Comscore Tracker

Berbagi Kebahagiaan Juga Harus Lihat Situasi, Ini 5 Penjelasannya

Jangan jadi orang yang gak peka!

Saat sedang mendapat sebuah kebahagiaan, manusiawi banget kalau kita ingin berbagi dan ingin semua orang merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Namun, terkadang kita gak menyadari bahwa tindakan itu gak sepenuhnya bisa dibenarkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Ada lho guys, saat dimana kita harus memendam dan menyimpan dulu kebahagiaan yang dirasakan.

Alasannya tentu ada berbagai macam dan semuanya memang masuk akal. Seperti 5 penjelasan berikut ini nih. Kamu pasti gak bakal sembarangan lagi berbagi kebahagiaan setelah membaca poin berikut. Yuk simak!

1. Gak semua orang bisa memahami kebahagiaanmu

Berbagi Kebahagiaan Juga Harus Lihat Situasi, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/Priscilla Du Preez

Ketika kamu bahagia karena suatu hal, bisa jadi ada banyak orang di luar sana yang bersedih karena hal tersebut. Misal, saat kamu akhirnya menikah dan punya pasangan yang seorang pekerja keras. Ada lho, orang-orang yang tengah berjuang dengan pernikahannya karena sering ditinggal pergi akibat pasangannya ini begitu pekerja keras.

Jadi, memang gak semua orang bisa memahami kebahagiaan kita dan melihat hal tersebut dari sudut pandang yang sama.

2. Ini bisa aja membuat orang lain merasa iri sama kamu

Berbagi Kebahagiaan Juga Harus Lihat Situasi, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/Yanapi Senaud

Iri pada orang lain adalah tindakan yang keliru, dan membuat orang lain menaruh rasa iri pada kita juga bukan sesuatu yang bisa dibenarkan. Buat apa kamu menggembar gemborkan sesuatu yang gak ada manfaatnya bagi orang lain dan cuma sekedar ingin pamer kebahagiaan. Kenapa gak kamu bagikan pada orang yang bersangkutan dan terdekat aja? Pasti akan lebih berkualitas kan?

3. Jangan berlebihan, nanti kamu dianggap akan lebay lho!

Berbagi Kebahagiaan Juga Harus Lihat Situasi, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/Omar Lopez

Terkadang, kita menutup mata dari batasan yang sebenarnya sudah kita sadari. Sehingga, ujung-ujungnya kita jadi orang yang berlebihan bahkan dalam hal sesepele berbagi kebahagiaan ini. Ingat, kamu bisa aja dicap lebay jika terlalu berlebihan dalam menyikapi rasa bahagia yang sedang kamu rasakan.

Baca Juga: 5 Zodiak Cerdas Ini Berwawasan Luas dan Suka Berbagi Ilmu Tanpa Pamrih

4. Gak semua orang peduli dengan hal itu

Berbagi Kebahagiaan Juga Harus Lihat Situasi, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/Semen Borisov

Saat sedang mendapat sebuah berita baik atau kabar yang menggembirakan, kamu mungkin gak sabar untuk menceritakannya pada siapa pun. Tapi, bagaimana jika respon mereka ternyata gak seperti yang kamu bayangkan? Waduh, pasti kamu bakal kecewa dan gak jadi bahagia ya. Makanya, harus baca situasi juga kalau mau berbagi kebahagiaan, ya!

5. Dalam beberapa momen, sebaiknya simpan kebahagiaanmu untuk diri sendiri dan orang terdekat aja

Berbagi Kebahagiaan Juga Harus Lihat Situasi, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/Dimitri Houtteman

Mudahnya akses bagi kita untuk berbagi dengan banyak orang, salah satunya melalui media sosial, membuat kita seringkali keliru dalam bertindak. Kita jadi gak pandai membaca situasi dan berubah menjadi orang yang gak peka. Apa yang membahagiakan bagi kita bisa jadi merupakan sebuah bencana atau kesedihan bagi orang lain, lho.

Itulah kenapa dalam beberapa momen, ada baiknya kalau kita menyimpan kebahagiaan itu dan atau membagikannya dengan orang terdekat aja. Lagipula, dengan cara ini kamu juga akan bisa lebih merasakan kebahagiaan itu sebagai sesuatu yang patut disyukuri. Setuju?

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Tanda Bahwa Seseorang Haus Eksistensi di Media Sosial 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya