Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Berbuat Baik pada Diri Sendiri, Bikin Bahagia!

Berbuat baik gak cuma ke orang lain, lho

Perbuatan baik ke orang lain sudah jadi hal yang biasa dan juga sudah diajarkan kepada kita sejak masih kecil. Gak cuma bikin orang lain nyaman bersama kita, perbuatan baik juga memberikan kesan pertama yang menyenangkan pada diri kita. Namun, pernahkah kita belajar berbuat baik kepada diri sendiri?

Sering banget disepelekan dan diremehkan, nyatanya perbuatan baik pada diri sendiri adalah hal yang penting. Kita jadi bisa merasakan banyak manfaat lewat perbuatan mulia satu ini. Ini, nih, lima kelebihan yang didapat jika berbuat baik pada diri sendiri. Mau mencoba, gak? 

1. Meningkatkan rasa percaya diri

5 Alasan Pentingnya Berbuat Baik pada Diri Sendiri, Bikin Bahagia!ilustrasi orang percaya diri (Pexels.com/Vanessa Garcia)

Ketika kamu sudah mampu berbuat baik pada diri sendiri, rasa percaya diri akan meningkat, lho. Ini karena kamu mengerti bahwa dirimu berharga dan pantas dihormati. Gak ada satu pun orang yang berhak menyakitimu karena kamu pantas untuk dicintai.

Perasaan semacam ini hanya dimiliki oleh mereka yang sudah berbuat baik pada diri sendiri dan mengerti bahwa perbuatan baik semacam itu sangat langka dia dapatkan dari orang lain. Hanya orang-orang spesial sajalah yang bisa berbuat baik pada dirinya sendiri. 

2. Membantu menguatkan dirimu

5 Alasan Pentingnya Berbuat Baik pada Diri Sendiri, Bikin Bahagia!ilustrasi orang merenung (Pexels.com/Kha Ruxury)

Semua orang tentu pernah berada pada titik terendah dalam hidupnya. Berbagai cobaan dan masalah juga datang silih berganti dan membuat kita susah untuk kembali bangkit. Namun, sering berbuat baik pada diri sendiri akan memberi kekuatan tersendiri yang gak bisa ditemui di mana pun, lho.

Ketika kesulitan datang, kita tau bahwa semua itu akan berlalu selama kita mau berusaha melewatinya. Bagaimanapun juga, masih ada diri kita yang gak akan pernah pergi meninggalkan kita. 

Baca Juga: 5 Tips Self Love untuk Anak Muda, Tetap Ceria walau Sibuk

3. Membuat kamu lebih bisa mengandalkan diri sendiri

5 Alasan Pentingnya Berbuat Baik pada Diri Sendiri, Bikin Bahagia!ilustrasi orang belanja (Pexels.com/Liza Summer)

Perbuatan baik pada diri sendiri juga menjadikan kita tangguh dan tegar. Kita jadi lebih bisa mengandalkan diri sendiri dalam berbagai situasi. Bahkan ketika gak ada satu pun orang yang mau membantu, kita jadi lebih tau bahwa diri ini adalah satu-satunya tempat bersandar yang paling tepat.

Sering berbuat baik pada diri sendiri juga menjadikan kita sosok yang mandiri. Berbagai pengkhianatan atau perbuatan gak menyenangkan yang kita terima dari orang lain gak akan membuat kita terpuruk dengan mudah. 

4. Bisa mengenal diri sendiri dengan lebih baik lagi

5 Alasan Pentingnya Berbuat Baik pada Diri Sendiri, Bikin Bahagia!ilustrasi orang minum (Pexels.com/destiawan nur agustra)

Sering berbuat baik pada diri sendiri juga membuat kita lebih mengenal diri sendiri dengan baik. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri secara intens, menghadiahi dan mengapresiasi diri atas usaha yang dilakukan selama ini, serta sering bertanya soal apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup adalah bentuk kebaikan pada diri sendiri, lho. 

Jika sering melakukan hal-hal tersebut, kita pun jadi bisa mengenal diri dengan lebih baik. Sesuatu yang selama ini mungkin masih kita pertanyakan soal diri ini jadi bisa terjawab dengan mudah. 

5. Gampang meraih kebahagiaan

5 Alasan Pentingnya Berbuat Baik pada Diri Sendiri, Bikin Bahagia!ilustrasi menghadiahi diri (Pexels.com/Victoria Emerson)

Karena sudah tau betul cara berbuat baik pada diri sendiri, kita pun jadi semakin mudah meraih kebahagiaan. Bahagia itu bukan lagi sesuatu yang diraih dengan menggantungkannya pada orang lain. Pun, bahagia juga bukan hal abstrak yang hanya hadir dari faktor luar.

Justru, kebahagiaan adalah sesuatu yang mudah kita dapatkan lewat perbuatan baik pada diri sendiri. Hal-hal di luar diri kita yang mampu membuat bahagia hanyalah bonus yang kita anggap sebagai hadiah dari Tuhan.

Jika selama ini kita sudah sering berbuat baik pada orang lain, cobalah untuk belajar berbuat baik juga pada diri sendiri. Utamakan dirimu dalam berbagai situasi serta berhentilah terlalu bergantung pada orang lain. Setuju? 

Baca Juga: 5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Ekspektasi Lebih pada Orang Lain

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya