Comscore Tracker

5 Bentuk Perjuangan yang Harus Dilalui demi Bisa Menjadi Sukses

Kurang waktu istirahat

Menjadi sukses adalah impian semua orang. Namun gak semua orang mau berjuang dan berusaha lebih dibanding yang lainnya. Gak heran jika kemudian kesuksesan hanya bisa diraih oleh orang-orang tertentu aja. Apakah kamu menjadi salah satunya?

Gak ada yang instan di dunia ini termasuk juga dalam hal meraih keberhasilan. Ada pengorbanan yang harus rela kita jalani. Berikut ini bentuk perjuangan demi bisa sukses. Kamu pasti sanggup, kan?

1. Teman yang sedikit

5 Bentuk Perjuangan yang Harus Dilalui demi Bisa Menjadi Suksesilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Alena Darmel)

Pengorbanan pertama adalah dalam hal pertemanan. Kelak ketika sukses, mungkin orang yang mau dan mengaku jadi temanmu akan banyak. Tapi, selama proses perjuanganmu menuju kesuksesan, kamu akan kehilangan banyak teman. Hingga yang tersisa adalah mereka yang benar-benar teman dan sahabat sejati aja.

Kamu gak punya banyak waktu untuk bermain bersama mereka, itulah kenapa hanya yang tulus lah yang bertahan. Ditambah lagi, beberapa perjuangan orang menuju keberhasilan akan dianggap gak masuk akal hingga gak ada yang mau berteman dengan orang yang dianggap suka berkhayal sepertimu. 

2. Waktu untuk bersenang-senang yang sangat minim

5 Bentuk Perjuangan yang Harus Dilalui demi Bisa Menjadi Suksesilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk meraih kesuksesan, pengorbanan lain yang harus rela kita lakukan adalah hilangnya atau kurangnya waktu untuk bersenang-senang. Saat teman-temanmu yang lain sibuk liburan atau sekedar nongkrong-nongkrong santai di kafe, kamu sibuk bekerja atau mengusahakan apa yang menjadi cita-citamu.

Jangan pernah menaruh rasa iri pada orang lain jika saat ini kamu sedang di posisi ini, ya. Percayalah bahwa perjuanganmu saat ini akan menghasilkan sesuatu yang manis nantinya. 

Baca Juga: 7 Bentuk Pertemanan yang akan Mewarnai Kehidupanmu

3. Dianggap remeh dan dipandang sebelah mata

5 Bentuk Perjuangan yang Harus Dilalui demi Bisa Menjadi Suksesilustrasi persahabatan toksik (Pexels.com/@137666)

Apapun impian dan cita-cita kita, terlebih jika itu adalah hal yang terdengar mustahil bagi orang lain, bersiaplah untuk diremehkan dan dipandang sebelah mata. Akan ada banyak orang yang gak percaya dan menganggap kamu sebagai orang yang suka berimajinasi. Belum lagi jika saat ini kamu masih belajar, misal dalam menghasilkan suatu karya.

Sangat besar kemungkinan karyamu itu akan dihujat, dicibir, dan direndahkan. Mereka yang memberi dukungan hanyalah orang-orang tertentu yang memang menyayangimu. Tapi kamu harus terus berjuang dan berusaha. Kelak kesuksesan pasti akan datang. 

4. Siap menghadapi berbagai resiko

5 Bentuk Perjuangan yang Harus Dilalui demi Bisa Menjadi Suksesilustrasi orang bersalaman (Pexels.com/fauxels)

Perjuangan lainnya adalah terkait soal resiko. Usaha apapun yang tengah kamu tekuni, akan selalu ada resiko yang harus dihadapi. Besar ataupun kecil, semuanya tetap merupakan sesuatu yang menjadi momok jika kita gak siap menghadapinya.

Itulah kenapa kita harus melakukan pengorbanan lebih demi menghadapi resiko yang nantinya akan dihadapi. Namanya juga sedang berjuang, kan? Beda ceritanya jika kita gak sedang mengusahakan apapun dalam hidup. 

5. Jatuh bangun sendirian

5 Bentuk Perjuangan yang Harus Dilalui demi Bisa Menjadi Suksesilustrasi orang sedih (Pexels.com/Engin Akyurt)

Sebelum benar-benar berhasil dalam suatu hal, ada masa dimana kita harus berhadapan dengan kegagalan. Jatuh lalu harus kembali bangkit, dan semuanya dilakukan sendirian, memang jelas akan terasa berat. Sedih dan kesepian mungkin akan menjadi bagian dari perjuangan kita menuju kesuksesan ini.

Namun, itu semua bukan alasan untuk menyerah. Akan ada banyak hal indah yang siap menyambut kita di ujung perjuanga ini. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk mundur dan teruslah bersemangat.

Sukses itu butuh banyak pengorbanan. Lima hal diatas hanyalah sebagian kecil yang menjadi penghalang. Tapi yakinlah bahwa semakin banyak dan semakin berat perjuanganmu, semakin indah dan manis pula kesuksesan itu nantinya. Setuju? 

Baca Juga: 5 Sikap Bentuk Melindungi Diri Ini Harus Dimiliki, Bukan Egois!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya