Comscore Tracker

5 Bentuk Berhenti Berusaha yang Boleh Dilakukan, Gak Semua Diteruskan!

Jangan ragu untuk berhenti jika itu pilihan yang terbaik 

Semangat terus dan teruslah berjuang merupakan dua kalimat penyemangat yang sering kali kita dengar. Dirasa tepat, nyatanya kalimat tersebut bisa bikin seseorang berada dalam kegalauan, lho. Pasalnya, memang gak semua hal harus terus kita lakukan dan perjuangkan.

Pada beberapa titik kehidupan, ada saatnya kita harus menentukan. Apakah yang terbaik adalah meneruskan semua usaha kita atau untuk berhenti dan berbalik arah. Ini, nih, lima bentuk berhenti berusaha yang gak terlarang untuk dilakukan. 

1. Berhenti sejenak untuk menjernihkan pikiran

5 Bentuk Berhenti Berusaha yang Boleh Dilakukan, Gak Semua Diteruskan!ilustrasi workaholic (Pexels.com/cottonbro)

Berhenti sejenak untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran adalah bentuk berhenti yang paling disarankan. Terus menerus berusaha, bekerja, dan mengejar impian akan membuat siapa pun pasti kelelahan. Yang jelas, lelah bisa bikin kita melakukan sesuatu dengan asal-asalan.

Usaha yang ingin dilakukan dengan maksimal pun jadi gak bisa terwujud karena kita terlalu memforsir diri. Ingatlah, berhenti untuk beristirahat itu perlu dan bahkan wajib hukumnya agar kita bisa kembali fokus dan bersemangat. 

2. Berhenti karena tahu berada di jalan yang salah

5 Bentuk Berhenti Berusaha yang Boleh Dilakukan, Gak Semua Diteruskan!ilustrasi orang menyendiri (Pexels.com/Duong Nhan)

Susah payah dalam suatu bidang yang ternyata bukan passion kita atau bukan keahlian kita, pasti sangat melelahkan. Belum lagi, kesuksesan gak kunjung nampak dan yang ada kita semakin hari justru semakin tertekan. Ditambah lagi jika ternyata kita berada di jalan yang salah dan sudah menempuhnya sekian lama.

Berhenti aja jika memang kita sadar itu semua adalah sebuah kesalahan. Gak ada yang melarang kita untuk berhenti, kok. Bukankah yang menjalaninya adalah diri kita sendiri? 

Baca Juga: 5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiri

3. Berhenti untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang keliru

5 Bentuk Berhenti Berusaha yang Boleh Dilakukan, Gak Semua Diteruskan!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Setelah sekian lama menghabiskan waktu dengan orang yang sama, tapi ternyata dia berubah, dia memilih jalan yang salah, atau seiring berjalannya waktu dia gak lagi sevisi misi denganmu, maka berhentilah. Jangan teruskan hubungan yang hanya akan menghancurkanmu secara perlahan. Kamu juga sebaiknya berhenti berusaha mempertahankan seseorang yang gak memperjuangkanmu.

Hubungan adalah sesuatu yang dijalin oleh dua orang, bukan cuma sepihak aja. Jika yang kamu rasakan hanyalah sakit hati dan penderitaan, kenapa masih terus bertahan? 

4. Berhenti menjadikan sesuatu yang salah sebagai motivasi

5 Bentuk Berhenti Berusaha yang Boleh Dilakukan, Gak Semua Diteruskan!ilustrasi orang melamun (Pexels.com/Thiago)

Dalam berjuang, kita memang sering kali membutuhkan motivasi. Tujuannya, ke depannya kita terus bisa bersemangat dan berusaha lebih keras lagi. Namun jika apa yang kita jadikan motivasi itu adalah sesuatu yang keliru. Misalnya ingin dipandang terhormat oleh orang lain, ingin membalas dendam dan lain sebagainya, maka berhentilah.

Temukan motivasi lain yang lebih bisa bertahan lama dan bertujuan mulia. Sebab sesuatu yang dimulai dengan niatan buruk, sering kali gak akan berujung baik. Gak mau, kan? 

5. Berhenti demi mencoba hal lain yang dirasa lebih benar

5 Bentuk Berhenti Berusaha yang Boleh Dilakukan, Gak Semua Diteruskan!ilustrasi orang marah (Pexels.com/Yan Krukov)

Apa pun yang sedang kamu perjuangan saat ini, jika kamu tau itu salah, maka berhentilah. Berhentilah membohongi diri sendiri dengan menyangkal dan berkilah. Jujurlah pada dirimu dan lihatlah dengan kaca mata yang lebih baik.

Jadikan dirimu pribadi yang lebih baik dengan melakukan hal-hal baik dalam hidup ini. Jangan sia-siakan waktu kita yang sebentar di dunia ini untuk terjun dalam sesuatu yang hanya menghancurkan diri sendiri dan orang lain.

Selama apa pun kamu sudah melakukan dan mengusahakan sesuatu, gak ada salahnya untuk berhenti. Terlebih dalam lima poin di atas. Sebab meneruskannya hanya akan membuat kamu semakin menderita. Betul, gak? 

Baca Juga: 10 Tantangan yang Dialami saat Berusaha Mengubah Kebiasaan Buruk

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya