jangan menyerah dan teruslah belajar. Segala hal di dunia ini bisa dipelajari dan sumbernya sudah tersedia dimanapun tanpa kita perlu bersusah payah. Mau belajar gak?

Baca Juga: 5 Alasan Ini Sebaiknya Jangan Dijadikan Motivasi dalam Berusaha

4. Karena akan selalu ada hal baru untuk dipelajari

5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidupilustrasi orang belajar (pexels.com/Keira Burton)

Dunia yang kita tempati ini merupakan gudangnya ilmu pengetahuan. Apa pun yang ingin kamu cari, apa saja yang mengganggu pikiranmu, ilmu yang ingin kamu kuasai, semua tersedia dan siap diserap. Akan selalu ada hal baru yang bisa didapatkan setiap harinya jika kamu mau berusaha menemukannya. 

5. Karena ketika kita berhenti belajar, itu artinya kita berhenti berusaha

5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidupilustrasi orang berpikir (Pexels.com/Min An)

Berhenti belajar sama dengan berhenti berpikir. Kamu hanya akan merasakan kehampaan jika berhenti berusaha mempelajari segala hal di sekitarmu. Belum lagi, kehidupan yang kamu jalani akan terasa tanpa makna karena memang pada hakikatnya manusia itu diberi akal pikiran untuk terus mempelajari hal-hal besar hingga kecil yang ada di sekitarnya. 

Gak perlu minder sama mereka yang status pendidikannya begitu tinggi. Gak perlu merasa lebih baik juga ketika kamu berhasil menuntut ilmu hingga jenjang yang tinggi. Pasalnya, ada pelajaran-pelajaran kehidupan yang gak bisa diukur berdasarkan nilai di kampus atau di lembar ijazahmu. 

Pelajaran semacam ini biasanya akan lebih tercermin pada kepribadian, pola pikir, sikap dan perilaku orang yang bersangkutan. Ini juga menjadi faktor penentu kesuksesan yang cukup besar. Jadi, kamu tentu masih mau terus belajar sepanjang hayat, kan? Semangat terus, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Kerap Kali Kekurangan Motivasi dalam Hidup

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya